7/15/2020

Mengenal Fitur- Fitur Dasar Schoology untuk Pengguna Baru

Schoology merupakan salah satu platform Learning Management System (LMS) yang banyak digunakan saat ini. Berbagai fitur dalam Schoology sangat menjembatani kita sebagai guru dalam memperingan tugas kita seperti  membuat kelas mapel, kelompok belajar maupun sumber belajar. Dengan beragam fitur dan fungsi yang menarik tersebut, Schoology menjadi salah satu platform e-learning yang menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran.


Fitur plus lain Schoology adalah tersedianya fitur attendance/absensi, untuk memeriksa kehadiran peserta didik dengan pilihan “hadir”, “izin”, ,”terlambat”, ataupun “tidak masuk”. Setiap aktifitas siswa juga akan terpantau melalui fasilitas Analityc pada setiap course, assignment, discussion dan aktivitas lain yang kita siapkan untuk peserta didik.

Bagi pengguna awal Schoology, kita pasti akan dihadapkan dengan semua hal yang baru. Oleh karenanya penting sekali mengenal Schoology dari dasar. Nah, pada tulisan ini, kita akan mengenal Schoology dari basic (dasar), dari fitur dashboard sampai dengan user profile. Baik, berikut ulasannya,

Mengenal Fitur Dashboard Schoology
Halaman Beranda merupakan halaman pertama saat pertama kali teman- teman berhasil Log in ke dalam Schoology. Ada dua tab utama di Halaman Beranda Anda yaitu Recent Activity dan Course Dashboard (Aktivitas Terkini dan Dasbor Kursus). Tab Recent Activity (Aktivitas Terbaru) bermanfaat untuk mengirim pesan massal, memposting pembaruan, membuat acara kalender, dan Course dashboard (Dasbor Kursus) berguna untuk langsung pintas ke kursus teman- teman.

Terdapat tiga area utama dalam Dashboard yaitu Courses- Group- Resources dan beberapa ikon serta nama admin di bagian kanan atas. (--saya masih memakai Schoology Basic, jadi akan terdapat menu upgrade Schoology saya--)

Recent Activity
Kolom Utama
Kolom ini menunjukkan umpan kiriman yang berhubungan dengan Anda, kursus Anda, dan grup Anda. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengirim pembaruan, pengumuman, dan polling dengan file dan tautan yang dilampirkan.


Upcoming
Kolom ini berisi semua tugas teman- teman, tanggal jatuh tempo, dan acara kalender yang berurutan.


Course Dashboard
Pada bagian ini teman- teman dapat menavigasi ke kursus aktif yang teman- teman kelola. Misalnya teman- teman mengelola empat kursus maka akan ditampilkan dalam bilah tersebut. Kursus yang kita kelola adalah lingkungan belajar digital kita. Pada bagian ini kita akan meletakkan konten pembelajaran, materi kelas, dan berkomunikasi dengan siswa. Kursus juga berisi semua item pembelajaran kita seperti file, tugas, dan penilaian.

Kita dapat mengatur dan mengatur kursus dengan berbagai cara. Materi pelajaran dapat diatur berdasarkan minggu, bagian, topik, apa pun. Kita bahkan dapat mengatur dalam urutan apa siswa  harus menyelesaikan setiap item menggunakan fitur penyelesaian siswa untuk pendekatan belajar mandiri.


Groups
Grup adalah ruang kolaboratif dimana kita dapat berbagi ide dan sumber daya, mengatur acara, dan terhubung dengan orang lain termasuk siswa kita. Melalui fitur Grup ini kita juga dapat membangun atau memperluas komunitas belajar pribadi pada skala global. 

Fitur grup mengakomodir perihal komunikasi, kolaborasi, dan berbagi sumber daya. Kelas kita mungkin saja tidak hanya berisikan kita, sebagai guru dan murid saja akan tetapi juga melibatkan oang tua yang perlu terhubung, berkolaborasi, dan berkomunikasi antara satu dengan lainnya.

Resources
Resources merupakan tempat di mana semua materi disimpan. Disini kita dapat mengatur semua file, tugas, penilaian, hasil pembelajaran, dan lencana. Teman- teman dapat mengimpor file, membuat sumber daya baru, dan menyalin atau memindahkannya ke salah satu atau semua program dengan cepat. Kita juga dapat berbagi sumber daya dengan grup dan mengunduhnya dari public resources area (area sumber daya umum) Schoology. Kita juga dapat menyalin item kursus, folder, dan semua kursus untuk digunakan kemudian.




Terdapat tiga bagian utama dalam Resources area yaitu 

Navigasi kiri (panah hitam) — Bagian ini memungkinkan kita untuk beralih antara Personal, Public, and Group Resources. Bagian ini juga merupakan tempat dimana kita dapat menghubungkan aplikasi lain, seperti Google Drive dan Microsoft OneDrive.

My Resources (panah biru) — Bagian ini adalah koleksi personal resources (sumber pribadi) dan sumber berbagi lainnya. 

Home (panah hijau)— Pada bagian ini kita dapat membuat, melihat, mengedit, dan mengelola semua sumber yang kita miliki. 

Personal Profile
Di sudut kanan atas, kita dapat mengubah pengaturan pribadi dan akun seperti gambar profil, privasi, pengaturan pemberitahuan (email, teks, dan pemberitahuan), dan masih banyak lagi. 



Nah, itulah ulasan tentang fitur Schoology yang mesti kita ketahui. Dengan mengetahui fitur- fiturnya tentu saja penggunaannya akan lebih mudah. Ulasan ini adalah sebagian kecil tentang Schoology sebagai learning management system. Masih banyak lagi beberapa fitur dan trik untuk mengelola kelas atau kursus kita dengan Schoology. Lain kali kita sambung lagi yaa mengenai Schoology. 

Semoga Bermanfaat.

Referensi Tulisan :
A Beginner's Guide to Using Schoology from https://www.schoology.com/blog/a-beginners-guide-to-using-schoology


No comments:

Post a Comment