Thursday, November 21, 2019

Mencoba Learning Management System (LMS) Canvas dalam Mengelola Pembelajaran

Berbicara tentang learning management system (LMS) dalam pembelajaran, pastilah kita akan menunjuk salah satu LMS terbaik yaitu Canvas.  Canvas merupakan salah satu platform pembelajaran berbasis aplikasi yang menyediakan dan memfasilitasi fitur- fitur dalam pembelajaran berbasis e-learning untuk menciptakan pengalaman belajar unik yang tentu saja intuitif bagi siswa. 
WWW.AHZAA.NET
LMS Canvas

Kelebihan Canvas adalah kemampuannya dalam mengintegrasikan konten pembelajaran dari pengguna lain. Guru atau instruktur dapat mengintegrasikan template dan materi kelas melalui aplikasi internal mulai dari tugas, PR maupun ujian.

Nah pada tulisan kali ini saya akan mencoba menyampaikan sedikit tutorial dasar tentang aplikasi Canvas untuk pembelajaran berbasis e-learning dimulai dari membuat course, mengelola tugas, menambahkan anggota, dan sebagainya.  

Untuk memulai Canvas, kunjungi  https://www.instructure.com/canvas
Sign Up akun bila anda belum pernah memulai sebelumnya, isikan secara lengkap data- data yang disediakan.

Mulai Membuat Course
Langkah pertama memulai Canvas adalah memuat Course. Course ini berfungsi sebagai kursus (course) anda yang mencakup berbagai fitur pembelajaran di dalamnya untuk dimanfaatkan.

Pada menu Dashboard, pilih Start a New Course, 


Isikan Course name (nama course) anda lalu Create Course


Pada Course "Bahasa Inggris", anda akan menemukan berbagai macam menu. Berikut keterangan lengkapnya,
  • Announcement, Anda dapat melihat semua pengumuman program studi melalui halaman ini. Anda juga dapat membuat pengumuman dan mengubah pengaturan pengumuman.
  • Assignments, Anda dapat melihat semua tugas kursus Anda di halaman ini. Anda juga dapat menambahkan grup tugas, membuat tugas, dan mengubah pengaturan tugas. Anda juga dapat memesan ulang tugas dan grup tugas.
  • Discussion, halaman ini memungkinkan Anda untuk melihat semua diskusi dalam suatu kursus. Anda juga dapat menambahkan diskusi dan mengubah pengaturan diskusi.
  • Grades, Membantu guru atau instruktur dengan mudah melihat dan memasukkan nilai untuk siswa. Bergantung pada jenis tampilan nilai, nilai untuk setiap tugas dapat dilihat sebagai poin, persentase, lengkap atau tidak lengkap, skala IPK, atau nilai huruf.
  • People, menunjukkan siswa yang terdaftar dalam kursus anda. Anda bisa menambahkan anggota course anda melalui menu ini.
  • Pages, melalui menu ini, anda dapat melihat semua halaman pada course anda.
  • Files, menu ini memungkinkan anda untuk menambahkan file dengan fitur upload. Secara default, setiap kursus memiliki ruang penyimpanan 500 MB di Canvas (untuk akun Guru Gratis dibatasi hingga 250 MB). 
  • Syllabus, halaman ini menunjukkan tampilan berorientasi tabel dari jadwal kursus, dan dasar-dasar penilaian kelas. Anda dapat menambahkan komentar, catatan, atau pemikiran lain yang Anda miliki tentang struktur kursus, kebijakan kursus, atau apa pun.
  • Outcomes, menunjukkan penguasaan siswa atas course anda.
  • Quiz, anda bisa membuat kuis atau bahkan menambahkan kuis melalui menu ini. Selain itu, kuis yang sudah anda buat akan ditampilkan pada menu Quiz.
  • Modules, menu ini mengontrol seluruh aliran program studi anda dan kontennya. Anda juga dapat menambahkan modul, menambahkan item ke modul, dan mengelola pengaturan modul. Anda juga dapat menyusun ulang semua modul dan item modul.
  • Conferences, Halaman ini memungkinkan anda untuk melihat semua konferensi dalam suatu kursus. Anda juga dapat membuat konferensi baru, memulai konferensi, dan mengelola konferensi. 
  • Collaborations,  Halaman Collaborations memungkinkan Anda untuk membuat kolaborasi untuk pengguna dalam kursus Anda. Anda dapat membuat kolaborasi baru, mengedit kolaborasi yang ada, dan menghapus kolaborasi.
  • Attendance, Fitur ini dapat mengonfigurasi alat absensi untuk memenuhi kebutuhan siswa anda. Akan tetapi, beberapa item tidak dapat dikonfigurasi sampai dengan kursus Anda diterbitkan dan siswa telah menerima undangan kursus.
  • Setting, pengaturan kursus yang kita buat.
Setelah membuat course dan mengenali fitur- fiturnya, langkah sederhana (basic) untuk memulai adalah mengelola course

Menambahkan siswa
Pada menu Course, pilih submenu People, maka akan muncul tampilan seperti berikut. Klik People pada bagian kanan atas (seperti ditunjukkan anak panah). Pada menu ini nama anda akan muncul, dengan peran (role) sebagai teacher.


Tambahkan melalui alamat email. Jika ada beberapa siswa dengan beberapa email, tambahkan koma.
Isikan nama, dan terakhir, add users


Anda akan melihat tampilan pada menu Course > People tentang data siswa yang anda daftarkan.

Status siswa akan "pending' selama mereka belum mengkonfirmasi undangan tersebut.

***Note : Konfirmasi akan diterima melalui email siswa setelah anda mempublish course yang sudah anda buat.
Inilah contoh dari email konfirmasi yang dikirimkan, pilih Get Started,
Klik accept untuk konfirmasi,
Setelah berhasil, maka status "pending siswa" akan berubah.

Membuat Assignments
Pilih submenu assignments pada menu Course, tambahkan assignments (add assignments).
Isikan nama assignments anda dan instruksi assignments anda
Atur assignments yang anda buat lalu klik save.


Membuat Kuis
Pilih Quiz, lalu pada bagian tampilan, klik add quiz
Pada bagian Details, atur kuis anda, baik nama, instruksi, aturan waktu, dan sebagainya.
Pada bagian Question, tambahkan pertanyaan, Klik New Question. Anda bisa memilih jenis pertanyaan, dalam contoh ini saya memilih soal tipe multiple choice. Silahkan isikan soal, pilihan jawaban, juga kunci jawaban. Tambahkan soal berikutnya dengan langkah yang sama.



Menarik bukan? Silahkan dicoba.

Itulah tutorial dasar mengelola Course pada Canvas, mungkin lain waktu akan saya sambung lagi mengingat masih banyak lagi fitur canvas yang bisa kita manfaatkan untuk menerapkan pembelajaran berbasis LMS  di dalam kelas kita. 

Punya info tambahan mengenai Canvas, atau pengalaman menggunakan Canvas sebelumnya, jangan sungkan menuliskannya di kolom komentar ya...

Salam.

No comments:

Post a Comment