Wednesday, March 21, 2018

Perbedaan American English dan British English

Salah satu pertanyaan yang sering terlontar ketika kita mempelajari bahasa Inggris adalah tentang perbedaan jenis bahasa Inggris yang kita gunakan, apakah American English atau British English. Kita tahu bahwa keduanya merupakan jenis bahasa Inggris yang paling populer digunakan diseluruh dunia. Bisa disimpulkan secara sederhana bahwa American English merupakan jenis bahasa Inggris yang digunakan di negara Amerika Serikat demikian juga British English banyak digunakan di Inggris Raya. 

Bagi kaum awam seperti saya, keduanya baik American English maupun British English pada prinsipnya dianggap sama. Namun terdapat perbedaan yang mencolok diantara keduanya terutama dalam hal pronounciation meski ada perbedaan dalam hal vocabulary dan grammar. Dua hal yang terakhir itu mungkin masih dibilang dapat dimaklumi perbedaannya karena baik orang Amerika atau Inggris sama- sama memahami konteks penggunaannya.

Dalam kamus, kita menemukan kata dengan pelafalan American English dengan keterangan AmE, Am, atau US. Sedangkan untuk kata dengan pelafalan British English dengan BrE, Br, GB, atau UK.
Nah, Untuk lebih memperjelas perbedaan keduanya, berikut ini saya rangkum perbedaan keduanya baik American English dan British English dalam segi grammar, vocabulary, spelling, maupun ungkapan sehari- hari.

Grammar
Dalam segi grammar, sebenarnya banyak hal yang berbeda dalam penggunaan American English dan British English. 

Verb
Kita bisa menemukan perbedaan bentuk kata kerja khususnya kata kerja tidak beraturan (irregular verbs) dalam American English dan British English. Dalam AmE, bentuk past dan past participle biasanya dengan berakhiran "-ed", sedangkan kita banyak menemukan kata kerja dalam BrE dengan menambahkan "t" diakhir kata kerja tersebut. Sebagai contoh pada kata kerja dalam AmE yaitu "learned", "spelled", dan "burned" ternyata memiliki bentuk yang berbeda dengan penambahan "t" dalam BrE yaitu "learnt", "spelt" dan "burnt".

Shall dan Will
Dalam British English, "will" digunakan untuk subject  "you", "he", "she", "it",dan "they". Sedangkan "shall" digunakan dengan subject "I" dan "we".

Have got dan have
"Have got" dan "have" memiliki arti yang sama yaitu memiliki . Dalam ungkapan atau kalimat, orang Inggris akan mengatakan, "Have you got a book?," sementara orang amerika akan mengatakan, "Do you have a book?"

Vocabulary
Baik AmE maupun BrE, ternyata ada banyak kosakata yang berbeda,  berikut ini contoh kosakata yang berbeda diantara keduanya, 

Spelling
Dalam ungkapan keseharian bahasa Inggris, kita sering menemukan beberapa penggunaan kata yang membingungkan kita, misalnya saja kata "colour" atau "color", kata "flavour" atau "flavor", kata "center" atau "centre"? Sebenarnya kita tidak perlu bingung karena kata- kata tersebut diterapkansesuai dengan jenis bahasa Inggris yang digunakan apakah AmE atau BrE. Berikut ini kosakata yang berbeda berdasarkan spelling baik AmE maupun BrE.
Date Setting
Ada perbedaan dalam penyingkatan penulisan tanggal dalam format AmE atau BrE. Misalnya, March 21 2018 dalam American English disingkat, 3/21/2018 sedangkan dalam British English disingkat 21/3/2018.

Telling of Time
Orang Amerika dengan American English-nya lebih sering menggunakan kata "after" daripada kata "past" dalam menyatakan waktu misalnya, pukul 2:20, maka dibaca "two twenty" atau "twenty after two".

Itulah beberapa perbedaan American English dan British English yang bisa saya rangkum pada tulisan ini. Tentu masih banyak lagi perbedaan diantara keduanya. Hal yang utama dalam memahami perbedaan tersebut adalah ketika kita ingin menghadapi tes atau ujian bahasa Inggris internasional seperrti TOEFL, TOEIC, IELTS, GMAT, dll. Setiap tes dirancang sedemikian rupa berdasarkan jenis bahasa Inggris masing- masing baik American English atau British English.

Semoga bermanfaat.


Sumber referensi :
  • https://learningenglish.voanews.com/a/six-difference-between-britsh-and-american-english/3063743.html
  • https://owlcation.com/humanities/Differences-Between-British-and-American-English
  • http://www.antimoon.com/terms/american_english.htm
  • http://www.antimoon.com/terms/british_english.htm
  • https://www.easypacelearning.com/all-lessons/learning-english-level-1/1411-telling-the-time-basics-tell-the-time-in-british-and-american-english
Sumber gambar :
https://pixabay.com