2/15/2019

5 (lima) Macam Platform E-Learning Populer Berbasis Media Sosial

Kemajuan teknologi harus membawa perubahan dalam dunia pendidikan. Kita tidak bisa cukup  mengandalkan cara- cara konvensional diterapkan di dalam pembelajaran kelas kita. Guru pun mesti kreatif dengan memanfaatkan teknologi dalam penerapan pembelajaran di kelas. Sistem pembelajaran yang sangat populer saat ini adalah sistem e-learning.
tekno guru

Sistem tersebut bisa kita dapatkan secara bebas di dunia maya. Banyak penyedia platform yang  sudah memfasilitasi sistem tersebut. Salah satunya adalah dengan berbasiskan media sosial. Basis media sosial merupakan sistem yang paling digemari saat ini karrena bisa melibatkan guru, siswa, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pembelajaran. 

Nah, berikut kami rangkum lima e-learning populer berbasiskan media sosial untuk diterapkan secara efektif dalam pembelajaran. 

#1. Edmodo
Edmodo merupakan jaringan media sosial yang bisa menghubungkan dan berkolaborasi antara siswa, guru, orang tua, dan antara satu dengan yang lain. Pada prinsipnya, Edmodo hampir sama dengan media sosial Facebook.
edmodo
Guru dapat membuat kelas pembelajaran campuran, bergabung dengan komunitas pembelajaran global, serta bisa menemukan dan mendapatkan bahan ajar yang berharga. Selain itu bagi orang tua, Edmodo membantu untuk mengawasi belajar anak- anak mereka, mengetahui pemberitahuan guru, melihat pelajaran, quiz, dan jadwal kegiatan. Bagi yang tertarik untuk mendaftar, gratis kok, silahkan saja kunjungi websitenya di www.edmodo.com

#2. Edublogs
logo edublogs
Edublogs merupakan salah satu layanan blogging yang dikhususkan untuk dunia pendidikan. Dengan fitur- fiturnya yang menarik seperti tampilan dan desain yang mudah, membantu guru dalam pembelajaran. Edublogs memungkinkan kita untuk membuat dan mengelola blog khususnya dalam dunia pendidikan. Kita bisa dengan gampangnya memasukkan teks, foto, video maupun podcasts.

Untuk mendaftarnya sangat mudah dan gratis, silahkan sign up saja ke website resminya di www.edublogs.org.


#3. Schoology
Schoology merupakan salah satu situs sosial yang memasukkan sistem pembelajaran dalam jejaring sosial, dengan kata lain Schoology menggabungkan Learning Management System (LMS) dengan jejaring sosial layaknya facebook.
Berbagai fitur menarik yang terdapat dalam Schoology antara lain membuat kelas mapel, kelompok belajar maupun sumber belajar. Dengan beragam fitur dan fungsi yang menarik tersebut, Schoology menjadi salah satu platform e-learning yang menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran. Nah, bagi yang tertarik, silahkan kunjungi www.schoology.com.

#4. OpenStudy
OpenStudy merupakan situs sosial yang memungkinkan para anggotanya untuk menemukan solusi atas permasalahan belajar yang dimiliki misalnya dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Dengan kata lain, OpenStudy adalah situs sosial untuk belajar bersama.
Setiap anggota OpenStudy bisa membuat topik tertentu yang kemudian mengundang beberapa teman atau anggota yang lain untuk bergabung dalam topik tersebut untuk sarana belajar bersama. Bagi yang tertarik, silahkan saja kunjungi www.openstudy.com, dan jangan lupa siapkan email terlebih dahulu untuk mendaftarnya. 

#5. Quora
Quora merupakan sebuah platform tanya jawab yang tentunya sangat cocok bagi para pendidik. Dalam pembelajaran, Quora dapat digunakan untuk membuat diskusi antara guru, siswa ataupun orang yang berkompeten diluar jam pelajaran. Siswa akan dapat bertanya mengenai topik mata pelajaran yang belum mereka pahami ketika di kelas dan guru atau anggota lain yang berkompeten dalam bidangnya dapat memberikan timbal balik atas pertanyaan siswa tersebut.
Silahkan kunjungi websitenya di www.quora.com untuk menggunakan platform ini untuk tujuan pembelajaran.


Itulah 5 (lima)  macam platform e-learning berbasis  media sosial yang bisa saya ulas. Adakah alternatif selain lima platform diatas? Silahkan bagikan pada kolom komentar di bawah ya...

Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment