2/09/2023

6 Platform Learning Management System (LMS) untuk Sekolah Terbaik Tahun 2023

LMS merupakan software atau perangkat lunak yang dirancang untuk membantu individu mengembangkan, mengelola, dan menyediakan kursus serta program online atau virtual. LMS dipandang efektif untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memiliki fitur- fitur yang memungkinkan kita untuk  mengelola kelas, saling bertukar informasi, atau memberi umpan balik kepada siswa.

source : Pixabay

Saat ini tersedia berbagai macam platform  LMS yang dapat kita pilih baik yang sifatnya berbayar maupun yang sifatnya gratis. Keduanya tentu memiliki keunggulan dan kelemahan masing- masing. Perbedaannya hanya terdapat pada kelengkapan fitur yang tersedia. 

Nah, pada tulisan ini saya akan mengupas sepuluh platform Learning Management System (LMS) untuk sekolah terbaik tahun 2023. 

Google Classroom


Di masa pandemi yang lalu, Google Classroom menjadi sebuah platform kelas virtual yang sangat populer dan hampir sebagian besar sekolah menggunakannya. Sebagai kelas virtual, Google Classroom menyediakan tempat bagi siswa dapat berinteraksi, berkomunikasi, berdiskusi, dan bekerja bersama- sama dalam sebuah kelompok dalam sistem daring. 

Google Classroom sebagai sebuah Learning Management System (LMS) memberikan kemudahan baik guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Selain hal tersebut, Google Classroom juga memiliki keunggulan diantaranya sebagai berikut,

Gratis dan Mudah
Google Classroom merupakan sebuah layanan gratis sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakannya. Fitur Google Classroom pun mudah dan user friendly sehingga familiar bagi kita yang awam sekalipun.

Integrasi sistem. 
Google mengintegrasikan seluruh layanan, seperti Youtube, Gmail, Drive dan layanan lainnya hanya dengan satu akun. Kita dapat membuat atau merevisi dokumen dengan Docs, atau melampirkan dan menyimpan file dengan Drive. Satu akun kita akan saling terhubung antar layanan Google. 

Fitur assessment. 
Fitur Google Form memudahkan kita dalam membuat kuis dan ujian untuk diterapkan di kelas. Fitur ini akan terintegrasi dalam layanan lain seperti pengkoreksian dan pengumpulan data dari ujian yang dilakukan secara otomatis.

Form Pertanyaan. 
Google Classroom memberikan ruang bagi siswa untuk bertanya tentang apa yang mereka belum pahami dalam pembelajaran.  Guru pun bisa mengambil poin dari hal tersebut untuk dibuka dalam diskusi forum mengenai topik yang ditanyakan.

Schoology
Schoology merupakan salah satu platform Learning Management System (LMS) dengan integrasi sistem pembelajaran dalam jejaring sosial. Schoology memiliki fitur menarik seperti pengelolaan  kelas mapel, kelompok belajar maupun sumber belajar.


Schoology juga memiliki keunggulan lain  sebagai sebuah LMS antara lain 
  • Penggunaan alat sosial seperti ruang diskusi, posting blog, dan pengumuman
  • Sistem konfigurasi lanjutan untuk penilaian dan kuis seperti batasan waktu.
  • Penggolongan untuk kelompok kerja atau kelas tertentu;
  • Penyimpanan berbasis Cloud
  • Pemberitahuan melalui email dan SMS bagi para siswa
  • Tersinkron dengan Google Documents;
  • Penyampaian tugas dan pendistribusian secara online 
  • Pemantauan kehadiran berbasis web
Moodle
Moodle merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang ditujukan untuk kegiatan pembelajaran berbasis daring. Melalui Moodle, guru dan siswa berinteraksi pada sebuah ruang kelas digital berbasis e-learning yang di dalamnya kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal dan lain sebagainya.

Moodle banyak dimanfaattkan pada jenjang perguruan tinggi untuk mempermudah sistem pembelajarannya. 



Fitur Moodle
Berikut ini beberapa fitur Moodle yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran
  • Assignment. Fasilitas ini digunakan untuk memberikan penugasan kepada peserta pembelajaran secara online. Siswa dapat mengakses tugas dan mengumpulkan hasil tugas mereka dengan mengirimkan file hasil pekerjaan mereka.
  • Chat. Fasilitas ini digunakan untuk melakukan proses percakapan secara online. 
  • Forum. Guru dan siswa dapat berdiskusi melalui forum yang tersedia dalam Moodle
  • Survey dan Kuis. Fasilitas ini memungkinkan dilakukannya survey atau ujian  secara online.
  • Moodle mendukung paket pembelajaran dalam berbagai format misalnya bentuk teks, animasi, audio dan video. 
Sebagai tambahan catatan, Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS) yang membutuhkan tempat untuk instalasi, sehingga kita memerlukan Hosting untuk menginstal aplikasi tersebut. 

Saat ini tersedia banyak pilihan Hosting untuk instalasi Moodle dengan harga yang murah dan kompetitif, dan teman- teman bisa memilih yang gratis maupun berbayar. Mungkin teman- teman dapat mencoba hosting gratis dahulu untuk belajar menggunakan Moodle dan fitur- fiturnya. Namun dalam kepentingan profesional, tidak ada salahnya memakai Hosting yang berbayar. 

Berkaitan dengan tutorial Moodle dari tingkat beginner sampai advanced, teman- teman dapat bergabung pada forum Moodle yang para masternya siap membantu bila mengalami kesulitan.

Dokeos



Dokeos merupakan e-learning untuk aplikasi berbasis web. Dokeos merupakan free software yang direlease oleh GNU GPL dan pengembangannya didukung oleh dunia internasional. Sistem operasinya bersertifikasi yang bisa digunakan sebagai konten dari sistem managemen untuk pendidikan. Penggunaan Dokeos meliputi distribusi bahan pelajaran, kalender, progres pembelajaran, percakapan melalui text/audio maupun video, administrasi ujian, dan penyimpanan catatan.  Ada beberapa fitur dari Dokeos diantaranya Doekos Live, yang memungkinkan kita untuk menyiarkan, merekam, dan menyinkronkan kelas virtual dengan kursus pelatihan LMS Dokeos. Dokeos Live juga memberikan laporan statistik akan mencatat kehadiran peserta dan waktu yang digunakan. Dokeos Live dapat diakses melalui browser dan karenanya tidak memerlukan penginstalan perangkat lunak tambahan. Selain itu Dokeos juga memiliki fitur pengaturan dalam soal seperti membuat pertanyaan acak, pengacakan jawaban, dan pemilihan berdasarkan kategori pertanyaan. Siswa juga akan mendapat sertifikat secara otomatis begitu berhasil menyelesaikan pekerjaan mereka. 

ATutor

Screenshot ATutor


ATutor merupakan Learning Content Management System (LCMS) berbasis web open source. Fitur utama ATutor adalah kemudahan fitur dan kecepatan akses. Sebagai sebuah CMS, Atutor dapat diinstal atau diperbarui oleh administrator dalam beberapa menit. 

ATutor mulanya hanya menyediakan fasilitas untuk penulisan materi, upload materi ke server, pertugasan dalam kuliah, pembuatan bank soal, pengujian dan penilaian, serta fasilitas untuk komunikasi antar pengguna yaitu chating, forum, dan blog. Tetapi seiring berkembangnya waktu ATutor menyediakan modul tambahan seperti kalender yang berisi aktivitas peserta didik terkait dengan course yang diselenggarakan. 

Dalam pembelajaran, ATutor dapat berguna bagi guru karena dirancang semudah mungkin dalam mengembangkan konten pembelajarn berbasis web. Sistem ATutor juga memudahkan untuk mengimpor konten dan mengelola kursus secara online. 

Teknologi opensource ATutor memungkinkannya untuk digunakan oleh semua kalangan. Sekolah atau institusi dapat menampilkan materi pendidikan melalui web atau bahkan menyampaikan kursus secara online. Aksesibilitas yang mudah merupakan salah satu kelebihan dari ATutor. Teknologi ATutor memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi penuh dalam aktivitas sebagai pembelajar, instruktur, dan administrator yang sistemnya telah dirancang agar sesuai dengan standar aksesibilitas internasional.

Pengguna ATutor dapat menggunakan jaringan yang mudah dengan cara mengembangkan jaringan kontak atau dengan membuat grup minat dan mengajak pengguna lainnya untuk bergabung. Mereka dapat mengatur profil jaringan dan bahkan menghubungkan sejumlah aplikasi ke dalam sistem jaringan tersebut.

Seluruh pengguna dapat memanfaatkan fitur penyimpanan file pribadi mereka yang dapat dibagikan ke seluruh grup. Mereka dapat mengaktifkan fitur kontrol terkini untuk melacak draf atau mendeteksi setiap perubahan yang dilakukan pada dokumen.

Sebagai sebuah Learning Content Management System (LCMS), tentunya ATutor juga membutuhkan tempat untuk instalasi seperti halnya Moodle, sehingga kita memerlukan Hosting untuk menginstal aplikasi tersebut. Kita bisa menggunakan localhost dan hosting yang berbayar melalui penyedia hosting dan domain terkemuka. 

Canvas LMS
Canvas merupakan salah satu platform pembelajaran berbasis aplikasi yang menyediakan dan memfasilitasi fitur- fitur dalam pembelajaran berbasis e-learning untuk menciptakan pengalaman belajar unik yang tentu saja intuitif bagi siswa. 
WWW.AHZAA.NET
LMS Canvas

Kelebihan Canvas adalah kemampuannya dalam mengintegrasikan konten pembelajaran dari pengguna lain. Guru atau instruktur dapat mengintegrasikan template dan materi kelas melalui aplikasi internal mulai dari tugas, PR maupun ujian.

Saya pernah mengulas bagaimana tentang Canvas melalui artikel terdahulu yaitu mengenal Canvas LMS dalam mengelola pembelajaran. 


Kesimpulan
Nah, dari keenam LMS yang saya uraikan tadi, setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing. Kita bisa memilih mana yang tepat untuk kebutuhan kita sebagai guru. Ada alternatif LMS lain yang efektif? Tulis di kolom komentar yaa....

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Salam.

No comments:

Post a Comment