Thursday, February 14, 2019

Tips Mendapatkan Skor Nilai Tinggi dalam Tes Bahasa Inggris

Beberapa bulan lalu saya mencoba mengikuti tes prediksi (prediction test) TOEFL di salah satu lembaga bahasa di kota saya. Selain untuk kepentingan pekerjaan, saya ingin mengetahui nilai atau skor dengan kemampuan saat ini dibanding beberapa tahun lalu ikut ujian saat lulus kuliah. Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan menurut saya, meski dengan jatah waktu belajar yang lumayan singkat, dua hari pasca registrasi tes langsung ujian.

Prediction test TOEFL merupakan program yang biasanya disediakan oleh beberapa lembaga bahasa atau universitas sebelum mengikuti tes sebenarnya. Biayanya pun relatif jauh dibawah dibanding tes TOEFL resminya. Soal- soal tes prediksi TOEFL pun dirancang mirip  atau dibuat "setipe" dengan tes TOEFL sesungguhnya plus penskoran yang hampir sama. Saat mengikuti tes, saya melihat berbagai kalangan ikut dalam tes tersebut untuk berbagai kepentingan apakah pekerjaan, sekolah, karir dan sebagainya. Maklumlah bahwa banyak instansi yang sekarang ini juga mempercayakan lembaga bahasa dengan sertifikat tes prediksi TOEFL nya sebagai syarat untuk perekrutan karyawan atau pegawainya.

Tes bahasa Inggris seperti yang sudah saya lalui tadi memberikan hasil penilaian berupa skor. Skor tersebut digunakan sebagai pengukuran kemampuan atau keterampilan dalam bahasa Inggris. Ada yang nilai skornya rendah tetapi ada pula yang nilai skornya lumayan atau lebih dari rata- rata. Tentu, kemampuan dalam berbahasa Inggris bisa diukur dalam berbagai kompetensi, seperti dalam tes tersebut seperti halnya kemampuan listening, reading, writing, maupun speaking.

dok. ahzaa

Ada banyak tips sebenarnya untuk meningkatkan kemampuan tersebut diatas. Nah, berikut saya rangkum beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi bahasa Inggris diatas. 

1. Persiapkan tes lebih awal
Dalam menghadapi tes bahasa Inggris, langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan tes secara seksama. Selain itu anda juga harus mengetahui secara detail kapan waktu dan tempat dilaksanakannya tes agar ketika pelaksanaan tes berjalan dengan lancar.

2. Latihan Soal
Sebagian tes bahasa Inggris menggunakan format yang jelas dan dapat diprediksi, artinya menggunakan pola yang sama seperti tes- tes sebelumnya. Untuk mencapai atau mendapatkan skor tertinggi, tentu saja anda mesti familiar dengan format dan persyaratan dalam ujian.

Anda bisa melatih diri anda dengan latihan tes yang sekarang ini banyak tersedia di internet secara gratis. Biasanya latihan tes tersebut dirancang khusus untuk jenis atau macam tes yang akan anda ambil.  

3.Buku tes penunjang 
Untuk mendapatkan nilai yang maksimal, tidak ada salahnya bagi anda untuk mempertimbangkan membeli buku- buku dan  materi persiapan yang dirancang khusus untuk tes bahasa Inggris. Meskipun agak mahal dan, hal itu sebagai penunjang belajar anda dan sangat berguna untuk investasi dalam ilmu pengetahuan.

4. Latihan mendengarkan 
Latihan mendengarkan bisa kita lakukan dengan Podcast. Podcast mungkin masih terdengar asing di telinga kita, namun bila diluar negeri Podcast sudah umum digunakan khususnya dalam pembelajaran. Podcast memang berbentuk audio yang hampir mirip seperti radio, namun berbeda. Podcast adalah hasil rekaman dengan berbagai macam topik yang akan diperdengarkan. Dengan Podcast anda bisa memilih kategori apa yang sesuai dengan minat anda misalnya politik, ekonomi, musik, kesehatan bahkan games. Anda bisa mendengarkan Podcast dengan waktu- waktu tertentu seperti di perjalanan, ataupun saat menjelang tidur. Secara tidak langsung anda akan memperoleh kosakata baru, dan pengalaman belajar yang menyenangkan dengan Podcast. Anda bisa berkunjung di situs yang menyediakan Podcast seperti situs BBC maupun iTunes.

5. Melihat film tanpa subtitle
Seperti kita ketahui bahwa secara tidak menonton acara TV dan menonton film bahasa Inggris akan melatih kemampuan bahasa Inggris anda karena dengan menonton film dengan bahasa Inggris tanpa subtitle anda akan terbiasa mendengar, mengerti pengucapan, serta menemukan kosakata baru yang terdapat dalam film tersebut. Banyak yang sudah berhasil dengan metode tersebut, dan tentu saja tidak ada salahnya anda coba. 

6. Membaca surat kabar atau majalah bahasa Inggris
Mampu membaca berita dalam bahasa asing adalah indikator yang sangat baik dari tingkat kefasihan Anda. Membaca koran dan majalah bahasa Inggris kemudian mencari kata-kata yang ketahui akan menambah kosakata dan penguasaan anda. Anda bisa menganalisa berbagai macam kata, frase, kalimat maupun idiom yang digunakan dalam artikel atau tulisan koran atau majalah. Dan hal tersebut akan memperkaya penguasaan bahasa Inggris anda.

7. Belajar melalui aplikasi 
Saat ini tersedia secara luas bermacam aplikasi untuk menunjang persiapan tes bahasa Inggris anda. Anda bisa berlatih beberapa simulasi soal yang tersedia di berbagai aplikasi tersebut. Teruslah berlatih bermacam jenis dan tipe soal dalam mempersiapkan tes anda. 

Semoga Sukses!!

No comments:

Post a Comment