Media Info Belajar

Thursday, January 26, 2017

Yuk Coba Buat Story Telling Digital melalui Virtual Tour dengan Webtool Ini

Hai Sahabat Ahzaa, selamat datang di blog kami kembali. Pada posting kali ini saya akan mengulas mengenai sebuah Web Tool untuk membuat story telling digital dengan menggunakan salah satu tool dari Google yaitu Google Earth Tour Builder.  Bagi teman- teman yang belum tahu mengenai Google Earth Tour Builder dan penggunaannya bagi pembelajaran di sekolah,berikut sedikit ulasannya.

Google Earth Tour Builder adalah sebuah tool yang dapat digunakan untuk membuat tur virtual dan penjelajahan tempat- tempat yang dikunjungi diseluruh dunia. Dalam pembelajaran di kelas, alat ini bisa kita gunakan untuk membuat sebuah tur virtual berdasarkan pengalaman siswa- siswa di kelas. Sebagai contoh, kita bisa memberikan tugas siswa kita untuk membuat dan menceritakan pengalaman saat mereka liburan, atau  kegiatan study tour di tempat-tempat yang mereka kunjungi. Kemudian tugas tersebut dapat dipresentasikan didepan kelas melalui proyek tur virtual yang mereka buat.

Selain itu tool ini juga memungkinkan untuk dapat merancang tur lokasi manapun yang diinginkan, Dan untuk melengkapi cerita atau tur virtual, Google earth Tour Builder juga  memperkaya tur dengan fitur penambahan data multimedia pada proyek yang dibuat misalnya foto, klip video dan teks. Dalam pembelajaran, Google Earth Tour Builder dapat diaplikasikan pada mata pelajaran bahasa Inggris, bahasa Indonesia, Sejarah dan mapel lain yang relevan.

Dan untuk melengkapi ulasan saya tentang Google Earth Tour Builder, berikut akan saya berikan sedikit tutorial penggunaannya.

Pertama, kunjungi website-nya di www.tourbuilder.withgoogle.com, buat akun Google anda ( bila anda belum mempunyai akun Google sebelumnya), atau bagi yang sudah mempunyai akun, langsung saja Create Tour


www.ahzaa.net

Kemudian, Isikan judul atau nama tur dan nama anda sebagai pembuatnya

www.ahzaa.net

Isikan deskripsi singkat dari tempat yang anda kunjungi pada kotak "tell the story". Isian isi bisa berupa deskripsi tentang tempat yang anda kunjungi.
www.ahzaa.net

Pilihlah opsi tipe cerita anda. Secara default, opsi yang digunakan adalah 3D. Sesuaikan warna untuk menandai tempat yang anda kunjungi.
www.ahzaa.net

Set peta anda pada "advanced options"
www.ahzaa.net

Tambahkan lokasi tur anda dengan memilih "add location". Anda bisa menambahkan foto dan video, menampilkan deskripsi singkat tentang tempat yang anda kunjungi.
www.ahzaa.net


Anda bisa membagikan projek yang sudah anda buat kepada anggota kelas anda untuk mempermudah saat presentasi proyek anda.
www.ahzaa.net



Selamat Mencoba,