Tuesday, December 17, 2019

Cara Mudah Mengintegrasikan Quizizz dengan Google Classroom

Quizizz adalah sebuah web tool untuk membuat kuis interaktif dalam pembelajaran online di kelas. Penggunaannya sangat mudah, dengan hanya men-setting kuis interaktif anda sesuai dengan kebutuhan misalnya dengan pengaturan jumlah pilihan jawaban,  background layar, serta pengaturan pertanyaan, anda akan mendapatkan tampilan dan kualitas kuis interaktif yang sangat menarik. 

Fitur Quizizz selalu berkembang, salah satunya yaitu fitur integrasi Quizizz dengan google Classroom. Kita tahu, Google Classroom sebagai suatu wadah untuk kelas berbasis e-learning dengan bermacam fasilitas seperti kuis, pengumuman, online learning, dan sebagainya. Dengan tambahan fitur tersebut akan memperkaya konten dan membuat fitur Classroom anda lebih menarik lagi.

Bagaimanakah caranya, berikut ini langkah- langkah mudah untuk memulainya,

Buat kuis melalui Quizizz seperti biasa sampai dengan tahapan akhir, sampai pada halaman untuk selenggarakan game, pilih Game Langsung atau Pekerjaan Rumah.


Anda akan mendapatkan kode bergabung kuis tersebut. Pilih "berbagi melalui"

Akan muncul pop up yang menunjukkan berbagai aplikasi yang tersedia untuk berbagi. Pilih Google Classroom.


Atur settingan  Google Classroom pada notifikasi yang muncul.


Saat notifikasi berikut ini muncul, maka anda sudah berhasil mengintegrasikan Quizizz dan Google Classroom.


Terakhir, Buka Google Classroom anda, dan pengumuman secara otomatis muncul di beranda kelas. Ketika siswa anda mengklik tautan pada beranda kelasnya, mereka akan diminta untuk masuk dengan akun Google menuju kelas mereka dan siap untuk mengerjakan tugas tersebut.



Menarik bukan?
Silahkan integrasikan Google Classroom anda dengan aplikasi- aplikasi yang menarik untuk memperkaya konten kelas anda. Penutup, jangan lupa untuk membaca artikel- artikel saya pada rubrik tekno guru di blog ini. Semoga guru Indonesia semakin maju...

Semoga Bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment