6/21/2022

Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka

Halo sahabat Ahzaa, masih dengan Kurikulum Merdeka, kita lanjutkan lagi yaa setelah pada posting sebelumnya kita bahas tentang buku guru dan buku siswa Kurikulum Merdeka khususnya untuk kelas  1 dan 4 SD, sekarang kita bahas untuk kelas 2 SD. Kurikulum Merdeka  merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam hal ini guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. 

Photo by Aaron Burden on Unsplash

Ada yang berbeda pada jenjang SD, yaitu pelajaran IPA dan IPS yang dijadikan satu. Berdasarkan buku saku tanya jawab Kurikulum Merdeka dijelaskan bahwa hal tersebut dikarenakan mata pelajaran IPA dan IPS digabungkan menjadi satu pada jenjang SD karena anak usia SD cenderung melihat segala sesuatu secara utuh dan terpadu. Selain itu, mereka masih dalam tahap berpikir konkret/sederhana, holistik, dan komprehensif, namun tidak detail. Penggabungan pelajaran IPA dan IPS ini diharapkan dapat memicu anak untuk dapat mengelola lingkungan alam dan sosial dalam satu kesatuan. Selain itu IPAS mulai diajarkan di Fase B (kelas III) untuk menguatkan kesadaran peserta didik terhadap lingkungan sekitarnya, baik dari aspek alam maupun sosial.

Untuk jenjang SD kita tidak akan menemukan pelajaran keterampilan karena mata pelajaran tersebut untuk peserta didik jenjang SD telah terwadahi melalui mata pelajaran Seni. Tentang pendekatan tematik yang digunakan pada kurikulum sebelumnya, pendekatan tersebut tetap digunakan, namun tidak menjadi suatu kewajiban. Satuan pendidikan boleh menggunakan pendekatan lainnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya.

Selain hal- hal di atas berkaitan dengan perubahan dan perbedaan dengan kurikulum sebelumnya, Kurikulum Merdeka pasti akan membutuhkan penunjang dalam pembelajaran yaitu penggunaan buku teks.  Berkaitan dengan hal tersebut Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyiapkan buku pendamping untuk siswa dan guru setiap mapel untuk sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka yang tersedia untuk jenjang SD atau sedrajat, SMPA atau sederajat, SMA atau sederajat, dan SMK atau sederajat. 

Nah, mengawali tahun ajaran baru ini bagi teman- teman yang mengajar jenjang SD atau sederajat, bisa mempelajari dan memahami isi dari materi dalam buku- buku tersebut baik buku pegangan guru dan buku untuk pegangan siswa melalui tautan yang saya sediakan di bawah ini, 

Buku Guru dan Siswa  Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka

 Buku Guru   Buku Siswa
 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
 PPKn  PPKn
 Bahasa Indonesia  Bahasa Indonesia
 Bahasa Inggris  Bahasa Inggris
 Matematika Vol 1  Matematika Vol 1
 Matematika Vol 2  Matematika Vol 2
 Seni Teater  Seni Teater
 Seni Musik  Seni Musik
 Seni Rupa  Seni Rupa
 Seni Tari  Seni Tari

Demikian tentang Buku Guru dan Siswa Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kelas 2. Teman- teman bisa melakukan Download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka pada tautan link yang tersemat pada mata pelajaran atau tulisan mapel berwarna biru pada kolom tabel. 

Semoga Bermanfaat.  

No comments:

Post a Comment