Tuesday, November 6, 2018

Serunya Penggunaan Flipgrid dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning

Serunya penerapan teknologi dalam pembelajaran membuat siswa lebih  merasa tertarik dalam pembelajaran. Imbasnya siswa  akan lebih mudah mengembangkan keterampilan dan kemampuannya misalnya dalam cara berkomunikasi atau menyampaikan yang menjadi pemikirannya.
Sumber gambar pixabay

Salah satu pertanyaan yang sering berkembang adalah bagaimana menerapkan teknologi yang tepat guna untuk kelas kita yang sesuai dengan topik atau materi yang kita ajarkan serta sarana atau media apa yang akan kita gunakan dalam hal tersebut. Dalam hal ini sebagai pilihan, kita bisa menggunakan Flipgrid. Flipgrid dirancang untuk memberikan siswa sebuah cara yang menyenangkan dan kreatif untuk mengembangkan tugas video yang diberikan oleh guru mereka dengan cara sederhana untuk mengintegrasikannya di kelas mereka.

Guru bisa menugaskan siswa untuk membuat sebuah proyek pekerjaan menggunakan Flipgrid. sebagai contoh guru menugaskan siswa mengirim ulasan mini buku, film, atau acara televisi. Flipgrid akan mengumpulkan berbagai tanggapan siswa pada satu topik. Anda bisa menanyakan siswa di akhir unit atau akhir tahun untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan apa yang akan mereka merekomendasikan kepada siswa lain.

Menarik bukan?

Nah, untuk memulai Flipgrid, ada dua bagian utama pada tutorialnya yaitu untuk guru dan untuk siswa.  Langsung saja berikut tutorialnya.

Tutorial Flipgrid

Memulai Flipgrid untuk Guru
Masuk ke website Flipgrid, bila belum punya akun, silahkan registrasi dahulu melalui "Sign Up Today". 


Pada dashboard Flipgrid, pilih "New Grid" untuk membuat Grid baru. Isikan data di dalamnya termasuk nama Grid dan sebagainya. 

Anda bisa men-setting Grid anda melalui tombol "Actions". Setiap Grid nanti akan bisa kita tambahkan beberapa topik. Nah, untuk menambah topik, kita klik pada Nama grid kita, sebagai contoh Grid yang sudah saya buat, 'kelaskita"


Pada tampilan topik Grid, kita juga bisa men-setting topik yang kita buat atau yang sudah tersedia. Berikut tampilan settingan topik Grid. 


Isikan semua kebutuhan untuk pembuatan topik kita pada isian yang tersedia. Ada tujuh seksi (7 secion) yang bisa dilengkapi satu persatu. Klik Update Topic pada bagian kanan bawah bila sudah selesai


Berikut tampilan topic Grid yang sudah dibuat. 



Kita bisa membagikan topik yang kita buat seebelumnya kepada siswa melalui menu share. Ada beberapa pilihan untuk membagikan topik anda ke siswa yaitu melalui link, embed code, media sosial, atau melalui QR Code. 


Memulai Flipgrid untuk Siswa

Siswa membuka alamat website Flipgrid.


Masukkan nomor kode yang sudah guru share sebelumnya. 
Secara otomatis siswa akan masuk ke halaman dashboard dari topik grid yang guru buat sebelumnya. Klik pada menu dengan tampilan Plus sepertti dibawah ini. Jangan lupa ingatkan siswa untuk memakai akun Google atau Microsoft.


Lanjutkan proses pembuatan sampai dengan submitting video-nya selesai. Untuk kelancaran dan kemudahan, gunakan kamera dan mikrofon pada pembuatan video-nya melalui PC atau laptop.

Selain melalui operating system pada laptop atau PC, Flipgrid bisa dijalankan melalui sistem Android atau IOS pada smartphone anda. Cara ini menurut saya lebih baik untuk disarankan pada siswa karena lebih sederhana dan mudah dilakukan dalam pembuatan tugas mereka kapanpun dan dimanapun.

Sekian tulisan saya mengenai penggunaan Flipgrid dalam pembelajaran berbasis e-learning. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Tuliskan jejak kesan mengenai tulisan ini pada kolom komentar di bawah ya...

Salam.