Tuesday, February 25, 2020

Rekomendasi Jurusan SMK yang Sesuai dengan Era Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 menuntut siswa SMK harus memiliki kompetensi sesuai pasar kerja untuk memenuhi kebutuhan daerah, nasional, maupun internasional. Pada dasarnya revolusi industri 4.0 merupakan sebuah perubahan besar menuju ke era digital yang lebih maju. Bidang pekerjaan yang mungkin sekarang ini belum ada, akan muncul beberapa tahun ke depan.


Jurusan SMK terpopuler
smk bisa !
Berkenaan dengan hal tersebut diatas, inilah beberapa rekomendasi jurusan SMK yang cocok untuk era revolusi industri 4.0

1. Teknik Permesinan
Program keahlian Teknik Pemesinan (TPmembekali siswa tentang keterampilan dalam bidang perencanaan dan pembuatan mesin perkakas industribaik menggunakan mesin manualmaupun mesin berbasis komputer (CNC).

Seiring dengan era industrialisasi 4.0, jurusan ini sangat pas dalam mencukupi kebutuhan dalam dunia industri. Dunia industri yang tumbuh secara signifikan akhir- akhir ini membutuhkan banyak tenaga ahli dalam bidang permesinan untuk merawat, memelihara ataupun menggunakan berbagai macam alat atau mesin yang tersedia.

Peluang kerja lulusan jurusan ini adalah pekerjaan sebagai teknisi mesin, dalam pelbagai bidang pekerjaan seperti memproduksi barang, dan melakukan pekerjaan jasa pembuatan barang baik di perusahaan atau secara mandiri. 

2. Teknik Komputer dan Jaringan
Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan salah satu dalam rumpun Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mempelajari tentang ilmu komputer. Teknik Komputer dan Jaringan menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati siswa mengingat era global sekarang ini yang semuanya berbasiskan komputer. Dengan penguasaan ilmu komputer tentunya akan lebih mudah dalam menghadapi tantangan jaman.

Adapun yang dipelajari dalam jurusan TKJ adalah perakitan PC, perawatan PC, instalasi jaringan baik lokal maupun luas, merancang bangun dan administrasi sistem jaringan dan sebagainya.

Lulusan SMK jurusan TKJ memiliki peluang yang luas baik bagi siswa lulusan yang ingin melanjutkan ke jenjang lanjut yaitu kuliah maupun bekerja setelah lulus SMK. Ada banyak universitas atau sekolah tinggi yang membuka jurusan yang sesuai dengan jurusan ini. Sedangkan bagi siswa lulusan yang ingin bekerja, karir kerja bisa dimulai dari teknisi komputer baik di perusahaan maupun perkantoran.

3. Tata Boga
Industri pariwisata yang kian berkembang menjadikan dunia kuliner sebagai hal yang terpisahkan. Jurusan tata boga menjadi sebuah jawaban bagi tantangan jaman tersebut. Siswa lulusan SMK jurusan tata boga mempunyai prospek peluang kerja yang sangat luas. Mereka bisa bekerja di hotel atau restauran sebagai juru masak sambil mengembangkan ilmunya untuk bersekolah lagi ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu jurusan tata boga juga berpeluang menciptakan lapangan kerja sendiri dengan mengembangkan bisnis kuliner yang akhir- akhir booming. Dalam era Industri 4.0, tata boga  akan memadukan unsur teknologi di dalamnya, seperti pelibatan media sosial, desain grafis, dan sebagainya.

4. Multimedia
Bidang multimedia sangat dibutuhkan sekarang ini mengingat era global yang menuntut keterampilan pada bidang ini. Industri periklanan, pertelevisian, game development, animasi, blog, grafis, penyuntingan video banyak membutuhkan skill multimedia ini. Tentu saja keterampilan mesti ditingkatkan lagi dengan melanjutkan ke jenjang berikutnya.


5. Teknik Mekatronika
Teknik mekatronika merupakan perpaduan dari bidang mekanik dan elektronika. Jurusan ini relatif baru dibandingkan dengan jurusan lainnya. Teknik Mekatronika merupakan salah satu kompetensi keahlian dari rumpun teknik elektronika setelah Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi, dan Instrumentasi medik.

Seiring dengan revolusi industri 4.0, bidang teknologi akan senantiasa berkembang, perlahan-lahan, sumber daya manusia akan digantikan oleh root sehingga siapa saja yang menguasai kompetensi keahlian ini akan selalu dibutuhkan. Dengan keahlian ini, akan dapat dirancang alat- alat baru yang memudahkan kebutuhan manusia sekarang.

6. Rekayasa Perangkat Lunak
Jurusan ini masih dalam rumpun dengan jurusan lain yang relevan dengan perkembangan teknologi dan informasi seperti Multimedia dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Jurusan Rekayasa perangkat Lunak( RPL) merupakan sebuah jurusan di SMK yang berkutat pada masalah teknologi komputer yang mempelajari tentang perkembangan perangkat lunak pada komputer yang meliputi pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Jurusan ini berhubungan erat dengan pembuatan program, peng-coding-an, dan atau pembuatan web. Di jaman sekarang, jurusan ini sangat dibutuhkan mengingat banyaknya perusahaan startup- startup yang berkembang. Melalui keterampilan jurusan ini, beberapa tahun ke depan akan dikembangkan inovasi- inovasi baru yang mungkin sekarang ini belum ada.

Penutup
Itulah 6 jurusan SMK yang sesuai dengan revolusi industri 4.0. Dengan tidak mengesampingkan jurusan lainnya, jurusan inilah yang dirasa cocok untuk jaman tersebut. Tentu saja, masih banyak jurusan lain yang belum saya sebutkan disini. Ada tambahan jurusan yang dirasa cocok untuk revolusi industri 4.0, silahkan tuliskan pada kolom komentar ya..

Semoga sukses.
Salam.

No comments:

Post a Comment