Monday, September 16, 2019

Langkah Mudah Menganalisis dan Menilai Kinerja Siswa dalam Pembuatan Tugas Menggunakan Flubaroo

Abad 21 menuntun guru untuk lebih kreatif dalam menjalankan tugasnya. Kemudahan akses teknologi membuat guru lebih mudah dalam menjalankan tugasnya sehari- hari yang lumayan seabrek itu. Salah satu kemudahan yang sangat berguna bagi guru adalah dalam mengelola penilaian atau evaluasi dengan menganalisis dan menilai kinerja siswa dalam pembuatan tugas. Tidak sulit mencari aplikasi yang membantu tugas tersebut, salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Flubaroo

Flubaroo sejatinya merupakan add-on untuk Google Forms/ Sheets yang memungkinkan anda menilai dan menganalisis kinerja siswa dengan cepat pada berbagai pilihan dan tugas. seperti dalam tugas pemberian kuis dengan soal pilihan ganda atau isian rumpang teks kosong dengan cepat dan mudah.

Selain itu dengan Flubaroo, kita juga dapat beberapa fitur lainnya antara lain sebagai berikut,
  • Menghitung skor tugas rata-rata.
  • Menghitung skor rata-rata per pertanyaan, dan menandai pertanyaan dengan skor rendah.
  • Menunjukkan grafik distribusi kelas.
  • Memberi Anda opsi untuk mengirim email kepada setiap siswa nilai mereka, dan kunci jawaban.
  • Memungkinkan Anda mengirim umpan balik individual ke setiap siswa.
Flubaroo dapat dijalankan dengan platform populer kita yaitu Google Drive dengan Google Form. Karenanya, untuk memanfaatkan  Flubaroo dalam analisis dan penilaian, kita mesti memiliki akun Google terlebih dahulu. Lebih lengkapnya berikut Tutorial Flubaroo.

Langkah Pertama, Akun Google dan Instalasi Add on Flubaroo
Buat akun Google lalu Instal Add on Flubaroo pada Spreadsheet anda. Ketik Flubaroo pada mesin pencarian Google anda, lalu pasang Add on tersebut.

Langkah Kedua, Isian Google Form dan Google Spreadsheet
Buka Google form anda, melalui tautan Google Form berikut,

Buat formulir baru, isikan nama formulir lalu mulailah buat pertanyaan untuk tugas anda. Pertanyaan pertama adalah isian nama siswa anda, baik nama lengkap, nama depan atau nama akhir untuk mengidentifikasi data siswa yang ada di kelas anda.

Langkah selanjutnya, buat pertanyaan dengan isian email siswa anda.
***Jangan lupa untuk setting semua isian kuis dengan "wajib diisi".

Tambahkan pertanyaan selanjutnya dengan langkah yang sama. Pada isian ini, anda sudah masuk ke dalam pertanyaan atau kuis yang ingin ditugaskan atau diujikan.

Setting kuis anda.

Pada bagian tanggapan, pilih Spreadsheet, untuk membuat halaman Spreadsheet baru akun kita.

Spreadsheet akan tampil seperti berikut.

Kirim form anda setelah selesai memasukkan pertanyaan, lalu isikan email kita sebagai admin dan semua siswa siswa. Email kita sebagai admin pribadi sangat penting gunanya untuk mengidentifikasi entri ini sebagai kunci jawaban.

Cek email anda, lalu isikan form. Secara otomatis, data isian dari kita maupun dari siswa akan masuk ke dalam Spreadsheet kita. Klik pada menu Pengaya (Add On), lalu pilih Flubaroo, dan terapkan pada Spreadsheet ini.

Langkah Ketiga, Grade Assignment
Klik sekali lagi pada menu Pengaya, Pilih Flubaroo dan Pilih Grade Assignment.

Flubaroo akan menanyakan beberapa pertanyaan, seperti pertanyaan tidak perlu dinilai, pertanyaan mana yang bertujuan untuk identifikasi siswa misalnya nama, id siswa, email dsb. serta pengajuan mana yang menunjukkan kunci jawaban.

Terakhir, Flubaroo akan menilai tugas Anda. Proses ini kira- kira memakan waktu kurang dari satu menit. Untuk setiap pengiriman, Flubaroo akan menunjukkan pertanyaan mana yang dijawab dengan benar (satu poin "), yang salah ( nol poin), dan yang tidak dinilai. Jika kurang dari 60% siswa mendapat pertanyaan dengan benar, pertanyaan itu akan tertera dalam warna oranye untuk mengingatkan anda lalu siswa yang mendapat skor kurang dari 70% pada tugas akan disorot dalam warna merah.


Klik pada menu pengaya lagi dan pilihlah opsi berkaitan dengan data yang sudah diperoleh.
Jika anda memilih untuk mengirim email kepada setiap siswa nilai mereka, Anda akan diberikan opsi untuk memasukkan kunci jawaban dalam email. Anda juga dapat memasukkan pesan singkat ke siswa Anda. Email yang dikirim ke setiap siswa akan mencakup skor total mereka, dan skor mereka untuk setiap pertanyaan.

Flubaroo akan mengirim email kepada setiap siswa tentang nilai mereka, kemudian siswa bisa melihat laporan ringkasan, dan merevisi ulang tugas mereka bila memungkinkan.

Menarik bukan? 
Nah, Selamat Mencoba

Salam.

No comments:

Post a Comment