Saturday, September 21, 2019

Belajar Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan MIT App Inventor

Pesatnya perkembangan teknologi informasi merambah ke semua lini sektor termasuk ke dalam pendidikan. Sebagai contoh munculnya inovasi- inovasi baru untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang kian melesat. Sistem pembelajaran mulai beralih dari yang bersifat tradisional ke dalam moda pembelajaran berbasis daring atau online baik melalui perangkat komputer maupun mobile phone (gawai). Gawai saat ini menjadi salah satu bagian dari kehidupan sehari- hari meskipun dianggap sebagai pisau bermata dua, memiliki sisi positif dan negatif. Pemanfaatan untuk hal yang baik tentu saja akan mendatangkan hal yang baik atau positif juga. 


Logo MIT App Inventor

Hal ini bisa dibuktikan dengan berkembangnya berbagai macam karya dan kreatifitas oleh para pengembang melalui aplikasi-aplikasi yang dapat disematkan pada smartphone. Sebagai guru, anda juga bisa berkontribusi dengan membuat dan mengembangkan sendiri aplikasi untuk pembelajaran anda, misalnya saja aplikasi kuis atau ujian.

Nah, pada tulisan ini saya akan berbagi informasi kepada anda semua khususnya rekan- rekan guru untuk mengembangkan aplikasi berbasis android yaitu dengan menggunakan MIT App Inventor. MIT App Inventor merupakan sebuah tool untuk membuat android apps. MIT App Inventor mulanya dikembangkan oleh Google, tetapi saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Bagi seorang newbie, awam dan pemula, seperti saya, MIT App Inventor memiliki kelebihan dibanding dengan platform pembuat aplikasi yang lain yaitu dalam hal coding. Kita hanya perlu men-drag and drop saja objek visual pada antarmukanya seperti semudah kita menyusun puzzle.

Untuk bisa membuat aplikasi melalui App Inventor, anda bisa membuatnya melalui website atau tool yang terkoneksi langsung secara online dengan koneksi internet ataupun secara offline. Dua pengembang terkenal yang membuat App Inventor secara offline adalah Husein Amerkashi dengan AI2LiveComplete-nya, dan Krupong dengan AI2Ultimate-nya. Saat ini saya menggunakan App Inventor offline dari Krupong. Tampilan tidak jauh berbeda dengan yang versi online sesuai dengan versi yang dipakai. Kelebihan App Inventor secara offline, kita bisa belajar kapanpun tanpa adanya jaringan internet. Tutorial dan pemasangan serta kelengkapannya silahkan cari di peramban Google.

Tampilan app inventor online
Untuk anda yang memerlukan panduan dan petunjuk untuk mengenal fitur- fitur didalamnya serta cara aplikasi dibuat dari tingkat newbie sampai dengan advance, anda bisa membaca e-book dibawah. Bagi yang membutuhkan bisa mengunduhnya melalui link ini, http://tiny.cc/ew53cz

e-book tutorial App Inventor

App Inventor sangat tepat sebagai sarana untuk belajar mengembangkan aplikasi android kita sendiri apalagi tanpa atau minim koding.

Menarik bukan? Siapkan akun Google anda lalu kunjungi http://appinventor.mit.edu dan buatlah aplikasi semenarik dan se-kreatif mungkin.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

2 comments: