11/12/2018

Cara Mudah Membuat Kuis Interaktif di Kelas dengan Aplikasi Quizizz

Quizizz merupakan sebuah web tool  untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Sangat mudah penggunaanna, Anda bisa men-setting kuis interaktif anda sesuai dengan kebutuhan misalnya dengan pengaturan jumlah pilihan jawaban,  background layar, serta pengaturan pertanyaan. Selain itu anda dapat membagikannya kepada siswa dalam kelas dengan menggunakan kode 5 digit setelah selesai membuat kuisnya.

Plus, Quizizz memberikan data dan statistik tentang kinerja siswa anda. Anda dapat melacak berapa banyak siswa yang menjawab pertanyaan yang anda buat, pertanyaan yang harus dijawab dan banyak lagi. Tinggal download statistiknya dalam bentuk spreadsheet Excel. Mudah bukan?

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan fitur "pekerjaan rumah". Fiur ini memungkinkan anda menetapkan kuis sebagai pekerjaan rumah, dan anda bisa membatasi waktu pengerjaan pekerjaan rumah tersebut hingga 2 minggu.

Nah, langsung saja berikuttutorial bagaimana membuat kuis interaktif menggunakan Quizizz.

  1. Masuk ke www.quizizz.com lalu Sign up
  2. Untuk memudahkan, anda bisa memakai akun Google anda.
  3. Pilihlah Peran anda, apakah sebagai guru, siswa, orang tua atau lainnya.
  4. Lengkapi data anda
  5. Isikan info Kuis anda
  6. Lengkapi modul - modul  seperti pertanyaan, pilihan jawaban, dan jawaban yang benar.
  7. "Question preview" akan menampilkan soal yang anda buat. Tambahkan pertanyaan baru dan klik finished bila sudah selesai.
  8. Tahap akhir, pilih Grade atau tingkatan, subjects atau mata pelajaran. Klik Finish and create Quiz
  9. Tampilkan Kuis anda secara langsung atau untuk PR.
  10. Setting Kuis anda, lalu klik Proceed
  11. Minta siswa anda untuk membuka join.quizizz.com, dan bagikan code ke siswa anda. Selain itu, anda bisa membagikannya melalui Google Classroom.


Oke. menarik kan?

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat...

1 comment: