Wednesday, October 2, 2019

Mengenal Opigno, Platform Learning Management System (LMS) Berbasis Drupal

Masih ngomongin tentang Learning Management System (LMS) ya, dari postingan terdahulu tentang Moodle, akan saya lanjutkan lagi yaitu tentang platform LMS lainnya yang tidak kalah menarik  yaitu Opigno
source : Drupal.org

Opigno merupakan sebuah platform e-learning dengan sistem open source berbasis Drupal. Platform ini memungkinkan anda untuk mengelola pembelajaran daring di kelas secara mudah dan efektif. Opigno memang dirancang untuk lingkup pendidikan maupun perusahaan untuk mengembangkan e-learning yang  mudah, fleksibel dan scalable dengan berbagai fitur yang memberikan kemudahan akses berdasarkan peran masing- masing yang meliputi siswa, guru, trainer, manajer konten, manajer pengguna, dan administrator.

Beberapa fasilitas Opigno untuk penggunaan kelas daring adalah sebagai berikut,
  • Katalog pelatihan meliputi pelatihan umum atau pribadi.
  • Manajemen pelatihan online mencakup modul teori ataupun kuis
  • Manajemen sesi yang dipimpin instruktur
  • Manajemen kelas virtual
  • Manajemen pembelajaran adaptif di mana materi pelatihan akan disesuaikan dengan setiap siswa sesuai dengan prestasi sebelumnya.
  • Panduan pembuatan pelatihan
  • Manajemen pelatihan pembelajaran grafis
  • Manajemen konten dalam pelatihan mencakup kursus, modul, dan kegiatan
  • Pembuatan konten yang interaktif dan menarik
  • Pengaturan pada pelatihan misalnya saja dengan membuat sarat bahwa siswa harus sudah menyelesaikan pelatihan sebelumnya sebelum mendapatkan akses pelatihan berikutnya, atau menggunakan tes masuk untuk pelatihan.
  • Pembuatan sertifikat PDF otomatis ketika berhasil menyelesaikan pelatihan.
  • Kelas interaktif yang memungkinkan berbagi pesan dan file.
  • Live meeting dengan suasana yang interaktif.
Opigno  sepenuhnya terintegrasi dengan SCORM (1.2 dan 2004 v3) dan Tin Can (xAPI). Hal ini menghubungkan teknologi H5P yang memungkinkan untuk membuat konten pelatihan secara interaktif seperti video, tes maupun game.

Saya mencoba fitur demo Opigno dengan mengunjungi website Opigno, melalui https://www.opigno.org. Melalui website tersebut, kita bisa mencoba Demo Opigno 2.0 berbasis Drupal 8

Pertama isikan form terlebih dahulu untuk mencobanya.

Pada halaman Dashboard, kita akan melihat menu bar atas, pilih salah satu menu,

Saya memilih menu Catalogue, lalu kita akan melihat training catalogue yang disediakan. Pilih salah satu dari training catalogue tersebut. Sebagai contoh, disini saya memilih interactive video training. Anda bisa memilih salah satu sampel lain yang tersedia.

Berikut tampilan dari interactive video,
 Kita juga bisa mengirim pesan (message) melalui menu message.

Menu Achievements untuk mengetahui kemajuan pelatihan (training progress), penskoran (training score) sampai dengan download sertifikat pencapaian.

Terakhir adalah statistics yang menunjukkan data statistik pelatihan. Anda bisa memantau progress siswa dalam mengerjakan tugas ataupun kuis.

Nah, itulah sekilas pengenalan mengenai Opigno, Platform Learning Management System Berbasis Drupal. Tertarik untuk instalasi sendiri, anda bisa mengunjungi website drupal untuk Opigno di https://www.drupal.org/project/opigno_lms

Melalui website tersebut, tersedia link download aplikasinya, juga dijelaskan bagaimana pemasangan pada perangkat anda, melalui user manual

Sekian, terima kasih dan semoga bermanfaat. 


****Sumber screenshot gambar : https://www.opigno.org/






No comments:

Post a Comment