Media Info Belajar

Friday, February 19, 2016

Cara Mudah Belajar Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek dalam bahasa Inggris yang sangat penting. Penguasaan grammar dalam bahasa Inggris akan memudahkan anda dalam penguasaan keterampilan anda berbahasa seperti reading, speaking, listening dan writing. Sehingga mau tidak mau ketika kita ingin belajar bahasa inggris, kita juga harus menguasai grammar. Banyak orang berpendapat bahwa grammar sangat menarik khususnya ketika mereka menemukan aturan- aturan baru yang belum didapat sebelumnya dan kemuadian mengerjakan setiap latihannya untuk memperkaya wawasan. Namun sebagian orang berpendapat bahwa grammar merupakan sesuatu yang membosankan karena ada banyak aturan ketika berkomunikasi. 
Bagaimanapun kita tidak bisa lepas dari grammar bila ingin mempelajari bahasa Inggris. Dalam setiap kalimat atau pembicaraan grammar selalu digunakan sebagai aturan tentang bagaimana menggunakan bahasa dengan baik. Tanpa aturan tersebut, maka kita tidak akan bisa berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris. 
Nah, dari hal itulah muncul pertanyaan bagaimana cara mudah mempelajari grammar? Secara umum, bahasa merupakan sesuatu yang sangat "complicated" atau bisa dibilang rumit tetapi masih bisa dipelajari. Bila kita membuka website atau membaca buku- buku tentang grammar, pastilah kita menemukan hal yang berkaitan dengan grammar. Dan berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempermudah pembelajaran grammar anda.
Mulailah dengan kebiasaan
Cara yang pertama adalah mulailah dengan kebiasan kita dalam bahasa Inggris. Beberapa orang berpendapat bahwa bahasa Inggris bisa dipelajari dengan mudah bila kita sering- sering menggunakannya (English is habit). Anda bisa membaca artikel dalam bahasa Inggris maka lama kelamaan anda akan terbiasa dalam menggunakan bahasa Inggris.  Cara ini sangat efektif karena kita bisa melihat model grammar  yang benar sehingga bisa diterapkan dalam bahasa lisan maupun tulisan.
Pelajari hal- hal dasar
Berikutnya adalah pelajari beberapa hal dasar dalam bahasa Inggris khususnya tentang tenses, kata kerja, frase, klausa, kalimat dan seterusnya. Hal ini sangat penting karena bisa meningkatkan pengetahuan kita dalam grammar.
Manfaatkan sarana 
Selain hal tersebut diatas, manfaatkan sarana yang ada disekitar kita misalnya smartphone, laptop, atau tablet, karena ada banyak metode belajar yang menarik dari sarana tersebut seperti game atau media belajar baru.
Manfaatkan kamus
Jangan pernah alergi dengan kamus terutama bila kita menemukan kata- kata yang sulit dan tidak tahu artinya. 
Banyak latihan 
Latihan merupakan aspek yang penting dalam mempelajari grammar. Tentunya jangan takut untuk membuat kesalahan- kesalahan yang terjadi ketika anda mengerjakan latihan grammar. Sebagai contoh adalah ketika kita sudah belajar secara teori tentang bagaimana menendang bola dengan baik, dan ketika dihadapkan pada situasi yang nyata bisa saja kita tidak bisa menendang bola sesuai dengan teori yang sudah dipelajari, maka banyak latihan akan menentukan keberhasilan mempelajari grammar.
Praktikkan
Mulailah praktik membuat susunan kalimat dengan benar. Pada awalnya mungkin masih banyak kesalahan, namun jangan pernah menyerah dan praktikkan secara terus menerus. Mulailah membuat kalimat yang paling sederhana.
Demikian informasi sederhana kami tentang cara mudah belajar grammar bahasa Inggris, semoga bisa membantu anda dalam belajar bahasa Inggris khususnya grammar. Terima kasih.