4/07/2022

Latihan Soal Plus Pembahasan Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/ MI Tahun Pelajaran 2021/ 2022

Halo sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Hari ini saya akan lanjutkan lagi untuk menyajikan latihan soal dalam menghadapi ujian sekolah kelas 6 SD/ MI tahun pelajaran 2021/ 2022. Setelah sebelumnya kita berlatih soal US untuk mapel IPA dan Matematika, pada post ini kita berlanjut ke latihan soal US Bahasa Indonesia kelas 6 SD/ MI.

Image by eko pramono from Pixabay

Baca Juga :

Latihan soal US Bahasa Indonesia kelas 6 SD/ MI ini sudah sesuai dengan kisi- kisi terbaru tahun 2022 yang ditetapkan yang mencakup beberapa topik bahasan materi dari kelas 4 SD/ MI sampai dengan kelas 6 SD/ MI.
 
Dalam latihan ini saya sesuaikan untuk soal sejumlah  40 butir soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya. Tidak lupa saya berikan juga pembahasan per latihan soal untuk memudahkan dalam belajar.

Baik, langsung saja yaa, berikut latihan soalnya. Jangan lupa share bila bermanfaat.

Salam 

===================================================================================
Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/ MI Tahun Pelajaran 2021/ 2022


Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 5!
Omicron adalah varian terbaru virus corona yang juga menyebabkan penyakit Covid-19. Mengutip laman Covid19.go.id, Varian ini menyebar lebih cepat dari varian COVID-19 lainnya, namun dengan gejala lebih ringan atau cenderung tidak bergejala. Varian ini sudah terdeteksi di beberapa negara sejak pertama kali ditemukan di Benua Afrika. Varian jenis ini pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan. Varian ini disebut sebagai salah satu yang sangat cepat dalam menularkan virus.
Omicron memiliki tingkat penularan yang jauh lebih cepat dibandingkan varian Delta. Sejak ditemukan pertama kali pada 24 November 2021 di Afrika Selatan, kini Omicron telah terdeteksi di lebih dari 110 negara dan diperkirakan akan terus meluas.
Gejala varian virus corona Omicron tidak jauh berbeda dengan varian Covid-19 umumnya seperti demam, sakit kepala, batuk dan kehilangan penciuman. Saat ini varian baru Covid-19 jenis ini menjadi salah satu yang mendapat perhatian dunia. Sejumlah laporan mengatakan bahwa infeksi varian ini cenderung menyebabkan gejala kelelahan, dan nyeri tubuh. Gejala ini lebih banyak muncul dibandingkan kehilangan rasa maupun kehilangan penciuman.

dikutip seperlunya dari https://diskes.baliprov.go.id/

1. Informasi tersurat yang terdapat pada paragraf pertama adalah ....
A. Varian Omicron dan Delta merupakan varian yang baru ditemukan sebagai penyebab penyakit Covid-19.
B. Varian Omicron menyebar lebih cepat namun memiliki gejala lebih ringan atau cenderung tidak bergejala dibanding varian Covid-19 lainnya.
C. Varian Omicron dan Delta sama- sama terdeteksi dari Afrika.
D. Lebih dari 110 negara di dunia yang terjangkit varian Omicron dapat menanggulangi varian tersebut dengan baik.

Informasi tersurat yang terdapat pada paragraf pertama adalah Varian Omicron memiliki gejala lebih ringan atau cenderung tidak bergejala. Informasi tersebut sesuai dengan kalimat kedua paragraf pertama

2. Kalimat utama paragraf pertama adalah ....
A. Varian Omicron menyebar lebih cepat dibanding varian lainnya.
B. Varian Omicron merupakan varian terbaru virus corona sebagai penyebab penyakit Covid-19.
C. penularan virus Covid-19 varian Omicron lebih cepat dibanding varian Delta.
D. Varian Omicron ditemukan pertama kali di Afrika Selatan.

Kalimat utama paragraf pertama terdapat pada awal paragraf yaitu Varian Omicron merupakan varian terbaru virus corona sebagai penyebab penyakit Covid-19.

3. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi pada paragraf kedua adalah ....
A. Dimanakan pertama kali varian Omicron ditemukan?
B. Mengapa varian Omicron menjadi salah satu varian yang mendapat perhatian dunia?
C. Apakah gejala- gejala yang muncul akibat infeksi varian Omicron?
D. Mengapa varian Omicron menyebar lebih cepat dibanding varian Covid-19 lainnya?

Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah Apakah gejala- gejala yang muncul akibat infeksi varian Omicron?. Jawaban untuk pertanyaan tersebut terdapat pada kalimat pertama paragraf kedua

4. Sinonim kata varian pada paragraf pertama adalah ....
A. cara
B. versi
C. motif
D. corak 

Sinonim kata varian berdasarkan konteks kalimat pada paragraf pertama adalah versi

5. Makna kata virus dalam paragraf pertama dan kedua teks tersebut adalah ....
A. mikroorganisme yang menyebabkan penyakit dan pembusukan
B. mikroorganisme yang menyebabkan timbulnya penyakit 
C. mikroorganisme yang menyebabkan penyakit berbahaya
D. mikroorganisme yang menyebabkan dan menularkan penyakit 

Makna kata virus dalam paragraf pertama dam kedua adalah mikroorganisme yang menyebabkan dan menularkan penyakit

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 sampai 8!

Jelang mendekati Hari Raya Idul Fitri, istilah mudik adalah akan makin ramai dibicarakan. Media-media nasional akan dipenuhi dengan pemberitaan soal mudik. Istilah mudik sebagaimana dikutip dari Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 merupakan kegiatan perjalanan pulang ke kampung halaman selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Sementara itu arti mudik sebagaimana dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mudik artinya pulang ke kampung halaman. Selama ini, banyak anggapan kalau mudik adalah berasal dari ungkapan dalam Bahasa Jawa. Dimana mudik adalah singkatan dari mulih dilik yang memiliki arti pulang sebentar. Tak jelas bagaimana istilah mulih dikit atau mudik kemudian dipakai secara luas sebagai aktivitas pulang ke kampung halaman saat mendekati Hari Raya Idul Fitri.
Mudik yang terjadi saat Ramadhan atau jelang Lebaran tak terlepas dari hakikat Idul Fitri. Secara harfiah, Idul Fitri dimaknai sebagai kembali kepada fitrah atau kesucian. Mudik, pulang kampung, kemudian dianggap sebagai upaya untuk kembali ke asal-usulnya. Mereka ingin berjumpa dengan orangtua, handai taulan, dan melihat tempat di mana mereka tumbuh. Seorang sejarawan JJ Rizal, pernah menyatakan apa arti istilah mudik berasal dari kata menuju ke udik. Namun sejauh ini, tak ada catatan pasti kapan tradisi mudik mulai dilakukan di Indonesia.

6. Informasi tersirat yang terdapat pada paragraf pertama teks diatas adalah ....
A. Media nasional selalu memberitakan tentang mudik setiap hari.
B. Istilah mudik dipakai sebagai kegiatan perjalanan pulang selepas bekerja.
C. Mudik selalu dikaitkan dengan aktivitas pulang kampung menjelang Hari Raya Idul Fitri.
D. Kata mudik menjadi kata baku untuk istilah perjalanan pulang ke kampung halaman orang- orang perkotaan. 

Paragraf pertama berisi informasi tentang istilah mudik, asal- usul kata tersebut dipandang dari berbagai sumber. Informasi tersirat pada paragraf tersebut adalah istilah mudik erat kaitannya dengan aktivitas pulang ke kampung halaman saat mendekati Hari Raya Idul Fitri.  

7. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah ....
A. Mudik dipakai sebagai istilah resmi pulang kampung mendekati Hari Raya Idul Fitri.
B. Tradisi mudik sudah dilakukan sejak zaman pendudukan Belanda.
C. Mudik dimaknai sebagai upaya manusia untuk kembali ke asal- usulnya seperti berjumpa orang tua, saudara, dan melihat tempat dimana mereka tumbuh.
D. Mudik dan pulang kampung menjelang Hari Raya Idul Fitri merupakan dua hal yang berbeda.

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua adalah Mudik dimaknai sebagai upaya manusia untuk kembali ke asal- usulnya seperti berjumpa orang tua, saudara, dan melihat tempat dimana mereka tumbuh.

8. Ide pokok paragraf kedua dari teks diatas adalah ....
A. Awal dari tradisi mudik.
B. Tradisi mudik sebagai tradisi yang harus dilestarikan masyarakat.
C. Mudik sebagai sebuah tradisi tidak terlepas dari hakikat Idul Fitri.
D. Pemaknaan Idul Fitri sebagai kembalinya manusia kepada fitrah atau kesucian.

Ide pokok pada teks diatas terkandung dalam kalimat utama. Kalimat utama paragraf kedua terletak pada awal kalimat, jadi ide pokok paragraf kedua adalah Mudik sebagai sebuah tradisi tidak terlepas dari hakikat Idul Fitri.

9. Bacalah paragraf berikut !
Bus meluncur pelan meninggalkan mereka. Desi menoleh kebelakang, hingga jauh dilihatnya sanak saudaranya melambai- lambai. Dengan meninggalkan keluarganya, dia merasa telah mengambil langkah pertama untuk memenuhi panggilan hatinya; mengabdi.

Sumber : Novel Guru Aini, Andrea Hirata

Jenis paragraf tersebut adalah ....
A. deskripsi
B. eksposisi
C. persuasi
D. narasi

Paragraf tersebut termasuk dalam paragraf narasi karena menceritakan suatu hal yang menghadirkan tokoh, urutan peristiwa, dan suasana tertentu

10. Bacalah teks berikut!
Air sangat penting bagi kehidupan manusia di segala bidang. Manfaatnya sangat banyak dan langsung dapat dirasakan oleh manusia itu sendiri. Diantaranya untuk keperluan hidup sehari- hari, pertanian, peternakan, perkebunan, perdagangan, industri, pelayaran, dan keperluan umum lainnya.

Berdasarkan paragraf tersebut, hal yang mungkin terjadi jika tidak ada air adalah ....
A. diganti alternatif lain
B. tidak ada kehidupan
C. makhluk hidup akan kehausan
D. terjadi kekeringan
(UN 2016/ 2017)

Dapat disimpulkan apabila tidak ada air maka tidak ada kehidupan karena air sangat penting bagi kehidupan manusia di segala bidang

11. Bacalah paragraf berikut!
Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) harus selalu diwaspadai. Untuk mencegah penyebarannya kita harus selalu menutup tempat penampungan air, menguras bak mandi, mengubur kaleng- kaleng bekas agar tidak digenangi air. Di dalam rumah juga harus selalu dijaga kebersihannya, jangan dibiasakan menggantungkan pakaian di dalam kamar tidur ataupun di kamar mandi. Wabah Demam Berdarah telah melanda beberapa daerah dan telah sangat mengkhawatirkan. Berbagai media telah memberitakan bahwa jumlah pasien yang terjangkit semakin meningkat.

Tanggapan yang sesuai dari paragraf di atas adalah ...
A. Kebersihan lingkungan dilakukan pada musim penghujan.
B. Pada musim hujan masyarakat terjangkit berbagai penyakit.
C. Masyarakat harus waspada terhadap wabah DBD.
D. Memberantas wabah DBD, kewajiban pemerintah.
(UN 2015/ 2016)

Tanggapan yang sesuai adalah pada jawaban C, Masyarakat harus waspada terhadap wabah DBD.

12. Bacalah paragraf berikut!
(1) Batik merupakan salah satu bentuk karya seni dari Indonesia. (2) Jenis batik ada dua, yakni batik tulis dan batik cap. (3) Proses pembuatan batik terbilang rumit dan lama. (4) Hal itu karena proses pembuatannya melalui tiga tahap yang berlangsung selama berhari- hari.

Kalimat utama pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3) 
D. (4)

Kalimat utama bersifat umum dan mengandung ide pokok, pokok pikiran, atau gagasan utama paragraf. Kalimat utama biasanya terletak pada awal, akhir atau awal dan akhir paragraf. Kalimat utama pada paragraf di atas terdapat pada awal paragraf yaitu nomor (1)

13. Bacalah dengan cermat kedua teks berikut!
Teks 1
Program Langit Biru merupakan program pemerintah untuk mendorong peningkatan kualitas udara. Program ini bertujuan mengendalikan pencemaran udara. Sejumlah kota metropolitan mengikuti program ini. Buruknya kualitas udara dapat disebabkan oleh pertumbuhan kendaraan di kota-kota besar. Banyaknya kendaraan juga menimbulkan masalah kecelakaan lalu lintas, kebisingan, kerugian ekonomi, serta kesehatan.

Teks 2
Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) menganugerahkan penghargaan kepada enam pemerintah kota yang memiliki kualitas udara terbaik. Kota Surabaya dan Surakarta adalah dua kota yang dinobatkan sebagai Kota Langit Biru terbaik tahun ini. Selain itu, KLH juga memberikan penghargaan kepada dua produsen kendaraan yang dinilai berperan dalam penurunan tingkat pencemaran udara kawasan perkotaan. Penganugerahan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan Program Langit Biru.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ….
A. peningkatan kualitas udara
B. pelaksanaan program Langit Biru
C. pemberian penghargaan
D. pengendalian pencemaran udara 
(UN 2014/2015)

Kedua teks tersebut sama-sama membahas mengenai peningkatan kualitas udara. Persamaan terdapat pada kalimat "Program Langit Biru merupakan program pemerintah untuk mendorong peningkatan kualitas udara." pada teks satu dan kalimat "Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) menganugerahkan penghargaan kepada enam pemerintah kota yang memiliki kualitas udara terbaik" pada teks dua.

14. Cermati pantun berikut!
Petani bekerja di sawah luas
Sawah dibajak tanah pun subur
Jangan cepat merasa puas
Tetap belajar agar negeri makmur

Isi pantun tersebut adalah ....
A. seorang peani yang bekerja di sawah yang luas
B. agar tanah subur maka harus dibajak
C. kita harus belajar agar cepat puas
D. kita harus tetap belajar agar tercipta negara yang makmur

Isi dari pantun yang tepat adalah berpesan agar tetap belajar agar tercipta negara yang makmur 

Bacalah penggalan cerita rakyat berikut untuk menjawab soal nomor 15 sampai 18!

Anisa seorang gadis kecil yang hidup di sebuah desa. Ayahnya seorang pengembala domba dan ibunya seorang penjual kayu bakar di pasar. Anisa dan keluarganya hidup sederhana di desa itu.
Suatu malam, saat makan malam di rumahnya, ayah dan ibunya bercerita tentang kesusahan mereka. Domba-domba ayah menjadi kurus karena musim kemarau yang panjang, tidak ada rumput yang dapat hidup di tanah yang kering. Sehingga ayah tidak bisa menjual domba-domba itu dengan harga yang tinggi. Ibu juga sulit menemukan lagi batang kayu untuk dijual. Semua pohon mati dan padang rumput menjadi gersang.
Persediaan makanan mereka sudah berkurang karena ayah dan ibunya sudah tidak mampu membeli makanan. Mendengar semua itu Anisa menangis saat menjelang tidur dan bergumam dalam hati “Apa yang dapat kulakukan untuk membuat keadaan menjadi lebih baik”. Anisa berdo’a kepada Tuhan supaya turun hujan, keesokan harinya Anisa dan kedua orang tuanya gembira karena hujan yang mereka nantikan turun.
(diambil dari teks UN 2016/ 2017)

15. Amanat yang dapat diambil dari kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Keluh kesah hanya akan menambah beban hidup
B. Kita harus selalu bersikap sederhana dalam keadaan hidup apapun.
C. Kebaikan dan ketulusan hari pasti akan mendapatkan balasan baik dari Tuhan.
D. Kita harus menjalani hidup dengan senantiasa berusaha keras dan berdoa.

Amanat merupakan pesan yang dapat dipetik. Adapun pesan atau amanat dari cerita adalah tetap berusaha dan berdoa dalam menjalani hidup.

16.Watak tokoh Anisa dalam cerita tersebut adalah ....
A. cerdas
B. patuh
C. mandiri
D. penyayang

Watak tokoh Anisa dalam cerita tersebut adalah cerdas. Dia mengetahui apa yang dirasakan orang tuanya sehingga bertekad untuk membuat keadaan lebih baik dengan berdoa kepada Tuhan agar menurunkan hujan.

17. Tema dari cerita tersebut adalah ....
A. kepahlawanan
B. persaudaraan
C. persahabatan
D. kegigihan 

Tema dari cerita tersebut adalah pantang menyerah atau kegigihan dalam menghadapi kesusahan hidup.

18. Latar tempat cerita tersebut adalah ....
A. hutan
B. desa
C. di tengah kota
D. pinggiran kota  

Latar tempat cerita adalah di desa. Hal tersebut terdapat pada kalimat pertama paragraf pertama

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 19 sampai 21!
Dugderan adalah suatu upacara yang dilaksanakan tiap menjelang datangnya bulan Ramadhan. Upacara ini merupakan cerminan dari perpaduan tiga etnis yang mendominasi masyarakat Semarang yakni etnis Jawa, Tionghoa dan Arab. Nama “Dugderan” diambil dari kata “dugder” yang berasal dari kata “dug” (bunyi bedug yang ditabuh) dan “der” (bunyi tembakan meriam). Bunyi “dug” dan “der” tersebut sebagai pertanda akan datangnya awal Ramadhan. 
Menurut sejarah upacara Dugderan diperkirakan mulai berlangsung sejak tahun 1881 di kala Semarang dipimpin oleh Bupati RMTA Purbaningrat. Upacara ini dilatarbelakangi oleh perbedaan pendapat dalam masyarakat mengenai awal dimulainya puasa pada bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu dicapailah suatu kesepakatan untuk menyamakan persepsi masyarakat dalam menentukan awal Ramadhan yakni dengan menabuh bedug di Masjid Agung Kauman dan meriam di halaman kabupaten dan dibunyikan masing-masing tiga kali dan dilanjutkan dengan pengumuman awal puasa di masjid.
Perayaan multikultural ini semakin menarik minat masyarakat Semarang dan sekitarnya ditandai dengan makin banyaknya para pedagang yang menjajakan dagangannya yang beraneka ragam seperti minuman, makanan, dan mainan anak-anak seperti perahu-perahuan, celengan, seruling dan gangsing. Selain itu dalam upacara dugderan terdapat ikon berupa “warak ngendhog” berwujud hewan berkaki empat (kambing) dengan kepala mirip naga. Warak ngendhog memperlihatkan adanya perpaduan kultur Arab, Islam, Jawa, dan Tionghoa. Keberadaan warak ngendhog tersebut memperlihatkan adanya keterkaitan yang harmonis antar-etnis sehingga membuka jalinan kontak budaya yang lebih intensif sehingga memungkinkan adanya proses akulturasi.
Sumber : http://bpad.jogjaprov.go.id/

19. Pokok pikiran yang tepat paragraf kedua teks diatas adalah ....
A. Dugderan dilaksanakan tiap menjelang datangnya bulan Ramadhan.
B. Sejarah Dugderan yang dilaksanakan mulai tahun 1881.
C. Perayaan Dugderan yang menarik minat masyarakat.
D. Keberadaan Warak Ngendhog sebagai ikon upacara Dugderan.

Pokok pikiran merupakan ide utama atau inti pembahasan dari sebuah paragraf. Pokok pikiran disebut juga gagasan utama, gagasan pokok, atau ide pokok. Pokok pikiran sebuah paragraf biasanya terdapat pada kalimat utama. Pokok pikiran paragraf kedua bacaan adalah Sejarah Dugderan yang dilaksanakan mulai tahun 1881.

20. Pernyataan yang tepat sesuai dengan bacaan di atas adalah ....
A. Dugderan merupakan aktivitas upacara keagamaan yang dilaksanakan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.
B. Upacara Dugderan dilatarbelakangi oleh perbedaan pendapat dalam masyarakat mengenai awal dimulainya puasa pada bulan suci Ramadhan.
C. Upacara Dugderan dikhususkan untuk masayrakat Jawa.
D. Keberadaan Warak Ngendhog menunjukkan kultur budaya Arab, Islam dan Jawa yang kental.

Pernyataan yang benar adalah Upacara Dugderan dilatarbelakangi oleh perbedaan pendapat dalam masyarakat mengenai awal dimulainya puasa pada bulan suci Ramadhan. Pernyataan ii terdapat pada paragraf kedua kalimat kedua

21. Sinonim kata"etnis" dalam bacaan di atas adalah ....
A. kelompok
B. ras
C. wilayah
D. daerah  

Sinonim atau persamaan kata etnis adalah ras atau kesukuan

Lanjut ke nomor soal berikutnya yaa..>>>> Halaman 2

====================================>>>>>

No comments:

Post a Comment