Sunday, November 24, 2019

Rekomendasi 5 Buku Terbaik untuk Kemampuan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris

Dari empat kemampuan berbahasa Inggris, berbicara (speaking) merupakan keterampilan yang sangat sulit. Kemampuan berbicara (speaking) bahasa Inggris membutuhkan peran kita untuk berdisiplin dalam belajar dan berlatih terus menerus. Ada banyak cara yang bisa menumbuhkan keterampilan kita dalam berbicara bahasa Inggris, seperti mendengarkan podcasts untuk melatih pendengaran kata-kata, frase, atau kalimat bahasa Inggris, menonton film untuk memperoleh kosakata dan pelafalan kata yang baru, membaca lantang, atau mengikuti komunitas- komunitas berbahasa Inggris di lingkungan sekitar. 

Memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris tidak serta-merta instan dilakukan, membutuhkan proses dan usaha baik praktik maupun teori. Teori bisa bersumber dari mana saja, baik secara offline seperti buku atau daring seperti belajar melalui media sosial khusus belajar speaking. 

Pada posting kali ini, saya akan mengulas mengenai 5 rekomendasi buku terbaik untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. 

1. New English 900
NEW ENGLISH 900 merupakan buku belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Terdiri dari 6 seri, buku ini berisi materi dari tingkat studi awal hingga lanjutan. Isi atau konten dalam buku sangat relevan dengan kalimat-kalimat yang mencakup struktur dasar dan kosakata dasar bahasa Inggris. Contoh disajikan dalam bentuk dialog sebagaimana dituturkan oleh tokoh-tokoh dalam menggunakan bahasa Inggris sehari- hari untuk mengkomunikasikan pikiran, ide, dan perasaan mereka.

Setiap unit juga dilengkapi dengan soal- soal latihan yang menunjang penguasaan grammar dan penerapannya dalam percakapan sehari- hari. Menurut saya inilah buku yang tepat untuk belajar speaking dari dasar sampai dengan tingkat lanjut.

2. English in Everyday Life

Buku dari Stephen E.Brown dan Ceil Lucas terbitan Mc Graw Hill ini menurut saya cocok digunakan untuk mendalami kemampuan speaking khususnya English America. Buku ini terdiri dari 84 segmen interview dalam sepuluh bab yang berisi tentang topik kegiatan sehari- hari dalam penggunaan bahasa Inggris di Amerika. Setiap bab berfokus pada aspek yang berbeda dalam kehidupan sehari hari seperti kehidupan keluarga, olahraga, makanan dan sebagainya.

Format interview ditujukan untuk leih menekankan pada situasi yang terjadi sehari- hari. Dalam setiap interview, diberikan kosakata (vocabulary) dan struktur kalimat yang benar- benar dialami oleh pembicara dalam konteks situasi sehari- hari.

3.Conversational American English

Buku ini lebih ke bentuk list atau daftar ekspresi yang disusun lebih dari 5000 ungkapan dari 464 topik dalam percakapan sehari hari. Setiap topik dikelompokkan dalam 11 kategori. Melalui buku ini, kita akan mengenal berbagai ungkapan atau ekspresi yang sering digunakan dalam percakapan namun jarang ditemukan dalam buku kebanyakan seperti ungkapan yang bersifat idiom atau idiomatic.

4. Spoken English - Flourish Your Language

Buku ini merupakan buku teori bagaimana  berbahasa Inggris dengan benar khususnya dalam speaking. Buku ini terdiri dari beberapa bab yangmana setiap bab nya akan menjelaskan aspek-aspek dalam berbahasa Inggris. Juga diberikan keterangan dan contoh yang detail sehingga pembaca akan mudah mempelajarinya, sekalipun seorang pembelajar newbie. Dalam bab tongue twisters misalnya, akan dipelajari bagaimana berbicara bahasa Inggris secara benar dan lancar. Demikian juga dalam bab slang, dimana kita akan menemukan penggunaan bahasa Inggris dalam dunia sekarang.

Buku ini juga memiliki bab-bab menarik seperti kesalahan umum (common errors), yang mana akan membantu anda menghindari semua kesalahan yang biasanya dilakukan saat berbicara bahasa Inggris.

5. A Conversation Book : English in Everyday Life

Buku ini membantu dalam mengembangkan kelancaran percakapan. Terdiri dari dua seri yaitu seri 1 dan seri 2 dengan tingkat level yang berbeda. Pada seri 1 merupakan tingkat awal dalam pembelajaran dasar yang terdiri atas 10 unit topik kehidupan sehari- hari seperti makanan, belanja, dan pekerjaan. Pada jilid 2, terdiri atas kamus bergambar yang dikontekstualisasikan untuk memperkaya kosakata yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua jilid buku ini cocok diterapkan untuk anak- anak, siswa maupun pembelajar yang sedang memulai belajar speaking.

Penutup
Itulah rekomendasi 5 buku untuk kemampuan berbicara (speaking) Bahasa Inggris. Tentunya masih banyak lagi buku- buku yang relevan untuk belajar speaking. Nah, bila punya referensi buku lainnya, silahkan dishare di kolom komentar ya untuk kebaikan bersama. Sebagai tambahan, buku- buku tersebut sudah tersedia soft nya di beberapa website penyedia buku tertentu dan anda bisa mengunduhnya dengan mudah. Semoga dengan lima buku tersebut kemampuan speaking anda akan meningkat dengan pesat.

Salam sukses.

No comments:

Post a Comment