Wednesday, October 25, 2017

Memprediksi Materi Ujian Nasional Bahasa Inggris SMK Tahun 2018

Ada banyak jalan untuk sukses dalam UN (Ujian Nasional), salah satunya dengan memperhatikan gambaran materi yang dikeluarkan dalam ujian nasional melalui kisi- kisi. Tidak seperti tahun sebelumnya, kisi- kisi tahun pelajaran ini dirilis lebih awal yaitu sekitar bulan Agustus lalu. Perilisan lebih awal tentu memberikan angin segar baik bagi guru maupun siswa dalam mempersiapkan materi- materi yang akan keluar dalam UN.

sukses UN

Kisi- kisi yang dikeluarkan oleh BSNP pada tahun ini khususnya dalam mapel bahasa Inggris SMK memang tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya, bahkan bisa dibilang sama. Tiga tingkatan level kognitif dalam kisi- kisi yaitu pengetahuan dan pemahaman,  aplikasi dan penalaran yang akan memacu siswa menyelesaikan soal- soal sesuai dengan tingkatan tersebut. 

Format soal Ujian Nasional bahasa Inggris dari tahun ke tahun relatif sama, dengan pemetaan jumlah soal ujian nasional bahasa Inggris biasanya sejumlah lima puluh soal terdiri dari dua bagian utama yaitu listening section dan reading section. Untuk listening section, kita mengenal soal pictures sejumlah tiga soal, questions and answers berjumlah empat soal, short conversations empat soal, dan short talks dengan empat soal. Sedangkan pada bagian reading section terdiri dari tiga puluh lima soal yang terbagi menjadi bagian incomplete dialogues, sebelas soal, reading text, dua belas soal dan incomplete text, dua belas soal. 

Merunut pada kisi- kisi yang telah dikeluarkan oleh BSNP, kita disodori materi yang mencakup jenis- jenis teks lisan untuk materi  fungsi sosial dan struktur teks yaitu 
  • Interaksi transaksional/ interpersonal tertulis antara lain memuji, menawarkan, menyarankan, dsb. Biasanya interaksi transaksional/ interpersonal berupa soal dengan tipe dialog.
  • Teks fungsional pendek seperti announcement, notice, label.
  • Teks descriptive, recount, procedure, report
Untuk soal interaksi transaksional/ interpersonal tertulis antara lain memuji, menawarkan, menyarankan, dsb. biasanya berupa soal dengan tipe dialog. Sedangkan untuk teks fungsional pendek dan teks seperti descriptive, recount, procedure, dan report berupa teks reading.

Namun tidak menutup kemungkinan, materi- materi yang akan keluar di soal Ujian Nasional akan berkembang, artinya tidak hanya sebatas materi tersebut diatas, sehingga anda juga harus mempelajari materi- materi yang lain misalnya dalam teks fungsional pendek, atau dalam interaksi transaksional/ interpersonal. Berdasarkan fungsi sosial, pertanyaan seputar teks- teks tersebut diatas, dapat mencakup: 
  • topik/isu/masalah
  • tujuan/fungsi/pesan
  • latar belakang/alasan
  • akibat/dampak/manfaat
  • sikap/nilai yang diusung
  • peran dan fungsi pembicara/penulis
  • peran dan fungsi pendengar/pembaca
  • konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Oleh karena itu, anda mesti mengenal dan menguasai  jenis- jenis soal reading teks ( baca juga : Mengenal sembilan jenis soal reading text dan cara menjawabnya dalam soal UN) untuk menyelesaikan soal- soal bertipe reading teks. 

Dalam unsur kebahasaan, kita bisa memilah materi berdasarkan cakupan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan isi teks lisan dan tertulis. Sangat sulit memang untuk langsung memetakannya dari kisi- kisi soal yang ada, tetapi untuk lebih mempermudah dalam pembagian materinya, baik secara unsur kebahasan maupun yang lain, anda bisa memperhatikan pada tabel berikut ini.





Semoga di lain kesempatan kita bisa membahas tentang tipe soal incomplete dialogs, reading dan incomplete text. Nah, Demikian sekilas tulisan mengenai prediksi materi yang akan dimunculkan dalam soal Ujian Nasional bahasa Inggris SMK, mohon maaf bila ada salah dan kekurangan dalam tulisan ini, karena setiap orang memiliki pandangan dan prediksi yang berbeda mengenai sesuatu hal. Mohon kiranya bisa menuliskannya melalui kolom komentar.
Semoga bermanfaat.