8/25/2017

Cara Mudah Membuat Multimedia Kuis dalam Kelas Anda

Bila disuruh memilih, metode pembelajaran dengan melibatkan kuis di dalamnya tentu lebih menarik untuk diterapkan. Selain menyenangkan, kuis akan membuat siswa lebih tertarik dalam pembelajaran. Nah, masih berhubungan dengan kuis seperti pada posting sebelumnya, pada tulisan kali ini saya akan mengulas mengenai cara mudah membuat permainan kuis multimedia untuk diterapkan di kelas anda dengan bantuan webtool Factile.

Factile merupakan webtool yang sangat baik yang memungkinkan para guru membuat permainan kuis multimedia di dalam kelas. Dalam hal ini, para guru akan menciptakan permainan kuis yang menarik tanpa memerlukan keterampilan pengkodean apapun hanya dengan menggunakan gameboard sederhana dan intuitif. 

Adapun kuis yang bisa dibuat adalah kuis Jeopardy. Untuk diketahui, Jeopardy adalah sebuah acara permainan yang memiliki jawaban yang unik dan format pertanyaan yang kontestan disajikan dengan petunjuk dalam bentuk jawaban, dan peserta harus menjawab dalam bentuk pertanyaan.

Kuis jeopardy sangat cocok untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Guru berfungsi sebagai pembawa acara atau yang mengatur jalannya kuis, disaat tertentu guru bisa memberikan penjelasan tentang pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan ke siswa dengan tujuan supaya siswa menjadi lebih faham.

Proses pembuatan kuis tersebut melalui Factile pun sangat mudah yaitu
  1. Buka akun dengan Factile, klik 'build now' di homepage 
  2. Ketik judul dan kategori anda. 
  3. Klik pada kotak untuk membuka editor untuk sebuah pertanyaan dan isi dengan konten Anda.


Factile akan melibatkan siswa anda dalam kerja sama tim kolaboratif dan membuat pembelajaran yang menyenangkan. 

Ada berbagai kegunaan Factile dalam pembelajaran anda. Misalnya, anda dapat menggunakannya untuk tujuan penilaian formatif untuk memeriksa pemahaman siswa tentang pelajaran yang baru diajarkan. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengenalkan konsep baru atau mengulas yang terbaru. 

Namun sayangnya, anda bisa menggunakan Factile secara free (gratis) hanya  untuk 3 game pertama saja. Selebihnya, anda harus mengupgrade ke versi PRO untuk pembuatan game- game selanjutnya. Pada versi PRO Anda juga mendapatkan fitur tambahan seperti upload foto, video dan persamaan, serta kemampuan untuk mencetak.

Selamat Mencoba

No comments:

Post a Comment