Monday, September 30, 2019

Mencoba Moodle, Learning Management System (LMS) Terbaik untuk Pembelajaran Kelas Anda

Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle) kita kenal sebagai salah satu platform learning management system (LMS) untuk kegiatan pembelajaran berbasis online (daring) terbaik saat ini. Melalui Moodle, guru dan siswa dapat berinteraksi pada sebuah wadah ruang kelas digital berbasis e-learning dengan fitur lengkap seperti masukan materi pembelajaran, kuis, jurnal dan lain sebagainya.


Moodle saat ini banyak dimanfaatkan pada semua jenjang sekolah untuk mempermudah sistem pembelajarannya. Fitur dari Moodle pun sangat lengkap dan sangat cocok untuk diterapkan di kelas. Adapun fasilitas yang terdapat dalam Moodle adalah sebagai berikut :
  • Assignment. Fitur ini digunakan untuk memberikan penugasan kepada peserta pembelajaran secara online. Siswa dapat mengakses tugas dan mengumpulkan hasil tugas mereka dengan mengirimkan file hasil pekerjaan mereka.
  • Chat. Fasilitas ini digunakan untuk melakukan proses percakapan secara online. 
  • Forum. Guru dan siswa dapat berdiskusi melalui forum yang tersedia dalam Moodle
  • Survey dan Kuis. Fasilitas ini memungkinkan dilakukannya survey atau ujian  secara online.
  • Moodle mendukung paket pembelajaran dalam berbagai format misalnya bentuk teks, animasi, audio dan video. 
Moodle merupakan sebuah platform CMS yang membutuhkan hosting untuk keperluan instalasi aplikasi tersebut. Anda bisa memilih instalasi offline tanpa koneksi internet atau menggunakan hosting berbayar yang terkoneksi internet. 

Instalasi Offline Moodle
Instalasi offline Moodle cocok bagi anda yang ingin memulai belajar menggunakan Moodle. Yang anda perlukan adalah aplikasi Moodle dan XAMPP. Aplikasi Moodle bisa diunduh melalui www.moodle.org, dan aplikasi XAMPP bisa melalui https://www.apachefriends.org. Pasang kedua aplikasi tersebut pada perangkat anda dan mulailah ber-Moodle secara offline

Instalasi Moodle pada Hosting Berbayar
Saat ini tersedia banyak pilihan hosting berbayar untuk instalasi Moodle. Kelebihan menggunakan hosting sendiri adalah keleluasaan mengembangkan lingkungan belajar yang lebih luas cakupannya dengan fitur- fitur yang tersedia seperti kebebasan memasang plugin yang up to date. Hosting Moodle saat ini banyak disediakan oleh penyedia- penyedia hosting yang menjadi partner Moodle. Untuk kepentingan yang lebih profesional, tidak ada salahnya memakai Hosting yang berbayar. 

Hosting Moodle Gratis
Sebagai alternatif hosting berbayar, ada pula hosting gratis yang bisa anda gunakan untuk Moodle anda. Disini saya mencoba dua hosting gratis untuk Moodle  yaitu MoodleCloud dan Gnomio

MoodleCloud
MoodleCloud merupakan platform cloud-hosted untuk lingkungan belajar dengan Moodle. Paket MoodleCloud dilengkapi dengan plugin dan alat tambahan untuk pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan interaktif. 



Langkah pertama adalah masuk ke website MoodleCloud kemudian klik sign up untuk  mendaftar.
Saat berhasil, anda akan mendapatkan website pembelajaran berbasis Moodle dengan nama domain yang sudah anda buat tadi saat mendaftar. Anda langsung bisa membuat pembelajaran berbasis e-learning Moodle dengan berbagai fasilitas yang disediakan.

MoodleCloud juga memberikan pilihan untuk upgrade ke versi berbayar, tentu saja dengan fasilitas dan fitur yang lebih lengkap lagi. MoodleCloud cocok untuk digunakan sebagai sarana untuk belajar Moodle dengan langsung mengaplikasikannya ke pembelajaran kelas.

Gnomio
Hampir sama seperti MoodleCloud, Gnomio juga menyediakan hosting gratis untuk Moodle dengan berbagai syarat tentunya. Untuk memulainya, anda hanya perlu sign up dengan menggunakan alamat email anda buat site anda. Gnomio juga memberikan fitur backup dan instalasi plugin. Satu kekurangannya adalah munculnya iklan di situs Moodle anda. Anda mesti memberikan donasi untuk menghilangkan tampilan iklan. But, saya rasa tidak masalah dengan tampilan iklan bila dibandingkan dengan beragam fitur Moodle melalui hosting Gnomio.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai Moodle, Learning Management System (LMS) Terbaik untuk Pembelajaran Kelas Anda, anda bisa mencoba memaksimalkan fitur- fiturnya untuk kemajuan pembelajaran anda.

Semoga bermanfaat.

Salam.



No comments:

Post a Comment