1/09/2017

Bingung Cari Aplikasi atau Webtool TTS (Text-To-Speech) Terbaik, Yuk Coba Aplikasi Pengubah Teks Menjadi Audio Berikut Ini

Hi sahabat, selamat datang kembali di blog Ahzaa ini. Pada tulisan ini saya akan membahas mengenai aplikasi atau program untuk merubah teks menjadi audio atau yang lebih dikenal dengan program Text-To-Speech (TTS). Biasanya program ini diperlukan oleh teman- teman guru bahasa Inggris yang ingin membuat soal- soal atau membuat latihan - latihan untuk keterampilan listening. Sebenarnya ada banyak sekali program Text-To-Speech (TTS) baik berbayar maupun gratis, namun disini saya hanya akan membahas dua saja yaitu program Balabolka dan Webtool TTS yang disediakan oleh Acapela Box.
sumber gambar : http://combiboilersleeds.com
Nah langsung saja, aplikasi dan website apa saja yang menyediakan fasilitas untuk mengubah format teks menjadi format audio, simak ya ulasan berikut ini.

1. Balabolka

Balabolka adalah salah satu program Text-To-Speech (TTS) terbaik untuk mengubah format teks menjadi audio.
Program ini menggunakan berbagai versi  Microsoft Speech API (SAPI) yang memungkinkan untuk mengubah parameter suara, termasuk tingkat dan pitch. Anda dapat menerapkan daftar substitusi khusus untuk meningkatkan kualitas artikulasi suara. Fitur ini berguna bila Anda ingin mengubah ejaan kata-kata. Aturan untuk koreksi pengucapan menggunakan sintaks ekspresi reguler. Balabolka juga dapat diinstal dengan mudah di laptop atau komputer anda. Dan format audio yang dihasilkan bisa disimpan dengan format WAV, MP3, MP4, OGG or WMA. Namun, karena merupakan aplikasi gratis, hasil dari konversi audio juga tidak semaksimal aplikasi yang berbayar mahal. 

2. Acapela Box
Acapela Box merupakan website penyedia konversi teks ke audio dengan menggunakan  kualitas Text- To- Speech yang baik.
Anda tinggal mengcopy-kan file teks anda ke dalam box yang tersedia kemudian konversikan menjadi format audio yang anda inginkan seperti WAV dan MP3. Anda bisa memilih suara baik laki- laki maupun perempuan berdasarkan umur atau usia mereka. Namun sayangnya, webtool ini berbayar, jadi anda harus membayar untuk mendapatkan fasilitas premium. Dengan fasilitas premium, tentunya fitur- fitur akan dapat digunakan semuanya, tanpa terbatas. Tapi bagi anda yang belum punya uang, ada cara yang bisa anda lakukan, yaitu dengan memanfaatkan fitur demo yang disediakan yaitu dengan sign up dan dapatkan fitur demo dari fitur premium secara gratis. Untuk mendownload fitur audio dari Acapela Box, anda bisa menggunakan fitur download atau melalui downloader anda seperti IDM.

Demikian program dan website penyedia Text-To-Speech (TTS) terbaik saat ini, semoga bisa membantu teman- teman yang membutuhkan. Bila ada pertanyaan mengenai tulisan atau artikel ini, bisa langsung melalui kolom komentar di bawah.

Terima kasih.





No comments:

Post a Comment