Tuesday, February 23, 2016

6 Hal yang Diperhatikan Sebelum Daftar SNMPTN 2016

Info SNMPTN- Sahabat Ahzaa Media, tidak lama lagi pendaftaran Seleksi nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan resmi dibuka pada tanggal 29 Februari 2016. Tentunya dalam proses pendaftarannya, para siswa harus teregristasi dan diverifikasi terlebih dahulu melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebelum mendaftar melalui laman www.snmptn.ac.id. Nah, bagi anda yang sedang merencanakan mendaftar SNMPTN, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda mendaftar SNMPTN. 
1. Baca informasi secara cermat mengenai seleksi penerimaan SNMPTN.
Membaca informasi merupakan langkah yang sangat penting karena dengan adanya informasi yang lengkap mengenai SNMPTN, anda bisa mengetahui tentang proses atau tahapan SNMPTN dari pendataan sampai dengan pengumuman hasil seleksi dan verifikasi atau pendaftaran ulang di PTN masing- masing . Informasi secara resmi tentang SNMPTN adalah melalui laman www.snmptn.ac.id dan bila ada pertanyaan mengenai informasi lebih lanjut tentang informasi tersebut, anda bisa melihatnya melalui laman www.halo.snmptn.ac.id
2. Tentukan pilihan program studi dan urutannya
Ketika mendaftar SNMPTN tentunya anda harus sudah mempunyai gambaran tentang jurusan yang akan anda pilih sesuai dengan minat dan kemampuan anda karena hal tersebut akan menentukan karir ketika proses perkuliahan atau setelah lulus nanti. Jadi jangan sampai memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan bakat anda. 
Mengenai urutan program studi merupakan hal yang sangat penting sekali. Karena itu jangan sampai anda tidak diterima gara- gara salah strategi dalam meletakkan urutan jurusan. 
3. Perhatikan nilai program studi.
Nilai program studi berhubungan nilai rapor semester satu sampai lima yang diinputkan melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Dari nilai rapor tersebut maka akan dibuat pemeringkatan berdasarkan mapel- mapel tertentu yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Pemeringkatan sangat penting karena akan menentukan daya saing siswa yang mendaftar melalui jurusan yang sama dalam satu sekolah. Sebagai contohnya ketika salah satu siswa  A dan siswa B sama- sama mendaftar jurusan teknik elektro. Namun siswa B memiliki nilai yang lebih rendah dalam bidang matematika, fisika dan kimia. Meskipun jumlah total nilai siswa tersebut kalah dari siswa B, namun besar kemungkinan siswa A yang diterima karena unggul dari program studi sesuai dengan jurusan yang dipilih.
4. Perhatikan beberapa hal mengenai prediksi penilaian SNMPTN berikut ini.
Prediksi penilaian ini berdasarkan diskusi dan pengalaman dari berbagai pihak, namun bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam seleksi penerimaan antara lain sebagai berikut :
  • Jenis kelas dan akreditasi sekolah 
  • Nilai rapor semester satu sampai lima 
  • Peringkat parallel siswa
  • Prestasi siswa yang pernah dicapai
  • Rasio alumni yang diterima
  • Rasio alumni yang diterima atau yang mendaftar pada perguruan tinggi negeri tujuan siswa
  • Tren IPK alumni pada perguruan tinggi negeri
  • Track record sekolah  

5. Pesaing program studi yang sama di satu PTN dalam sekolah yang sama
Dalam hal ini anda harus jeli melihat adanya pesaing yang sama yang mendaftar program studi yang sama di satu PTN. Namun seperti dijelaskan pada poin nomor tiga tadi bahwa kemungkinan diterima bila anda mempunyai pesaing yang mendaftar program studi yang sama adalah dengan pemeringkatan mapel tertentu sesuai dengan program studi yang dipilih.
6. Ikutilah simulasi penerimaan SNMPTN pada beberapa bimbingan belajar tertentu.
Tidak ada salahnya bila anda mengikuti simulasi yang sering diselenggarakan beberapa bimbingan belajar tertentu di kota anda karena dengan hal tersebut bisa mengetahui kemungkinan anda diterima sesuai dengan program studi yang anda pilih. 

Demikian informasi dari kami tentang 6 hal yang harus diperhatikan sebelum mendaftar SNMPTN tahun 2016. Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda dalam memilih dan mendaftar SNMPTN. Semoga sukses.