Saturday, September 22, 2018

Menimbang Lima Manfaat Blogging Bagi Guru Abad 21

Perkembangan internet dewasa ini begitu sangat pesat seiring dengan arus informasi yang berkembang. Internet menjadi salah satu sumber dan penyedia informasi yang mencakup semua aspek kebutuhan. Salah satu bagian yang tidak dapat terpisahkan dari internet adalah blog. Blog pada awalnya hanyalah sebuah sarana untuk menuangkan tulisan, curhatan, perjalanan hidup seorang penulis akan tetapi lambat laun blog berkembang sebagai sebuah media informasi yang efektif dalam segala hal. Perkembangan blog pun menjadi lebih profesional bila dibandingkan saat awal berdirinya. 
Sumber gambar : https://classteaching.files.wordpress.com

Blog dalam Dunia Pendidikan
Dalam dunia pendidikan blog menjadi sarana yang penting bagi seorang guru dalam menciptakan hubungan dengan sesama pendidik dan merangkul siswa secara akademik. Seorang guru dapat menuangkan ide dan  berbagi segala hal berhubungan dengan pembelajaran misalnya tentang pendekatan baru dalam pendidikan, update informasi, dan inovasi pembelajaran. Plus tidak kalah pentingnya blog juga akan mengasah kemampuan guru dalam menulis.

Blog memberikan akses yang luas dalam komunikasi antara guru dan siswanya dalam terapan teknologi dan informasi, dengan kata lain akan terjalin interaksi yang positif diantara keduanya. Sebagai contoh  Peserta didik dapat saling berbagi informasi, pendapat, maupun permasalahan menyangkut berbagai hal yang berhubungan dengan pelajaran ataupun kebutuhan pengembangan diri peserta didik. Guru juga dapat menempatkan bahan-bahan belajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik di dalam blog untuk diakses oleh para peserta didik.

Blogging- Mengapa penting bagi Guru
Blog pada dasarnya adalah "penyalur" informasi dari seorang blogger kepada pembacanya. menulis di blog bagi seorang guru bisa meningkatkan kemampuan guru dalam ke-profesionalitas kerja mereka. Inilah beberapa alasan mengapa blogging itu perlu bagi guru.

Pertama, blogging dapat mengorganisir pikiran guru untuk menulis dan memposting pendapat mereka, melakukan pengamatan  dan menemukan hal- hal yang baru dalam dunia pendidikan. Dengan demikian pemikiran guru akan lebih efektif dalam mengemukakan pendapat mereka dalam dunianya. Seorang guru yang nge-blog secara teratur dan menyediakan berbagai informasi tentang materi atau pelajaran dapat membantu siswa menjadi lebih efektif dalam mengerjakan tugas- tugas mereka. 

Kedua, Seiring tantangan pendidikan dan pembelajaran abad ke-21, blog menjadi sarana yang sangat penting. Seperti kita ketahui guru akan menghadapi tantangan yang luar biasa dahsyat dalam pembelajaran abad ke -21. Teknologi menjadi hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan siswa, oleh karena itu, guru pun harus mengimbangi keadaan tersebut. Keadaan saat ini adalah siswa merasa lebih rileks, santai, dan  percaya diri ketika duduk sambil menatap laptop, smartphone maupun tablet. Oleh karena itu, melibatkan siswa dalam blogging tidak hanya mendorong mereka untuk membuka dan menanggapi posting, namun juga memberi mereka lebih banyak tentang wawasan dan  metode yang efektif sesuai perkembangan jaman.

Ketiga, adanya blog yang dikelola oleh guru akan membuat siswa lebih terbuka dalam mengembangkan pemikiran mereka sehingga siswa akan mempunyai sikap yang matang dan memiliki motivasi yang tinggi dalam pendidikan. Melalui blog, guru akan mengajak siswa melihat perspektif yang berbeda dan membantu mereka memahami pentingnya pendidikan dalam mengembangkan keterampilan bagi kehidupan mereka di masa akan datang. Selain itu kan terjadi perubahan paradigma baru bagi siswa bahwa sebenarnya guru adalah seorang pembimbing, penasehat, pengayom dari siswa- siswanya. 

Keempat, blog menjadi sarana untuk menghubungkan dan mendorong inovasi seorang guru dalam mentransfer segala ilmu dan pengetahuan yang dimiliki kepada para siswanya. Seorang guru profesional yang modern pastinya akan memandang bahwa mengajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja, namun juga bisa dilakukan diluar kelas termasuk melalui blog di internet. Hal ini tentunya akan memperkuat gagasan bahwa pendidikan adalah perjalanan panjang seumur hidup, bukanlah fase tertentu dalam kehidupan seseorang.

Kelima, blog bisa menjadi sebuah lahan rejeki tambahan bagi guru. Banyak  blogger guru yang mendulang uang dari blog yang dia miliki dengan sistem periklanan atau komisi menulis web konten ulasan produk tertentu.  Dengan tulisan yang original dan relevan, konten yang menarik, serta pengunjung yang lumayan maka peluang pun akan bisa di dapatkan.

Kesimpulan
Pada intinya, Blog memberikan peluang bagi guru untuk berinovasi secara nyata dalam dunia pendidikan, menerapkan ilmunya dan mengasah skill komunikasinya khususnya dalam hal menulis. Sedangkan rejeki tambahan dari tulisan di blog merupakan bonus akan kerja keras yang telah dilakukan.

Selamat Menulis, 
Salam. 

Sumber Gambar : 
https://classteaching.files.wordpress.com