Friday, September 20, 2019

Membuat Kuis Interaktif Berbasis Web dengan Hot Potatoes

Hot Potatoes merupakan sebuah tool yang memungkinkan anda membuat latihan pembelajaran khususnya kuis berbasis web interaktif. Dengan output HTML dan JavaScript, kuis dapat diterapkan dalam berbagai platform browser internet. Selain itu aplikasi ini juga memudahkan anda untuk mengolah data latihan  seperti pertanyaan, jawaban, tanggapan, dll. hanya dengan langkah mudah tanpa ribet mempelajari bahasa pemrograman. Secara otomatis aplikasi ini akan membuat halaman web untuk anda, sehingga kemudian dapat mengunggahnya ke server website anda.

Ada enam program (lima program basic dan satu tambahan program) yang disediakan oleh Hot Potatoes antara lain, 
  1. JQuiz, Program untuk menyusun materi latihan yang terdiri dari empat jenis, antara lain: Pilihan ganda (multiple-choice), short answer, Hybrid (Kombinasi dari pertanyaan multiple-choice dan short-answer) dan Multi-Select.
  2. JMix, (jumbled-sentence exercises) Program untuk membuat latihan menyusun kalimat
  3. JCross, (crossword puzzles) Program untuk menyusun materi dalam bentuk teka-teki silang
  4. JMatch, (matching or ordering exercises) Program untuk membuat latihan dengan model menjodohkan.
  5. JCloze, (gap-fill exercises) Program untuk menyusun latihan dalam bentuk rumpang kalimat (fill in the blanks exercise).
  6. The Masher, Program yang didesain untuk me-manage beberapa isi latihan/soal dari 5 jenis program diatas dengan mengkompilasi beberapa jenis latihan di Hot Potatoes. The Masher juga dapat digunakan untuk mengunggah halaman web yang tidak dibuat dengan Hot Potatoes ke server www.hotpotatoes.net.
Untuk membantu anda dalam menggunakan aplikasi ini, berikut ini tutorial Hot Potatoes yang bisa anda cermati satu persatu langkahnya, semoga membantu, 

Langkah Pertama, anda perlu menginstal program tersebut ke dalam perangkat komputer anda,, silahkan download program tersebut melalui link website hot potatoes, kemudian instal program tersebut. Disini saya mencoba menggunakan Hot Potatoes 7.0 versi  beta yang mendukung HTML-5 dalam sumbernya.

Langkah Kedua, memilih mode kuis
  • Sesudah instal maka akan muncul tampilan pertama dari aplikasi Hot Potatoes dengan enam pilihan aplikasi yang sudah saya sebutkan diatas. Pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan anda. 
  • Dalam hal ini, saya memilih JQuiz, karena saya akan membuat kuis dengan model soal pilihan ganda.
  • Isikan judul latihan anda, kemudian mulailah isikan pada soal dan pilihan jawaban. Klik salah satu pilihan yang menjadi kunci jawaban dan tambahkan feedback di dalamnya. 
  • Anda bisa menyisipkan baik gambar, link, tabel, maupun objek media seperti file video atau animasi melalui menu Insert.
  • Untuk mengatur pertanyaan, anda bisa melalui menu Manage Questions, lalu pilih opsi yang anda butuhkan, misalnya saja untuk mengacak urutan pertanyaan dengan submenu shuffle.
Langkah ketiga, output hasil, Hot Potatoes memberikan keleluasaan untuk output hasil kuis yang kita buat dalam berbagai format baik dalam format Web Page, ZIP Package, maupun SCORM 1.2 Package. 

Web Page
Saat data anda sudah siap, dengan konfigurasi yang sudah diatur, Anda dapat membuat halaman web dengan memilih menu File > Web Page> Standard Format.
Namai dan simpan file anda dalam format .htm, dan buka file anda melalui browser yang tersedia pada perangkat anda. Berikut tampilan dalam browser anda.
Format Hot Potatoes menggunakan perintah yang sama untuk membuat file HTML. Anda dapat memposting file ini di server Anda, dan latihan akan muncul saat dimuat. Akan tetapi format lain akan terinput bila anda pada langkah pertama tadi memilih mode kuis seperti  JMix atau JMatch. JMatch memiliki dua tipe output lain yaitu, flashcard, yang dapat anda gunakan untuk membiarkan siswa Anda berlatih atau menghafal sesuatu sebelum menanyai mereka di atasnya, dan yang lainnya adalah bentuk drag and drop. Sedangkan JMix juga memiliki format drag-and-drop seperti halnya JMatch.

ZIP Package 
Output ini berguna saat anda telah memasukkan gambar atau file media lain ke dalam latihan. File media mungkin berada di folder yang berbeda dari file data asli atau halaman web Anda. Untuk membuatnya lebih mudah anda dapat membuat satu paket dalam format zip menggunakan format ini.

SCORM 1.2 Package
Output SCORM 1.2 Package memungkinkan anda untuk dapat mengupload hasil dari kuis anda ke dalam LMS yang anda kelola, seperti Moodle, Blackboard dan Sakai. Saat anda memilih opsi output ini, maka anda akan menerima paket SCORM dengan file zip yang berisi sekumpulan file seperti file sejumlah latihan  dalam format file .htm, gambar- gambar atau sumber daya lain yang diperlukan untuk latihan (aset), File manifes berekstensi imsmanifest.xml, yang mencantumkan semua latihan dan aset. 

Paket SCORM dirancang untuk membuat konten yang dapat dibagikan (shareable content); dengan kata lain, ini memungkinkan Anda untuk menempatkan latihan Hot Potatoes ke dalam Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) anda. Ketika Anda mengunggah paket SCORM ke sistem LMS yang tentu aja mesti  kompatibel dengan SCORM 1.2, ia dapat membuka paket, membaca manifes, dan memahami untuk apa semua file lainnya. Fungsinya adalah dapat menyampaikan latihan kepada siswa, dan kemudian dapat menerima semua informasi yang dikirim latihan kembali kepadanya seperti skor, dll.

Menarik Bukan?
Nah silahkan coba mode kuis lainnya dari Hot Potatoes untuk mengetahui fitur- fitur menarik lainnya. 

Selamat Mencoba dan tuliskan penegalaman anda menggunakan Hot Potatoes melalui kolom komentar di bawah. Semoga Bermanfaat.

Salam,

No comments:

Post a Comment