Tuesday, June 16, 2020

Langkah Mudah Ekspor Soal dari Ms. Word ke Google Form dalam Pembuatan Soal Ujian

Salah satu sisi positif dari pembelajaran jarak jauh (distance learning) adalah pemanfaatan teknologi yang sifatnya wajib  dalam pembelajaran. Kebiasaan kita dalam mengajar secara tatap muka di kelas harus diubah menjadi pembelajaran daring yang semua aspek pembelajarannya bersifat jarak jauh. Beberapa platform sudah menyediakan beberapa fasilitas yang menunjang kelas jarak jauh. Kita tidak perlu repot- repot lagi mengelola karena semua serba dipermudah. Dari aspek pembahasan materi sampai penugasan bahkan ujian dapat dilakukan dalam satu platform. Sebut saja Google Classroom, yang menyediakan semua fasilitas tersebut. Melalui satu akun, kita dapat terintegrasi dengan beberapa produk Google yang bisa ditautkan melalui Google Classroom. 

Pada tulisan ini saya tidak akan membahas tentang penggunaan Google Classroom secara keseluruhan, karena praktik pembuatan dan pengelolaannya sudah saya tulis pada artikel sebelumnya. Pada tulisan ini akan saya bahas sedikit tips dalam penggunaan Google Form. Yap, Google Form dapat kita manfaatkan untuk pembuatan tugas dan  ujian bagi siswa.

Pada pembuatan kuis atau soal ujian biasanya kita mengisikan secara manual pada template yang tersedia pada Google Form. Ada tips yang menarik untuk teman- teman untuk mempercepat langkah pembuatan kuisnya. Kita akan ekspor soal yang sudah kita buat melalui Ms. Word ke dalam Google Form. Tentu saja ada beberapa hal yang kita perlukan. Kita manfaatkan satu instalasi add on untuk melakukannya.

Oke, berikut langkah- langkahnya,

Langkah pertama, Kita siapkan dulu sarana pendukungnya antara lain sebagai berikut :
  • Soal dalam format Ms. Word (.docx) 
  • Add on Doc to Form ; ketik saja add on Doc to Form. Pasang add on tersebut dengan klik install.  Lakukan instalasi sampai dengan selesai.
  • Buka Google Docs teman- teman dengan ketikkan docs.google.com
  • Kita cek dulu ya instalasinya, klik add on lalu pilih  Doc to Form. Kalau sudah muncul, berarti instalasinya sudah selesai ya teman- teman.





Langkah kedua,
Buka dokumen soal teman- teman dengan ctrl+ o atau klik File lalu pilih submenu open. Upload soal dari komputer teman- teman dengan memilih file soal yang diinginkan.


Klik Add on lalu pilih Doc to Form



Tampilan Add on akan muncul di sebelah kanan layar Docs teman- teman.


Copy kan soal ke dalam form yang tersedia (panah warna merah) lalu ubah tipe soal, terdapat beberapa pilihan. Dalam hal ini saya memilih soal sesuai dengan format soal saya yaitu soal multiple choice (pilihan ganda). Copy kan juga opsi pilihan ganda nya ke dalam form (panah warna biru). 


Ingat, setiap opsi pilihan yang sudah kita copy, ditambahkan titik yaa..(seperti tanda panah hitam). Klik Create Form bila sudah selesai.


Lakukan hal yang sama untuk soal- soal berikutnya. 
Suksess.. Form has been created.. Yuk dilihat hasilnya dengan klik View form


Inilah hasilnya...

Mudah Bukan?

**Oya teman- teman sebagai tambahan, lebih jelasnya tentang kebijakan penggunaan add on Doc to Form, teman - teman bisa baca keterangannya. Buka website nya di SINI,

Demikian teman- teman cara mudah Mudah Ekspor Soal dari Ms. Word ke Google Form, semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman- teman guru semua dalam membuat soal ujian daring..

Jangan lupa share tulisan ini ya teman- teman untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Semoga pandemi ini segera berakhir dan pembelajaran bisa berlangsung seperti sedia kala.
Amin.

Salam.

No comments:

Post a Comment