10/02/2021

Inilah Tips Memilih Penyedia Hosting Moodle terbaik untuk Situs Anda

Kemajuan besar dalam dunia teknologi pendidikan membawa banyak perubahan khususnya dunia pendidikan yang mulai berfokus pada e-learning sebagai sistem pembelajarannya. Ditambah lagi pandemi virus corona telah mendorong e-learning diterapkan di semua unit sekolah maupun universitas sebagai pilihan satu- satunya agar pendidikan tidak berjalan di tempat. Kebutuhan akan situs web learning pun naik secara signifikan. Nah, bila Anda ingin mengelola e- learning Anda dengan efektif dan mudah, Moodle merupakan salah satu pilihan yang mesti dipertimbangkan.

Gambar oleh WilliamsCreativity dari Pixabay 

Sejak dirilis pada tahun 2002, Moodle atau Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment merupakan salah satu platform learning management system (LMS) untuk kegiatan pembelajaran berbasis online (daring) terbaik saat ini. Melalui Moodle, guru dan siswa dapat berinteraksi pada sebuah wadah ruang kelas digital berbasis e-learning dengan fitur lengkap seperti masukan materi pembelajaran, kuis, jurnal dan lain sebagainya.

Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS) sehingga membutuhkan tempat untuk proses instalasi (hosting) nya. Dalam hal ini terdapat dua cara untuk menjalankan Moodle yaitu secara offline dan online. Secara offline, kita dapat menginstal Moodle melalui server dengan sistem localhost kemudian dihubungkan pada beberapa client. Kedua, secara online, pemasangan Moodle online memanfaatkan koneksi internet dan membutuhkan server VPS. 

Instalasi Offline Moodle
Instalasi offline Moodle cocok bagi anda yang ingin memulai belajar menggunakan Moodle. Anda hanya memerlukan aplikasi Moodle dan XAMPP. Aplikasi Moodle bisa diunduh melalui www.moodle.org, dan aplikasi XAMPP bisa melalui https://www.apachefriends.org. Pasang kedua aplikasi tersebut pada perangkat anda dan mulailah ber-Moodle secara offline. 

Instalasi Moodle pada Hosting Berbayar
Saat ini tersedia banyak pilihan hosting berbayar untuk instalasi Moodle. Kelebihan menggunakan hosting sendiri adalah keleluasaan mengembangkan lingkungan belajar yang lebih luas cakupannya dengan fitur- fitur yang tersedia seperti kebebasan memasang plugin yang up to date. Hosting Moodle saat ini banyak disediakan oleh penyedia- penyedia hosting yang menjadi partner Moodle. Untuk kepentingan yang lebih profesional, tidak ada salahnya memakai Hosting yang berbayar. 

Memilih secara Tepat Penyedia Hosting Moodle 
Sebelum anda melangkah dalam memutuskan Moodle sebagai situs pembelajaran Anda, alangkah baiknya bila mempertimbangkan beberapa hal berikut ini, 

Kapasitas dan Kebutuhan
Langkah awal sebelum Anda memutuskan dalam memilih hosting untuk Moodle adalah pertimbangkan terlebih dahulu tentang kebutuhan yang Anda perlukan. Kebutuhan akan berhubungan dengan kapasitas yang diperlukan untuk situs Anda. Kita pastinya tidak ingin website kita down gara- gara jumlah siswa mengakses dan menggunakan situs secara bersamaan. Oleh karena itu, pertimbangkan kapasitas yang memadai untuk situs Anda. 

Kompatibilitas
Hal kedua yang patut dipertimbangkan adalah masalah kompatibilitas. Faktor ini mencakup hal teknis dari Moodle misalnya versi Moodle yang digunakan atau hal teknis lainnya. Selain itu, pilihlah penyedia hosting Moodle yang menawarkan kemudahan dalam pemasanganya, seperti instalasi aplikasi sekali klik yang membuat pengguna tidak kesulitan atau ribet dalam menjalankannya. Anda bisa bertanya tentang hal- hal tersebut kepada penyedia hosting. 

Layanan
Inilah sebenarnya yang hal paling penting dalam memilih penyedia hosting. Pertimbangkan juga saat memilih hosting provider, adalah reputasi mereka dalam memberikan pelayanan, seperti proses layanan, kecepatan akses, maupun quick response mereka.

Kesimpulan 
Nah, Bagi Anda yang ingin menerapkan moodle untuk pembelajaran maupun ujian daring di sekolah dengan berbagai kriteria diatas, Anda bisa mencoba menggunakan Moodle instan dari JagoanHosting.com. JagoanHosting memberikan semua pelayanan tersebut diatas dengan baik. 

Itulah beberapa hal - hal penting terkait Moodle Hosting untuk situs Anda. Semoga tulisan ini sedikit membantu Anda semuanya yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan Moodle sebagai sistem pembelajaran online di kelas. Selamat Mencoba ...

No comments:

Post a Comment