Saturday, March 26, 2016

Mau Daftar PKN STAN, Yuk Ketahui Tahapan Tes Apa Saja yang Harus Dilalui

Sekolah kedinasan merupakan salah satu tujuan utama bagi lulusan SMU atau sederajat yang ingin melanjutkan keperguruan tinggi. Peminat dari sekolah kedinasan semakin banyak dari tahun ke tahun. Beberapa waktu lalu pemerintah sudah mengumumkan tujuh sekolah kedinasan yang dibuka pada tahun ini salah satunya adalah PKN Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Berdasarkan informasi yang diumumkan dari laman resmi menpan tentang tujuh LPID (Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas) yang mulai dibuka tahun 2016 ini, PKN STAN menerima kuota calon mahasiswa terbanyak pada tahun ini yakni 3650  siswa. Dengan banyaknya kuota calon mahasiswa PKN STAN, maka peluang diterima juga akan terbuka lebar.
Pada umumnya, seleksi masuk ke sekolah dinas memang berbeda dengan masuk ke perguruan tinggi negeri. Pada sekolah kedinasan, calon peserta harus melalui beberapa tahapan tes atau ujian, demikian juga seleksi penerimaan di PKN STAN yang juga harus melalui beberapa tahapan tes atau ujian. Nah, pada tulisan berikut ini kami akan memberikan informasi tentang tes apa saja yang diujikan dalam seleksi penerimaan mahasiswa atau Ujian Saringan Masuk (USM) PKN STAN tahun 2016 ini. 
1. Tes Tertulis
Tes tertulis ini bermaterikan Tes Potensi Akademik dan tes Bahasa Inggris. Pada tahun ini sesuai dengan pengumuman dan jadwal seleksi, tes tertulis PKN STAN tahun 2016 ini akan berlangsung pada tanggal 15 Mei 2016 di berbagai lokasi di Indonesia. Untuk lebih jelasnya adik- adik bisa melihat lokasinya pada situs resmi PKN STAN. Ujian tertulis akan mengukur kemampuan anda dalam bidang akademis dan kemampuan anda dalam bahasa inggris. Tes Potensi Akademik merupakan tes yang diujikan mengukur keberhasilan seseorang dalam bidang akademik. Biasanya tes ini digunakan juga dalam seleksi penerimaan pegawai, kenaikan pangkat, perekrutan karyawan dan masuk ke perguruan tinggi negeri. (Baca Juga : Mengenal Tes Potensi Akademik dalam Sekolah Kedinasan). Adapun materi dalam tes potensi akademik adalah tes gambar, tes angka, tes logika, dan tes verbal, ditambah dengan tes tertulis mapel bahasa Indonesia dan Matematika. Dalam tes bahasa Inggris, calon peserta didik akan diuji kemampuan bahasa Inggrisnya seperti Structure and Written Expression , Error Recognition dan Reading. Bila melihat proporsi jumlah soal pada tahun yang lalu, yaitu tes potensi akademik dan tes bahasa Inggris berjumlah 180 soal dengan rincian tes potensi akademik 120 soal dan tes bahasa Inggris 60 soal dengan total waktu 150 menit. 
2. Tes Kesehatan dan Kebugaran
Dalam tes kebugaran dilaksanakan sesuai dengan jadwal pada tanggal 30 Mei 2016 sampai dengan 4 Juni 2016. Tes kesehatan dan kebugaran biasanya dilaksanakan dengan menguji calon siswa berdasarkan kesehatan dan kebugaran mereka. Adapun serangkaian pemeriksaannya adalah meliputi pemeriksaan darah, urine, tensi, rontgen, buta warna, ketahanan fisik, kesehatan paru-paru, gigi, dan sebagainya. Berdasarkan informasi dari sahabat Ahzaa Media yang sudah diterima di PKN STAN pada tahun lalu, salah satu ketahanan fisik pada uji kebugaran adalah lari sebanyak minimal lima kali keliling lapangan.  
3. Tes Kemampuan Dasar (TKD)
Tes kemampuan dasar (TKD) pada PKN STAN tahun 2016 ini merupakan tes tahap ketiga dari serangkaian ujian. Tes Kemampuan dasar dibagi menjadi tiga bentuk yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berisikan materi yang berhubungan dengan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai empat pilar kebangsaan Indonesia, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Sedangkan Tes Intelegensi Umum (TIU) bentuk tesnya hampir sama dengan Tes Potensi Akademik (TPA), yaitu bertujuan menilai kompetensi seseorang dalam hal kemampuan verbal, numerik, logika, dan analisis. Pada Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisikan soal dengan materi pengenalan karakter, kepribadian, dan tingkat emosional calon siswa.   
Nah, dari ketiga tahapan ujian diatas yang perlu diperhatikan adalah sistem ujian menggunakan sistem gugur pada setiap tahapannya, artinya bagi yang tidak lolos pada tahapan pertama, maka secara otomatis akan gugur atau tidak dapat melanjutkan pada tahapan ujian berikutnya. Maka adik- adik, silahkan persiapkan semuanya dari sekarang dan jangan lupa berdoa untuk kesuksesan dan kelancaran dalam setiap ujian yang akan dilaksanakan. Demikian informasi dari kami, semoga bisa memberikan gambaran tentang bentuk tes atau ujian yang akan dilalui dalam proses Ujian Saringan masuk (USM) PKN STAN tahun 2016. Harapan kami semoga sukses. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami.