Monday, December 16, 2019

Tutorial Cara Membuat Kuis di Learning Management System (LMS) Canvas

Ini adalah artikel lanjutan dari tutorial sebelumnya tentang pengenalan sekilas mengenai Learning Management System (LMS) Canvas. LMS Canvas memang belum sepopuler LMS lain seperti Moodle, akan tetapi, penggunanya semakin bertambah dengan beberapa fitur dan kemudahan yang selalu berkembang. Nah, Salah satu hal yang akan saya bahas dalam tulisan ini adalah mengenai bagaimana membuat kuis melalui LMS ini.

Saat membuat kuis, tentu ada syarat yang mesti dipenuhi lebih dahulu yaitu pembuatan Course. Saya harap saat ini anda sudah melalui dua tahapan sebelumnya yaitu register atau sign up dan membuat Course. Bila belum, anda bisa melihat pada posting saya sebelumnya tentang LMS Canvas dengan klik pada tag yang tersedia.

Adapun langkah-langkah untuk membuat kuis di Canvas adalah sebagai berikut ini,

Login ke akun Canvas anda, 
Pada Dashboard akun Canvas anda silahkan pilih menu Courses submenu Quizzes,Klik menu tambah Quiz (+ Quiz)

Akan muncul tampilan form pembuatan kuis, Mari langkah pertama kita atur dulu details dari kuis yang ingin dibuat. Pada menu details terdapat banyak setting yang mesti diisikan, berikut gambar beserta keterangannya dibawah.

  1. Isikan judul kuis
  2. Tulis instruksi kuis
  3. Pilih Grade Quiz
  4. Pilih Grade Assignment
  5. Centang untuk jawaban acak dan isikan batasan waktu mengerjakan soal.
  6. Pilihan untuk kesempatan mengerjakan kuis dengan pilihan penskoran untuk disimpan atau dikumpulkan dalam kesempatan tersebut.
  7. Pilihan untuk respon kuis terhadap pengerjaan kuis siswa
  8. Restriksi kuis, apakah membutuhkan kode untuk membuka kuis tersebut atau filter alamat IP untuk membuka kuis
  9. Pilihan peruntukan kuis, dengan pilihan tanggal dan batasan pengerjaan kuis.

Setelah mengatur details kuis, langkah selanjutnya adalah mulai untuk mengisikan kuis pada form yang tersedia. Klik questions untuk memulainya,


Pada form kuis, silahkan isikan pertanyaan, anda bisa mengcopy pertanyaan dari format microsoft word. Dalam hal ini saya ingin membuat form pertanyaan kuis pilihan ganda (multiple choice).

Isikan pilihan jawaban melalui form yang tersedia.

Pada setiap opsi jawaban, terdapat pilihan untuk kemungkinan jawaban yang benar (possible answer) dan response jawaban siswa
  1. Klik pilihan jawaban yang benar, sehingga tanda berubah dari possible answer menjadi correct answer.
  2. Klik untuk menuliskan respon pada jawaban siswa
  3. Tambahkan pilihan jawaban bila diperlukan, misalnya pada tingkat SMA, diperlukan lima opsi jawaban karena default system hanya tersedia empat pilihan jawaban saja. 
  4. Tambahkan pertanyaan baru melalui +New Question

Saat sudah selesai, klik save and publish, maka akan tampil resume kuis yang sudah anda buat. Klik preview untuk melihat tampilan kuis anda. Anda juga bisa mengedit kuis anda melalui menu edit yang tersedia.



Itulah Tutorial Cara Membuat Kuis di LMS Canvas, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang memakai LMS ini dalam institusi anda. Nantikan update tutorial LMS Canvas berikutnya.  

Salam.

No comments:

Post a Comment