Halaman 2 --- Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Seni Budaya Kelas 7 SMP/ MTs Tahun 2021/ 2022

 Berikut lanjutan soal untuk nomor 21 sampai dengan 40 pada Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Seni Budaya Kelas 7 SMP/ MTs Tahun 2021/ 2022.

=======================================================================================


21. Jenis musik ansambel dimana alat musik yang digunakan adalah untuk mengatur irama sebuah lagu merupakan jenis ansambel ....
A. ritmis
B. melodis
C. tradisional
D. harmonis



22. Alat musik Sasando adalah alat musik yang berasal dari daerah ....
A. Nusa Tenggara Timur
B. Sulawesi Selatan
C. Sulawesi Utara
D. Sulawesi Selatan



23. Berdasarkan penggolongan sumber bunyi, gendang, rebana dan drum termasuk dalam alat musik ....
A. akrofon
B. kordofon
C. membranofon
D. idiofon



24. Saat penari melakukan gerakan di tempat dia berdiri maka penari tersebut dikatakan melakukan gerak pada ....
A. ruang umum
B. ruang khusus
C. ruang pribadi
D. ruang publik



25. Gerak berjalan ke sekolah dimana durasi waktu tergantung dengan jarak yang ditempuh merupakan contoh gerak ....
A. estetis
B. fungsional
C. irama
D. artistik



26. Saat menari, penggunaan tenaga yang berhubungan dengan kualitas berkaitan dengan ....
A. kuantitas tenaga dalam tarian untuk menghasilkan tingkat ketegangan gerak
B. cara penggunaan dan penyaluran tenaga
C. kemunculan gerakan yang tiba- tiba dan kontras
D. besaran tenaga yang dikeluarkan dalam gerak tari


  
27. Berkembangnya seni tari dari luar negeri makin lama makin menggerus keberadaan tari tradisional Indonesia. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan keberadaan tari tradisional Indonesia adalah ....
A. memadukan gerakan tari dari luar negeri dengan tari tradisional Indonesia
B. menerima dengan sepenuh hati tarian dari luar negeri dengan membandingkannya dengan tarian tradisional Indonesia
C. mempelajari tari dari luar negeri karena lebih modern tetapi tidak meninggalkan tarian tradisional Indonesia
D. mempelajari tarian tradisional Indonesia dan melestarikan dengan mendukung setiap pertunjukannya karena merupakan warisan budaya nasional



28. Pengolahan pola lantai pada setiap penajian tari berbeda antar satu dengan lainnya. Pada pengolahan pola lantai tunggal pengolahan pola lantai dilakukan secara ....
A. individu
B. kelompok
C. berdua
D. bersama- sama



29. Perhatikan hal- hal berikut ini,
(1) Menggunakan tubuh manusia sebagai instrumen dan gerak sebagai mediumnya 
(2) Terkait dengan ruang, tenaga, waktu dan aliran 
(3) Terkait dengan ritme 
(4) Mempunyai bentuk dan gaya
(5) Alat komunikasi verbal
(6) Sedikit mengungkapkan emosi atau perasaan dan pikiran manusia 
(7) Terkait dengan budaya

Karakteristik gerak di dalam ruang waktu dan tenaga mencakup hal- hal yang ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) - (2) - (3) - (4) - (5)
B. (1) - (2) - (3) - (3) - (6)
C. (1) - (2) - (3) - (4) - (7)
D. (1) - (2) - (5) - (6) - (7)



30. Gerak tari dipandang sebagai alat komunikasi non verbal, maksudnya adalah ....
A. pesan komunikasi disampaikan secara tertulis
B. pesan disampaikan secara langsung
C. penyampaian pesan dilakukan melalui bahasa isyarat seperti bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata
D. komunikasi disampaikan melalui gaya dan intonasi tertentu



31. Salah satu maestro tokoh tari yang terkenal di Indonesia akan karya- karyanya adalah ....
A. Didik Nini Thowok
B. Sudjojono
C. Affandi
D. Raden Saleh



32. Pernyataan yang benar tentang fragmen adalah ....
A. Fragmen dimainkan dalam durasi yang singkat dnegan adegan inti dalam cerita yang singkat
B. Fragmen adalah kata lain dari pertunjukan teater
C. Fragmen dimainkan dengan menggunakan naskah drama yang cukup panjang dengan banyak babak ataupun adegan
D. Fragmen hanya dipentaskan dia atas panggung teater



33. Dalam arti luas, teater diartikan sebagai ....
A. segala tontonan yang dipertunjukan di depan banyak orang
B. cerita yang dipertunjukkan hanya untuk kalangan tertentu saja
C. tontonan yang berisikan kisah manusia ditampilkan di atas pentas
D. kisah kepahlawanan pada masa yang dipertunjukkan sebagai tontonan



34. Perwujudan peran sesuai dengan karakter yang diinginkan oleh naskah dan sutradara baik secara fisik maupun secara psikis disebut ....
A. peran
B. akting
C. laku
D. gerak



35. Bagi seorang aktor, peran yang dimainkan harus sesuai dengan tuntutan. Apabila peran tersebut dianggap berlebihan maka mengakibatkan ....
A. under acting
B. over acting
C. overestimate
D. underestimate



36. Berikut ini aspek yang diperlukan untuk menampilkan akting yang baik, kecuali ....
A. olah tubuh
B. olah rasa
C. olah mental
D. olah vokal



37. Salah satu tujuan dari latihan olah tubuh bagi seorang aktor adalah....
A. mendapatkan bentuk tubuh yang bagus
B. mendukung kemampuan dalam mewujudkan akting yang baik
C. membentuk kekuatan tubuh
D. melatih pemain agar memiliki sikap yang baik 



38. Pertentangan yang terjadi antara satu tokoh dengan tokoh lainnya baik yang bersifat pertentangan batin maupun fisik disebut ....
A. konflik
B. pertentangan
C. orientasi
D. reorientasi



39. Berikut pernyataan yang tidak benar berkaitan dengan naskah adalah ....
A. naskah merupakan salah satu bahan untuk bermain teater
B. naskah memuat alur cerita, plot tertulis,  karakter dan tokoh secara jelas
C. naskah dibuat masing- masing oleh aktor dalam pementasan
D. langkah awal dalam penyusunan naskah adalah menentukan tema



40. Perbedaan yang paling mencolok dari drama dengan karya sastra lainnya adalah ....
A. adanya dialog - dialog antartokoh
B. rangkaian cerita yang tidak tersambung
C. dialog sepotong- sepotong menyesuaikan adegan
D. dialog yang kurang sempurna 


No comments:

Post a Comment