6/11/2020

Mengenal Geogebra, Aplikasi untuk Membuat Pembelajaran Matematika Lebih Menarik

Geogebra merupakan salah satu program aplikasi pembelajaran matematika gratis yang mendukung beragam topik matematika untuk dipergunakan di sekolahPada awalnya GeoGebra dimanfaatkan hanya untuk pembelajaran aljabar dan geometri, namun pada perkembangannya banyak fitur-fitur baru yang kemudian ditambahkan dan lebih memperkaya fitur yang sudah ada. 

GeoGebra dapat dimanfaatkan pada beberapa topik yang relatif sederhana sampai pada materi yang cukup kompleks seperti matriks, vektor, trigonometri, statistika, kalkulus, geometri dimensi tiga dan lain- lain. Selain itu GeoGebra dapat digunakan secara online dalam pembelajaran dengan konekasi internet sehingga mendukung pembelajaran kelas digital teman- teman.

Lebih lanjut, langkah awal perkenalan kita dengan Geogebra, kita kenali dulu user interface nya. Disini saya menggunakan Geogebra offline versi 6.0.581.0 yang saya unduh dari Geogebra.org. Instal aplikasinya di laptop teman-teman lebih dulu untuk menggunakannya. Instal sampai selesai ya? Oya, terdapat perubahan pada tampilan Geogebra versi ini dibanding sebelumnya, but so far, tidak jauh beda kok penggunaannya.

Pada Dashboard awal tampilannya seperti ini, 



Terdapat beberapa panel, seperti graphic view untuk menampilkan objek dan grafik dari suatu fungsi, atau input panel, tempat membuat objek baru, persamaan- dan fungsi- fungsi. Construction Tool merupakan alat- alat untuk membantu membuat semua konstruksi persamaan, grafis, fungsi dan lain- lain. 

Menubar pada versi ini tidak ditampilkan, hanya menggunakan hidden menu. Untuk menampilkan, teman- teman bisa menuju ke pojok kanan atas, klik pada icon baris (empat baris) disebelah icon lup.
Tab Menu

Ubah Bahasa Default
Bahasa default aplikasi adalah bahasa Inggris. Kita ubah setting bahasa default-nya (bahasa Inggris) menjadi bahasa Indonesia. Langkahnya, teman- teman bisa menuju pada tab menu, lalu klik pengaturan. Pilih bahasa Indonesia (Indonesian). Mudah bukan?

ubah bahasa Geogebra

Mengenal Construction Tool
Pada menu Construction Tool, setiap item menu akan menampilkan submenu tool untuk membuat objek dan fungsi. Tidak akan saya bahas disini karena terlalu panjang, langsung eksplore saja ya? Silahkan manfaatkan menu ini sesuai kebutuhan.



Oke, langsung saja kita berlanjut ke contoh projek yaa, 

Membuat sudut dan poligon.
Pertama, kita hilangkan sumbu koordinatnya dulu, caranya, klik kanan pada salah satu sumbu lalu hilangkan centang pada sumbu- sumbu

Pilih Poligon pada Construction Tool


Pada area Grapihc View : buat segitiga dengan memilih tiga titik yang akan menjadi titik dari polygon. (klik titik kembali ke titik pertama sekali lagi untuk menutup poligon) 



Selesai..

Demikian perkenalan Geogebra untuk memudahkan pembelajaran Matematika. Masih banyak lagi fitur Geogebra yang bisa di eksplore lagi. Geogebra  online juga bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran jarak jauh (distance learning). Kunjungi Geogebra.org, daftar akunnya,  maka teman- teman akan menemukan bermacam- macam contoh pembelajaran matematika melalui Geogebra.

Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment