3/24/2020

Tutorial Mengelola Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) dengan Google Classroom

Sejak pemerintah menetapkan darurat virus corona beerapa waktu yang lalu, masyarakat dihimbau untuk melakukan social distance, berdiam diri dirumah belajar dirumah maupun bekerja dirumah. Dunia pendidikan pun terkena imbasnya, baik siswa maupun guru harus melakukan pembelajaran jarak jauh dirumah masing- masing. Untuk menerapkannya, guru, dalam hal ini membuat sebuah kelas virtual yang di dalamnya terdapat siswa- siswanya terhubung antar satu sama lain. Dalam penerapannya, guru membutuhkan sebuah wadah berupa platform atau aplikasi. 

Ada banyak platform untuk membuat kelas virtual jarak jauh, salah satunya adalah Google Classroom. Nah, pada tulisan kali ini saya akan khusus mengulas mengenai bagaimana mengelola pembelajaran kelas virtual jarak jauh dengan Google Classroom.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut,

  • Buat dan masukkan siswa ke dalam Google Classroom. Bagi Anda yang baru pertama kali ingin mengaplikasikannya bisa melihat artikel saya disini 
  • Masukkan siswa Anda ke dalam Google Classroom yang sudah anda buat. Anda bisa melihat pada tutorial saya disini
  • Cek Kehadiran Siswa. Adapun caranya adalah Pada Dashboard Classroom Anda, pilih pada tab menu Tugas Kelas, Klik Buat lalu Pilih Pertanyaan.

  • Pada bagian pertanyaan, (1) isikan pertanyaan, (2) Pilih Opsi pertanyaan apakah singkat atau pilihan ganda, (3) Buat pertanyaan pilihan ganda untuk cek kehadiran, (4) Atur atau set untuk pertanyaan, (5) Klik Tanyakan. Seluruh siswa yang sudah Anda undang akan menerima pemberitahuan melalui tab ini. Siswa akan secara otomatis masuk ke dalam kelas saat mereka sudah login dan menerima pemberitahuan Anda.
  • Masukkan material yang ingin Anda lampirkan. Jangan hanya melampirkan tugas yang bersifat monoton atau membosankan seperti memberikan file print out untuk dikerjakan manual. Untuk membuat lebih menyenangkan, Anda bisa menggunakan platform pendukung untuk kelas virtual, seperti Quizizz, Kahoot, Quizlet, Edulastic dan sebagainya. Semuanya bisa Anda integrasikan ke dalam Google Classroom Anda.


Mudah Bukan? Silahkan berkreasi dan Jangan pernah menyerah untuk memberikan yang terbaik untuk siswa Anda.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment