1/02/2019

Tips Memilih Bimbingan Belajar yang Tepat di Pergantian Semester

Libur akhir semester sudah berakhir dan sudah mulai masuk awal masuk semester genap. Kegiatan sekolah pun sudah mulai berjalan dengan segudang aktifitasnya. Inilah saatnya bagi para siswa untuk menerapkan strategi belajarnya. Ada beragam pilihan belajar bagi siswa, memilih belajar sendiri ataupun mengikuti proses tambahan belajar melalui bimbingan belajar.

Ngomong- ngomong tentang bimbingan belajar, ada banyak pilihan yang bisa diambil seiring dengan menjamurnya bimbel saat ini. Memilih bimbel pun tidak boleh sembarangan, harus selektif  disesuaikan dengan kebutuhan dan keefektifan belajar siswa.

Nah, berikut ini ada bermacam tips yang bisa diterapkan untuk memilih bimbel yang tepat sesuai dengan kebutuhan belajar. 
6 TIPS MEMILIH BIMBEL YANG BAIK

Sistem Pembelajaran - Hal yang pertama yang menjadi pertimbangan dalam memilih bimbingan belajar yang baik adalah dengan memperhatikan layanan- layanan pendidikan termasuk sistem pembelajaran yang disediakan oleh lembaga bimbingan belajar yang dipilih. Sistem pembelajaran tersebut meliputi kurikulum, implementasi dan proses pembelajaran, kompetensi, target & parameter output. Bimbingan belajar yang baik pasti akan sesuai dalam sistem pembelajarannya terhadap kurikulum dari dinas pendidikan nasional.

Layanan Pendidikan - Setiap bimbingan belajar pasti memberikan layanan pendidikan yang baik bagi siswa- siswanya. Dalam hal ini pilihlah bimbingan belajar yang memiliki layanan yang tepat bagi siswa misalnya layanan yang terintegrasi dalam sistem pembelajarannya. Layanan - layanan tersebut meliputi informasi perkembangan belajar, evaluasi rutin dan berkala, pendampingan khusus, problem solving, dan sebagainya. Layanan pendidikan yang baik menunjukkan profesional dari manajemen bimbingan belajar.

Fasilitas Bimbingan Belajar - Fasilitas dalam lembaga bimbingan belajar merupakan hal yang sangat penting karena akan mendukung perkembangan belajar anak selama di lembaga bimbingan belajar.  Fasilitas - fasilitas yang memadai meliputi modul, kelas yang nyaman, jumlah maksimal siswa dalam satu kelas, akses teknologi seperti internet dan lain- lain. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, bimbel- bimbel yang profesional pasti menyesuaikan dengan hal itu, misalnya, dengan memberikan fasilitas pembelajaran kelas online, tes online, maupun sistem raport online.

Tentor yang berpengalaman - Tentor di lembaga bimbingan belajar adalah komponen yang penting di bimbingan belajar. Mereka bertugas menyampaikan materi kepada siswa. Tentor menjadi ujung tombak dalam bimbel. Bimbingan belajar yang baik pasti akan merekrut tentor- tentor yang berpengalaman membantu siswa dalam belajar. Biasanya ciri- ciri tentor yang baik adalah komunikatif, cerdas, humoris, dan yang terpenting adalah pandai dalam menyampaikan materi sesuai dengan kondisi siswa.

Metode Belajar - Pada prinsipnya metode belajar masing- masing bimbel hampir sama, yang membedakan adalah julukan atau nama metode yang dipilih. Tujuan utama metode belajar dalam bimbel adalah membantu siswa belajar khususnya menyelesaikan soal atau tugas secara tepat dan cepat. Bimbel yang baik pasti menggunakan metode belajar yang sesuai dengan konteks yang dihadapi siswa misalnya siswa tidak hanya diberikan rumus secara cepat, tepat, namun juga dijelaskan proses dalam rumus tersebut, jadi pada intinya pemahaman akan materi adalah yang nomor satu.

Character Building - Bimbingan belajar merupakan lembaga pendidikan non formal di luar sekolah. Meskipun lembaga bimbingan belajar adalah lembaga pendidikan non formal, bisa dikatakan bahwa lembaga bimbingan adalah salah satu stakeholder dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu peran lembaga bimbingan belajar dalam pendidikan adalah salah satunya bersama- sama ikut mencetak generasi yang berkarakter. Maka, lembaga bimbingan belajar yang baik pasti menanamkan pendidikan karakter di dalamnya. 

Demikian tips memilih bimbingan belajar yang baik. Semoga bisa membantu adik- adik atau orang tua yang sedang memilih lembaga bimbingan belajar yang tepat.

Salam.

No comments:

Post a Comment