6/11/2020

Menggunakan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika Jarak Jauh (Math Distance Learning)

Pada post sebelumnya kita sudah sedikit berkenalan ya dengan aplikasi GeoGebra. GeoGebra merupakan salah satu program aplikasi pembelajaran matematika gratis yang mendukung beragam topik matematika untuk dipergunakan di sekolah. GeoGebra dapat dimanfaatkan pada beberapa topik yang relatif sederhana sampai pada materi yang cukup kompleks seperti matriks, vektor, trigonometri, statistika, kalkulus, geometri dimensi tiga dan lain- lain. 

Nah, pada posting ini kita akan lanjutkan pembahasannya mengenai Geogebra khususnya dalam pemanfaatan pembelajaran jarak jauh (distance learning). Ada dua versi Geogebra yaitu versi online dan offline. Untuk memanfaatkan GeoGebra dalam distance learning, kita gunakan Geogebra online yang bisa diakses melalui web Geogebra.org.

Oke, kita mulai saja ya...

Pertama, kunjungi Geogebra.org lalu daftar dulu akun GeoGebra. Bisa melalui menu Sign in pada pojok kanan atas. Akan ada fitur daftar pada menu tersebut. Gunakan akun Google yaa...

Teman- teman akan dikirimi verifikasi melalui email yang didaftarkan. Buka email lalu klik link verifikasi pada email. Isikan semua data yang tertera atau dibutuhkan.

Masuk ke GeoGebra yang sudah ter-sign in. Klik pada profile akun, seperti ditunjukkan pada anak panah, atau klik pada menu profile.

Setelah muncul menu profile pada dashboard GeoGebra, pilih Create. Terdapat beberapa pilihan, klik Activity. 

Teman- teman bisa memilih desain aktifitas yang akan dimasukkan ke dalam pembelajaran. Berikut beberapa elemen yang bisa dimasukkan dalam aktifitas tersebut.
  1. Berbasis Teks
  2. GeoGebra, pada bagian ini teman- teman bisa memilih berbagai topik yang tersedia yang bisa digunakan. Selain itu juga bisa membuatnya sendiri.
  3. Web
  4. Pertanyaan (kuis)
  5. Video (bisa upload video dari YouTube)
  6. Gambar (Image)
  7. File PDF

Setelah selesai jangan lupa Save and Close

Aktifitas akan muncul pada dashboard GeoGebra teman- teman. Klik tiga titik pada bagian kanan bawah.

Pilih share, lalu akan muncul pop up yang menampilkan bebrapa pilihan link share. Salah satunya melalui Google Classroom. 


Teman- teman bisa mengcopykan link pada Google Classroom atau langsung membagikannya melalui fitur Google Classroom diatas. Secara otomatis, aktifitas teman- teman akan muncul di timeline Google Classroom.

Oya, untuk versi online, saat ini dibuat belum mendukung versi bahasa Indonesia yaa..

Selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment