2/21/2024

Google Buka Beasiswa S1 Ke luar Negeri, Tertarik? Yuk, Intip syarat, Proses Daftar dan Caranya

Google melalui program The Generation Google Scholarship (EMEA) membuka kesempatan beasiswa bagi mahasiswa jenjang S1 untuk dapat mengembangkan kemampuannya dalam bidang ilmu komputer di luar negeri. 

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Program ini diperuntukkan khusus untuk perempuan dengan tujuan untuk menuntaskan pendidikan mereka khususnya dalam bidang ilmu komputer dan dapat menjadi leader atau pemimpin di bidangnya. Sebagai tambahan informasi, program ini juga terbuka untuk mahasiswa perempuan dengan kualifikasi minimum. 

Disitat dari laman Generation Google Scholarship (EMEA), mahasiswa yang lolos seleksi akan mendapatkan tanggungan biaya pendidikan sejumlah 7.000 EUR atau bila dikonversi dalam rupiah adalah sekitar 118 juta rupiah untuk tahun akademik 2024/ 2025. 

Syarat Pendaftar
Pendaftar yang akan melamar program beasiswa Google ini, harus memenuhi syarat, diantaranya sebagai berikut :
  1. Pelamar terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu program sarjana (S1) di universitas atau perguruan tinggi terakreditasi pada tahun akademik 2023/ 2024.
  2. Pelamar berniat untuk mendaftar sebagai mahasiswa penuh waktu dalam program Sarjana di universitas terakreditasi di Eropa, Timur Tengah atau Afrika untuk tahun akademik 2024/ 2025.
  3. Pelamar memiliki catatan akademis yang baik dan dapat memberikan contoh  kepemimpinan dan menunjukkan semangat untuk meningkatkan keterwakilan kelompok yang kurang terwakili dalam ilmu dan teknologi komputer. 
  4. Pelamar berminat Mempelajari ilmu komputer, teknik komputer, atau bidang teknis yang berkaitan dalam bidang tersebut.


Pada proses pendaftaran, pelamar akan diminta untuk melengkapi aplikasi online yang meliputi:
  • Informasi latar belakang umum, misalnya informasi kontak dan rincian tentang universitas Anda saat ini dan yang dituju
  • Resume atau CV
  • Transkrip akademik dari institusi saat ini
  • Jawaban atas pertanyaan esai jawaban singkat. Dua pertanyaan esai jawaban singkat ditujukan untuk menilai keterampilan pemecahan masalah dan komitmen pelamar terhadap keberagaman, kesetaraan, dan inklusi. Setiap pelamar dapat menanggapi tanggapan terhadap dua pertanyaan dengan esai lebih dari 500 kata atau kurang.
Adapun pertanyaan singkat tersebut adalah sebagai berikut :
a. Ceritakan pada saya saat Anda menghadapi masalah kompleks tanpa jalan keluar yang jelas. Jelaskan langkah-langkah yang Anda ambil untuk mendapatkan solusi secara rinci. Sumber daya dan solusi apa yang Anda pertimbangkan? Apa yang Anda pelajari dari pengalaman ini? Ingatlah bahwa ini bisa menjadi masalah yang Anda hadapi di sekolah, tempat kerja, kegiatan ekstrakurikuler, atau di rumah.

b. Dari pengalaman pribadi Anda, jelaskan hambatan yang menghalangi akses yang adil terhadap bidang teknologi. Menurut Anda apa yang menjadi akar permasalahannya? Tindakan apa yang telah Anda ambil untuk mengatasi ketidakadilan ini dan tindakan apa yang Anda rencanakan? Harap fokuskan setidaknya setengah dari tanggapan Anda pada tindakan yang telah Anda ambil. Ingatlah bahwa dampak dapat terjadi dalam berbagai cara dan pada skala yang berbeda-beda.

Dokumen yang diunggah
  • Resume yang menyertakan posisi kepemimpinan, kegiatan ekstrakurikuler, dan upaya keberagaman, kesetaraan, dan inklusi.
  • Transkrip terbaru (tidak resmi dapat diterima)

Pendaftaran program The Generation Google Scholarship (EMEA) dapat dilakukan sebelum tanggal 23 April 2024 atau ketika 500 tanggapan lamaran yang memenuhi syarat telah diterima. Informasi lebih lengkap, silahkan buka laman resmi penawaran beasiswa Generation Google Scholarship (EMEA) di  https://buildyourfuture.withgoogle.com/scholarships/generation-google-scholarship-emea

Selamat berjuang dan Semoga Bermanfaat

Salam.  

No comments:

Post a Comment