7/18/2022

Rangkuman Materi dan Latihan Soal Materi IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Bab 1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi (Part II); Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi

Hai sahabat Ahzaa, mari kita lanjutkan lagi untuk belajar materi IPAS kelas 4 SD Kurikulum Merdeka bab 1 tentang Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi bagian kedua (part II) pada sub Fotosintesis, proses paling penting di bumi. Materi untuk bab pertama tersebut memang saya bagi menjadi beberapa bagian (part) untuk memudahkan dalam belajar. 

Nah, untuk bagian pertama bab 1, Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi sub bab Bagian tubuh tumbuhan sudah saya post di tulisan sebelumnya. 


Untuk bagian kedua (part II) ini kita akan bahas untuk sub bab kedua yaitu Fotosintesis, proses paling penting di bumi. Kita akan sejenak belajar tentang proses fotosintesis, bagaimana terjadinya, pentingnya bagi makhluk hidup serta hasil yang diperoleh dalam proses fotosintesis.

Gambar oleh jplenio dari Pixabay


Rangkuman materi ini juga akan menyajikan latihan soal untuk menguji kemampuan teman- teman dalam belajar materi fotosintesis. Baik, langsung saja yaa, berikut rangkuman materi dan Latihan Soal Materi IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Bab 1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi (Part II); Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi. 

Selamat belajar dan berlatih.
======================================================================================

1. Fotosintesis merupakan proses kimia yang terjadi pada daun tumbuhan yang melibatkan klorofil dan energi cahaya khususnya cahaya matahari untuk membuat makanan sendiri. Selama proses fotosintesis, klorofil dalam daun membantu mengubah karbon dioksida dan air menjadi produk oksigen dan glukosa. Dalam hal ini, glukosa bertindak sebagai sumber makanan penting bagi tanaman.

2. Fotosintesis terjadi di dalam sel tanaman yang disebut kloroplas. Kloroplas mengandung zat hijau yang disebut klorofil. Klorofil menyerap energi cahaya yang dibutuhkan untuk membuat fotosintesis terjadi. 

3. Tanaman mendapatkan karbon dioksida dari udara melalui daun, dan air dari tanah melalui akar, sementara Energi cahaya berasal dari sinar Matahari

4. Reaksi yang terjadi dalam fotosintesis adalah
  

5. Dalam proses fotosintesis, Gas seperti oksigen dan karbon dioksida diperoses melalui lubang-lubang kecil di bawah daun yang disebut mulut daun (stomata). Karbon dioksida berdifusi ke dalam sel-sel yang ditemukan di dalam daun untuk membantu melakukan proses fotosintesis, sementara oksigen dilepaskan dari sel-sel ini sebagai produk fotosintesis.

6. Oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesis dilepaskan daun ke udara. Kemudian glukosa yang dihasilkan dapat diubah menjadi zat lain, seperti pati dan minyak nabati, yang digunakan sebagai penyimpan energi. Energi ini dapat dilepaskan dalam proses respirasi.

7. Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan karena fotosintesis memberikan oksigen sebagai gas yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Oksigen sebagai produk fotosintesis, sangat diperlukan untuk proses respirasi. Tanpa fotosintesis, kehidupan akan berakhir, karena hampir setiap rantai makanan bergantung pada proses tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung. Produsen seperti ganggang, rumput laut, rumput dan fitoplankton semuanya membutuhkan fotosintesis untuk membuat makanan mereka sendiri. Fotosintesis membawa keseimbangan dalam ekosistem karena mengurangi konsentrasi karbon dioksida di atmosfer. Bersama dengan proses lain seperti respirasi dan pembakaran, ini dapat membantu menjaga kadar oksigen dan karbon dioksida di atmosfer.

8. Glukosa merupakan molekul yang berguna yang dibuat selama proses fotosintesis. Penggunaan awal untuk glukosa, ketika dipecah selama respirasi, adalah untuk melepaskan energi. Glukosa adalah molekul yang dapat diikat bersama untuk membuat banyak jenis karbohidrat termasuk selulosa dan pati (pada tanaman) dan glikogen (pada hewan). 

9. Tanaman hanya berfotosintesis dan mensintesis glukosa di siang hari ketika ada sinar matahari, tetapi mereka menggunakan glukosa untuk respirasi sepanjang waktu, termasuk pada malam hari.

10. Glukosa digunakan untuk membuat selulosa. Selulosa sebagai komponen utama yang ditemukan di dinding sel tanaman, memberikan kekuatan dan dukungan sel tanaman.

11. Kegunaan lain dari glukosa yang dihasilkan dari fotosintesis adalah untuk membuat pati molekul penyimpanan yang tidak larut. Sebagian besar tanaman termasuk beras, kentang, dan gandum menyimpan energinya sebagai pati. Pati juga merupakan polimer dan dapat diubah kembali menjadi glukosa oleh tanaman ketika dibutuhkan, misalnya pada malam hari untuk respirasi.

12. Glukosa juga dapat diubah menjadi lemak dan minyak seperti minyak zaitun. Lemak dan minyak juga digunakan oleh tanaman sebagai bentuk penyimpanan energi.

13. Glukosa yang diproduksi dalam fotosintesis dapat digunakan untuk membantu membuat asam amino. Asam amino ini digunakan oleh tanaman untuk mensintesis protein. Mineral seperti ion nitrat juga diserap oleh akar tanaman untuk membantu membuat asam amino ini. 

Sumber materi : https://www.bbc.co.uk/bitesize/topics/zvrrd2p/articles/zn4sv9q#z2sfp4j7

====================================================================================
Sebagai pelengkap materi di atas, berikut sudah saya siapkan latihan soal untuk menguji seberapa jauh penguasaan materi teman- teman atas materi fotosintesis tersebut. Latihan dapat dikerjakan secara online dengan skor pencapaian otomatis saat selesai mengerjakan soal.

Latihan soal materi fotosintesis saya letakkan pada halaman berikut >>>>>> Halaman 2

No comments:

Post a Comment