Friday, April 8, 2016

Sepatah Kata Setelah Ujian Nasional SMA dan SMK

Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA atau SMK memang sudah berakhir. Sebagian siswa mungkin mengalami perasaan bahagia dan cemas yang bercampur jadi satu. Bahagia karena sudah menuntaskan puncak dari perjuangan selama berbulan- bulan dalam mempersiapkannya. Dan perasaan cemas juga bergelayut karena menantikan hasil dari pengumuman Ujian Nasional (UN). Tentunya menjadi hal yang sangat memuaskan bila disertai dengan hasil yang baik dalam pengumuman kelulusan nanti.
What's next
Nah, kemudian apa yang harus dilakukan setelah Ujian Nasional (UN) berakhir? Rencana apa yang harus dilakukan untuk menatap masa depan nantinya?
Berbagai pertanyaan akan muncul ketika Ujian Nasional (UN) sudah berakhir dan keputusan yang tepat harus diambil demi kebaikan dimasa depan. Hal yang paling penting disini adalah masa setelah Ujian Nasional (UN) merupakan awal dari tantangan hidup yang sebenarnya. Jadi, bagi kalian yang mungkin suka berpesta atau berhura- hura setelah ujian, hal itu bukanlah saat yang tepat untuk merayakannya. Mending beristirahat sehari dua hari sambil merenungkan apa yang harus dilakukan dan jangan lupa memohon petunjuk Allah Yang Maha Kuasa jalan yang terbaik bagi kita.
Masa setelah UN adalah masa tenggang yang berlangsung agak lama sekitar satu bulan sampai tanggal pengumuman, bagi kamu lulusan SMA atau SMK yang ingin melanjutkan kuliah, masa setelah UN menjadi momentum mempersiapkan diri menghadapi jenjang selanjutnya ke perguruan tinggi. Manfaatkan waktu dan persiapkanlah semuanya dengan baik karena hal tersebut akan menentukan masa depanmu. Dan ingat, masa depanmu hanya ditentukan oleh dirimu sendiri bukan oleh orang lain. Mungkin kamu bisa memikirkan cita- cita atau keinginan apa yang ingin kamu capai selama ini kemudian  memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat dan kemampuanmu. 
Namun bila kamu belum mampu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi karena alasan biaya ataupun yang lain, janganlah berkecil hati, berfikirlah secara bijak bahwa hal itu bukanlah penghambat cita- citamu karena dengan keinginan yang kuat maka suatu saat kamu pasti akan diberikan kesempatan untuk bisa melanjutkan sekolah lagi. Mungkin untuk saat ini kamu bisa ambil kelas kursus atau mengambil beberapa pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah seperti pada Balai Latihan Kerja (BLK) terdekat. Dan carilah informasi sebanyak- banyaknya tentang peluang kerja atau usaha bagi yang belum mampu melanjutkan kuliah tahun ini. 
Akhirnya, demikian sepatah kata setelah Ujian Nasional (UN), semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua. 
Salam sukses.

Sumber gambar : http://educationindiaonline.blog.com