8/29/2018

Rekomendasi Buku Belajar Grammar Bahasa Inggris

Menguasai bahasa Inggris itu mempermudah langkah membuka jendela dunia. Bahasa Inggris merupakan bahasa global yang hampir separo populasi orang di dunia mempergunakannya pada  setiap kepentingan baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial, maupun politik. Pada intinya menguasai bahasa Inggris memiliki nilai tambah dalam banyak bidang tersebut. Penguasaan bahasa Inggris biasanya diukur berdasarkan level yang berbeda dimulai dari level beginner, elementary, intermediate sampai dengan advanced. Tata bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang paling sering dianggap sulit dengan banyaknya aturan dan rumus. Akan tetapi jangan berkecil hati terlebih dahulu. Saat ini banyak buku grammar yang diterbitkan untuk mempermudah penguasaan tata bahasa atau grammar kita.

Nah, pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai rekomendasi buku grammar untuk belajar bahasa Inggris baik dalam taraf beginner sampai dengan advanced.  Langsung saja, berikut rekomendasinya.

1. Basic English Grammar
Buku yang biasanya bersampul warna merah karya Betty Schrampfer Azar ini menampilkan pengantar untuk bentuk, makna, dan penggunaan struktur dasar dalam bahasa Inggris, serta pendekatan keterampilan yang mendorong kemampuan dalam berbicara, mendengar, menulis, dan membaca melalui berbagai macam latihan. Basic English Grammar menyediakan inti materi yang lengkap. Dilengkapi dengan latihan untuk memperdalam materi yang dipelajari. Buku ini cocok unuk para newbie yang baru belajar tata bahasa Inggris.

2. Fundamentals of English Grammar
Inilah seri lanjutan lain dari buku Basic English Grammar dengan warna sampul hitam. Hampir semua orang yang belajar grammar pasti mengenal buku ini karena banyak digunakan di berbagai kampus atau perkuliahan sebagai buku pegangan. Ciri khas buku Betty S Azar adalah bab dan materi grammar yang rinci serta dilengkapi dengan latihan yang mendasar. Inilah membuat buku ini begitu cocok untuk diterapkan sebagai pegangan belajar grammar. Untuk lebih mempermudah, saat ini tersedia versi berbahasa Indonesia nya dengan tidak menghilangkan esensi isi dari buku ini.

3. Understanding and Using English Grammar
Buku ini merupakan tingkatan lanjut dari seri lain buku Betty S. Azar dengan sampul warna biru. Dibanding kedua buku yang saya sebutkan diatas, seri buku ini lebih kompleks baik dalam materi maupun latihan. Untuk mempelajari buku ini alangkah baiknya mempelajari dua buku sebelumnya, yaitu Basic English Grammar dan Fundamentals of English Grammar.

4. English Grammar in Use
Buku seri grammar karya Raymond Murphy terbitan Cambridge ini sangat banyak digunakan untuk belajar grammar selain ketiga buku grammar karya Betty S Azar diatas. Seri buku English Grammar in Use juga terdiri dari tiga seri yaitu Elementary, Intermediate dan Advanced. Untuk menggunakannya bisa dimulai dari tingkatan seri elementary dilanjutkan tingkat intermediate dan advanced. Seri buku English Grammar in Use akan membimbing kita dari level Beginner  sampai dengan advanced.  Konten yang ada di dalamnya sangat jelas dan lengkap mengupas berbagai aturan tata bahasa Inggris. Plus dilengkapi dengan soal- soal latihan yang membimbing kita lebih memahami materi yang ada. Setiap penjelasan materi grammar dilengkapi dengan ilustrasi baik gambar atau konteks situasi dalam kehidupan sehari- hari. Itulah yang menjadikan buku ini mudah dipahami oleh pembelajar mandiri sekalipun.

5. Modern English: A Practical Reference Guide
Bagi pembelajar grammar tingkat lanjut, saya rekomendasikan buku ini sebagai bahan referensi untuk belajar tata bahasa. Buku ini sangat lengkap membahas materi- materi grammar khususnya bagi pembelajar yang sudah menyelesaikan  belajar grammar dasar. Materi- materi yang terdapat dalam buku ini membutuhkan pemahaman yang mendalam sehingga kurang cocok untuk level pemula.

Nah, itulah lima buku atau seri buku rekomendasi untuk belajar grammar bahasa Inggris. Tentu saja selain lima buku atau seri buku yang sudah saya deskripsikan tadi diatas, tentu masih banyak  buku- buku acuan belajar grammar lain yang efektif dan mudah dipelajari, maka jangan sungkan untuk berbagi ke pembaca yang lain, tuliskan di kolom komentar ya?

Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Buku khusus untuk belajar tenses gitu apa ya? Suka lupa tentang tenses tenses :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa memakai buku catatan sebagai rangkuman materi tenses melalui buku rujukan di atas, atau buku saku yang khusus membahas materi tenses. Bisa dicari di marketplace.

      Delete