Wednesday, March 23, 2016

Mengenal Tes Potensi Akademik dalam Ujian Seleksi Masuk Sekolah Kedinasan

Tes Potensi akademik (TPA) merupakan tes yang digunakan untuk mengukur kemungkinan keberhasilan seseorang untuk melanjutkan jenjangnya dalam dunia kerja, akademik, dan jabatan. Tes Potensi akademik (TPA) saat ini menjadi tes standar penyaringan dari beberapa instansi, perusahaan, perekrutan karyawan, penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri, dan pada saringan ujian masuk ke sekolah kedinasan. Pola tes Potensi Akademik (TPA) diadopsi dari tes Graduate Record Examination (GRE) dan Graduate Management Admission Test (GMAT) yang menjadi standar internasional dalam menguji kecerdasan seseorang.
Ilustrasi Tes
Untuk meraih kesuksesan dalam Tes Potensi Akademik (TPA), latihan merupakan hal yang utama dalam mempersiapkan tes potensi akademik (TPA). Dengan banyak berlatih, anda akan menjadi familiar dengan berbagai jenis dan tipe soal, sehingga kemampuan menganalisa akan semakin terasah dan tajam.  Selain itu penguasaan trik- trik Tes Potensi Akademik (TPA) juga berpengaruh dalam penyelesaian dengan ketepatan waktu. 
Secara umum, tes potensi akademik (TPA) mempunyai empat bentuk soal yaitu tes verbal atau bahasa, tes angka, tes logika, dan tes gambar. 
Tes verbal mengukur kemampuan seseorang dalam bidang kata atau bahasa. Penguasaan kemampuan bahasa sangatlah penting karena akan menunjang terhadap karir atau posisi seseorang dalam suatu instansi. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata (analogi verbal), dan tes pengelompokan kata. latihan secara terus menerus akan membuat anda terasah kemampuannya.
Tes numerik (angka) berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam bidang angka dengan tujuan lebih berfikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmatika, seri (deret), logika bilangan, dan logika matematika.
Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes analisa kesimpulan dan pernyataan (silogisme), tes logika formal, dan tes logika cerita.
Tes spasial (gambar) berfungsi mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini berisi tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.
Nah, sahabat Ahzaa Media, Tes Potensi Akademik (TPA) seperti pada deskripsi diatas merupakan salah satu tes yang diujikan dalam ujian seleksi masuk perguruan tinggi khususnya pada sekolah kedinasan. Cara menguasai tes tipe ini adalah dengan banyak berlatih untuk mengetahui pola dan trik - trik mengerjakannya. Dan bagaimana dengan adik- adik yang mau meneruskan ke sekolah kedinasan, sudahkah mempersiapkannya? Kalau belum, silahkan persiapkan dari sekarang ya...
Sekian Terima Kasih. Salam.