Thursday, October 10, 2019

Menjajal Socrative, Tool Assessment Gratis yang Fleksibel, Menarik dan Mudah Digunakan

Ada satu quote menarik saat saya membaca sebuah artikel pendidikan berbahasa Inggris, "We need to embrace technology to make learning more engaging. Because when students are engaged and they are interested, that's where learning takes place" , yang kalau diartika kira- kira begini, kita perlu merangkul teknologi untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Karena ketika siswa terlibat dan mereka tertarik, di situlah pembelajaran berlangsung.

Pelibatan teknologi dalam pembelajaran saat ini bukanlah hal yang asing lagi. Web tool bisa kita pilih secara bebas untuk kita manfaatkan dan terapkan di kelas kita. Pemanfaatan web tool assessment merupakan salah satunya. Web tool assessment telah menjadi fitur utama ruang kelas dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini membantu para guru dalam melaksanakan tugas mereka dan mendorong peserta didik untuk lebih memahami materi, tentu saja dengan cara yang mudah, menarik, dan efektif.

Berbicara mengenai web tool assessment, pada tulisan kali ini akan saya ulas tentang pengalaman saya menggunakan Socrative melalui tutorial Socrative yang akan saya bagikan di bawah. Socrative adalah alat penilaian formatif yang membantu guru dan peserta didik untuk menilai pembelajaran dan memantau kemajuan mereka dalam memahami materi yang sudah diajarkan. Socrative memungkinkan seorang guru untuk memeriksa sejauh mana pemahaman siswa akan materi yang diajarkan selama mereka belajar dengan dirancang untuk digunakan di kelas, secara real time.

Beberapa fitur Socrative antara lain,
  • Quiz - Fitur ini memungkinkan guru untuk membuat kuis pertanyaan pilihan ganda, pilihan benar / salah atau jawaban pendek yang dapat mereka simpan dan gunakan kembali. Di kelas, guru membuat kuis dan siswa menyelesaikannya secara real time melalui perangkat mereka.
  • Space Race - siswa menyelesaikan kuis dengan cara bersaing satu sama lain untuk mendapatkan reward.
  • Quick Question - guru menanyakan pertanyaan pilihan ganda, benar / salah atau jawaban pendek secara lisan atau menulisnya di papan tulis. Siswa menggunakan Socrative untuk memilih jawaban yang benar.
  • Exit Ticket - siswa merefleksikan di akhir pelajaran. Ada dua pertanyaan bawaan (Seberapa baik Anda memahami materi hari ini? Dan Apa yang Anda pelajari di kelas hari ini?). Guru menetapkan pertanyaan ketiga secara lisan atau di papan tulis, yang dapat berupa pertanyaan seperti Apa tiga kata baru yang telah Anda pelajari hari ini? atau Apa yang Anda rasa sulit tentang pelajaran hari ini?
Saat siswa menjawab pertanyaan, guru dapat melihat hasilnya dan kemudian mengunduhnya. Untuk memulai Socrative, berikut langkah- langkahnya,

Buka dulu website nya di https://socrative.com, lalu sign up bagi yang pertama kali menggunakannya. Ada dua pilihan penggunaan, free (gratis) ataupun paid (berbayar). Versi berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap baik dalam segi jumlah siswa ataupun fitur lainnya seperti rooms (ruang belajar). Fitur gratis hanya menyediakan fasilitas untuk 50 siswa saja dengan satu ruang belajar. Untuk mendapatkan fasilitas lebih, silahkan upgrade ke level pro.

Kemudian isikan data secara lengkap baik nama, email, dan password. Inilah tampilan Dashboard Socrative untuk pertama kali kita menggunakannya.
Quiz, untuk membuat kuis pertanyaan pilihan ganda, pilihan benar / salah atau jawaban pendek, Space Race, siswa menyelesaikan kuis dengan cara bersaing satu sama lain untuk mendapatkan reward. Exit Ticket- Refleksikan di akhir pelajaran dan Quick Question untuk fitur pertanyaan cepat.

Membuat Kuis Socrative
Pada menu bar atas, pilih menu Quizzez, akan tampil fasilitas untuk Quiz, dalam hal ini pembuatan folder hanya disediakan versi pro saja. Pilih Add Quiz, Klik Add New.


Isikan judul kuis lalu klik Align Quiz to Standard untuk setting kelompok kuis anda (bisa tidak dicentang bila tidak diperlukan). Kemudian pilih jenis kuis yang anda inginkan, Multiple Choice, True False atau Short Answer.

Pada tampilan form kuis, anda bisa mengisikan pertanyaan, lampirkan gambar bila diperlukan pada tombol simbol gambar disebelah pertanyaan. opsi pilihan jawaban, serta pembahasan akan pertanyaan anda.  Jangan lupa centang pilihan jawaban yang benar disebelah pilihan jawaban yang dimaksud. klik save pada bagian kanan tampilan.

Tambahkan pertanyaan selanjutnya dengan memilih jenis pertanyaan, apakah multiple choice, true false, dan short answer. Bila jenis pertanyaan sama seperti sebelumnya, silahkan pilih multiple choice saja.

Lanjut isikan seperti format pertanyaan sebelumnya.

Bila sudah selesai, silahkan klik Save and Exit pada tombol bagian kanan atas.

Kita bisa melihat hasil kuis atau edit kuis yang sudah dibuat, lihat pada Dashboard Socrative menu Quizzes.

Merilis Kuis Socrative
Pada dashboard, pilih menu launch, lalu klik tombol Quiz. Pilih kuis yang akan kita rilis, lalu klik next .
Pilih delivery method and setting,


  • Instant feedback, siswa bisa menjawab soal secara urut akan tetapi tidak bisa merubah jawaban. guru bisa memantau melalui tabel live report.
  • Open Navigation, siswa bisa menjawab soal tidak secara urut dan bisa merubah jawaban sebelum selesai. Guru bisa memantau melalui tabel live report.
  • Teacher Paced, Guru mengontrol arus dari setiap pertanyaan dan memonitor respon yang terjadi. 

Klik start untuk memprosesnya.

Memanfaatkan Fitur Space Race
Fitur Space Race merupakan fasilitas untuk membuat siswa menyelesaikan kuis mereka secara bersaing layaknya lomba. Fitur ini sangat menarik, mengingat akan menambah semangat siswa dalam mengerjakan tugas mereka melalui kuis yang anda buat melalui Socrative. Siswa dapat bergabung dalam sebuah team dalam mengerjakan kuis. Progress atau kemajuan akan langsung dilihat oleh guru melalui simbol animasi yang tersedia.

Oke, langsung saja berikut langkah- langkahnya,
Pada Dashboard Socrative anda, klik pada Space Race
Pilih ujian yang akan di buat

Setting fitur Space Race anda, Pada bagian ini anda akan melihat setting

  • Teams, jumlah team, Auto assign, untuk pilihan team siswa oleh guru atau student choice bila siswa memilih team sendiri
  • Pilih Icon yang tersedia
  • Atur kuis anda 

Klik start bila sudah selesai.

Membagikan Kuis ke Siswa
Klik menu Rooms, anda akan melihat rooms yang anda kelola, sebagai contoh, nama rooms dalam pembelajaran saya adalah "BAHAR6648".

Bagikan nama rooms tersebut ke siswa- siswa anda untuk mengerjakan kuis yang sudah dibuat.

Login Siswa
Instruksikan siswa untuk membuka website Socrative, https://socrative.com, login sebagai siswa.
Siswa tidak perlu membuat akun untuk login, masukkan nama rooms yang sudah guru berikan tadi lalu klik Join

Masukkan nama siswa dan mulailah mengerjakan kuis. Siswa akan melihat tampilan kuis dan mulai bisa mengerjakan dengan mengeklik jawaban yang benar, submit ketika sudah selesai.
Baik jawaban benar atau salah, akan muncul notifikasi jawaban benar atau salah (sesuai dengan setting yang sudah guru atur tadi dalam pembuatan soal).
notif jawaban salah
notif jawaban benar

Siswa akan melihat notifikasi selesai saat sudah menyelesaikan mengerjakan tugas.


Mengelola laporan
Saat siswa sedang ataupun selesai mengerjakan, maka anda akan melihat tabel live report. Klik finish bila sudah selesai.
Maka anda akan melihat laporan tentang kuis yang sudah dikerjakan oleh siswa.
Laporan bisa dikirim melalui email atau diunduh dalam format Excel.

Oya, Socrative juga tersedia di PlayStore Android juga, jadi siswa dapat mengerjakan kapan saja melalui gawai mereka.

Menarik bukan? lupa bagikan pada rekan- rekan guru bila artikel ini berguna bagi pembelajaran anda. Tuliskan melalui komentar bila ada pertanyaan atau kesulitan mengenai tutorial Socrative diatas.

Terima Kasih dan selamat berkarya... 

2 comments: