Halaman 2 --- Latihan Soal Materi UAS/ PAS Seni Budaya Kelas 11 SMA/ SMK Semester 1 Bab 9 Pertunjukan Musik Barat

Berikut lanjutan soal untuk nomor 31 sampai 50 dari Latihan Soal Materi UAS/ PAS Seni Budaya Kelas 11 SMA/ SMK Semester 1 Bab 9 Pertunjukan Musik Barat

31. Pernyataan yang tepat tentang musik pada zaman Yunani Kuno adalah ....
A. musik dianggap sebagai ciptaan dewa dewi 
B. musik memiliki kekuasaan ajaib yang dapat menempurnakan tubuh dan jiwa manusia serta membuat mukjizat dalam dunia alamiah
C. Orang Yunani Kuno sudah dapat memisahkan antara musik dan keagaaman 
D. pernyataan A dan B benar
E. pernyataan B dan C benar



32. Musik Yunani Kuno memiliki beberapa sifat- sifat tertentu, salah satunya adalah ....
A. musik Yunani Kuno bersifat monofonis dengan heterofoni pada saat alat- alat musik mengikuti suara
B. musik Yunani Kuno berkaitan erat dengan teks khususnya puisi yang menentukan penyusunan di dalamnya
C. adanya improvisasi meskipun  melalui  konvensi- konvensi bentuk dan gaya dengan melodi yang mendasar
D. pernyataan A dan B benar
E. pernyataan A, B dan C benar



33. Teori musik zaman Yunani Kuno yang masih berpengaruh dan berkembang hingga saat ini adalah ....
A. rumusan pembagian oktaff oleh Pythagoras
B. rumusan ide Harmoni dari Alam Semesta  yang populer di kalangan teori musik abad pertengahan
C. tetrakord karya Aristoxemus yang masih digunakan hingga saat ini
D. pernyataan A dan B benar
E. pernyataan A, B dan C benar



34. Musik Ibadah Dionysius merupakan salah satu aliran musik yang berkembang pada masa Yunani Kuno. Musik ini memiliki kecenderungan ....
A. dorongan spiritual
B. ketenangan
C. semangat kegemparan
D. kalem
E. agamawi



35. Berikut ini yang bukan merupakan karakteristik seni musik abad pertengahan adalah ....
A. seni musik monofonik yang mencapai puncak kejayaan
B. didominasi oleh musik gereja yang bersumber pada seni musik Yahudi
C. lahirnya alat musik tiup dari logam seperti trompet dan horn
D. penciptaan metoe menghafal nada oleh teoritikus musik asal Itali, Guido  de Arezzo
E. mulai diperkenalkan sistem notasi mensural yaitu notasi nada yang memperhitungkan panjang nada sesuai dengan proporsi



36. Penyajian lagu dengan 1 sampai 3 suara dengan iringan pada abad pertengahan dikenal dengan istilah ....
A. Discantus
B. Motet
C. Kanon
D. Madrigal
E. Balatta



37. Paduan suara yang dikenal seperti saat ini berakar dari penyajian nyanyian secara bersama- sama dengan 4 sampai 5 macam suara. Penyajian musik tersebut pada abad pertengahan disebut .... 
A. Discantus
B. Motet
C. Kanon
D. Madrigal
E. Balatta



38. Perkembangan musik pada masa Renaissance ditandai dengan beberapa hal, salah satunya adalah ....
A. dibangunnya sarana - sarana untuk pertunjukan musik
B. dukungan bangsawan yang berpendidikan yang membutuhkan hiburan berkualitas tinggi
C. pencetakan musik polifonik yang
mulai ada pada tahun 1501
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban A, B dan C benar



39. Bentuk musik sakral yang berkembang pada masa Renaissance adalah ....
A. frottola dan madrigal
B. misa dan motet
C. chanson
D. balatta dan kanon
E. madrigal dan balatta



40. Di bawah ini adalah variasi bentuk lagu- lagu instrumental pada masa Renaissance, kecuali ....
A. musik vokal yang dimainkan dengan alat musik
B. ansambel berdasarkan melodi- melodi yang sudah ada
C. penambahan nada- nada hias untuk mengiringi tarian
D. adanya musik tarian
E. komposisi berdasarkan irama tarian seperti bentuk ricercar, fantasia dan chanzona



41. Pernyataan yang benar tentang musik zaman barok adalah ....
A. seni musik zaman barok berkembang pada masa tahun 1600-an sampai dengan 1750-an
B. gaya musik zaman barok sudah mencapai kesempurnaan bermusik 
C. gaya musik zaman bbarok lebih teratur, jelas, dan eksentrik atau berlebihan
D. musik zaman barok berkembang seperti zaman- zaman sebelumnya
E. gaya musik zaman barok sejak awal diterima dengan musik yang sesuai perkembangan zaman pada masa itu



42. Di bawah ini adalah sajian musik yang tumbuh pada zaman barok, kecuali ....
A. lagu- lagu instrumentalia dengan cerita sejenis opera (suita)
B. permainan instrumentalia )sonata)
C. Toccata dan Prelude, karya bentuk bebas yang memakai banyak figurasi
D. hidangan musik agung (kuanta)
E. permainan solo dalam sajian musik simfoni (concerto) 



43. Musik zaman klasik berkembang pada tahun ....
A. 1500 sampai 1700
B. 1600 sampai 1750
C. 1750 sampai 1800
D. 1800 sampai 1850
E. 1800 sampai 1900



44. Salah satu reaksi terhadap zaman barok, pada zaman Klasik berkembang dua gaya yaitu gaya galan dan gaya sensitif. Berikut ini yang bukan merupakan karakteristik gaya galan adalah ....
A. bebas
B. mudah dimengerti
C. ornamentasi yang halus
D. diciptakan dalam komposisi yang berat
E. bertujuan untuk menghibur secara bermutu



45. Zaman Klasik memiliki ciri- ciri utama yaitu ....
A. pemakaian crescendo dan decrescendo
B. Pemakaian accelerando (mempercepat tempo) dan ritartando (memperlambat tempo) dalam penyajian musik
C. pemakaian nada- nada penghias yang bebas
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban B dan C benar



46. Di bawah ini komponis pada zaman klasik adalah ....
A. Johann Sebastian Bach
B. George Friederich Handel
C. Franz Joseph Haydn
D. C. Franck
E. Bruckner



47. Musik romantik masih mempertahankan bentuk musik klasik tetapi dengan perluasan dan perubahan. Hal tersebut tampak pada bentuk yang populer seperti ....
A. lagu piano singkat
B. lagu sastra simfoni
C. pemakaian akor trinada
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban B dan C benar



48. Musik yang memiliki ciri warna yang lebih tegas dan munculnya kesadaran nasionalisme merupakan karakteristik dari musik zaman ....
A. klasik
B. pertengahan
C. romantik
D. peralihan
E. modern



49.  Ciri paling penting dalam gerakan musik modern adalah sikap emansipatif, yaitu ....
A. pengembangan dari aliran musik zaman sebelumnya ke arah formal
B. mengedepankan kebebasan berekspresi
C. adanya kesadaran untuk lebih teratur
D. menumbuhkan kesadaran nasionalisme
E. menekankan pada karya yang romantis



50. Berikut ini yang bukan merupakan ciri dari musik abad modern adalah ....
A. munculnyya gaya impresionisme yang menimbulkan kesan kuat bagi pendengar
B. perubahan orkes- orkes ke arah ekonomis yaitu pemilihan ansambel- ansambel kecil
C. industrialisasi dalam segala bidang
D. sikap emansipatif dalam kebebasan berekspresi
E. populernya nyanyian paduan suara campuran dan musik piano 


No comments:

Post a Comment