6/29/2022

Mengenal Program Studi S1 Statistika Universitas Diponegoro Semarang

Hai sahabat Ahzaa, semoga tetap semangat ya dalam menggapai cita- citamu. Nah, buat kamu yang suka dengan ilmu statistika atau ingin melanjutkan studi di jurusan statistika tepat sekali nih, simak terus yuk artikel ini sampai pembahasan terakhir karena kami akan mengajak kamu mengetahui tentang lingkup Program Studi S1 Statistika UNDIP.

Program Studi S1 Statistika UNDIP merupakan salah satu program studi yang terdapat dalam Fakultas Sains dan Matematika UNDIP. Program Studi S1 Statistika UNDIP sudah mendapatkan predikat Akreditasi A berdasarkan Nomor 3298/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018. Teman- teman tidak perlu meragukan jurusan Program Studi S1 Statistika UNDIP yah kawan, karena Program Studi S1 Statistika UNDIP sudah diakui dengan jurusan terbaik.  Untuk gelar yang akan kamu terima jika dinyatakan lulus dari Program Studi S1 Statistika UNDIP yaitu dengan gelar Sarjana Sains (S.Si). 

Image by <a href="https://pixabay.com/users/qimono-1962238/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1875247">Arek Socha</a> from <a href="https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1875247">Pixabay</a>
Source : Pixabay


Terkait dengan tujuan program yang dimiliki Program Studi S1 Statistika UNDIP diantaranya adalah
  1. Menguasai dasar-dasar statistika sebagai sains dan metode serta teknik komputasinya guna menjelaskan dan merumuskan cara penyelesainnya masalah Ekonomika dan Bisnis, Industri, Komputasi dan Sistem Informasi Manajemen serta Sosial dan Pemerintahan.
  2. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam metode statistika dan teknik komputasinya dengan penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan produksi dan pelayanan kepada masyarakat.
  3. Mampu bersikap dan berperilaku dalam berkarya dalam bidang statistika dan teknik komputasinya untuk memenuhi kebutuhan Ekonomika dan Bisnis, Industri, Komputasi dan Sistem Informasi Manajemen serta Sosial dan Pemerintahan.
  4. Mampu mengikuti perkembangan statistika kontemporer dan teknik komputasi dengan penggunaan teknologi informasi dan perangkat lunak mutakhir. 

Selama perkuliahan kamu juga akan mendapati materi yang akan dterima jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Statistika UNDIP seperti 
  • Probabilitas
  • Model linier
  • Analisa Data Kategori
  • Statistika Keuangan dan Aktuaria
  • Statistika Bisnis dan Industri
  • Ekonometria
  • Analisis Finansial
  • Komputasi Statistika
  • Wavelet
  • SEM
  • Neural Network
  • Riset Pasar
  • Manajemen Resiko
 
Nah, ini yang terpenting teman- teman, berkaitan dengan profil lulusan dari Program Studi S1 Statistika UNDIP. Profil lulusan dari jurusan ini adalah analisis kredit, manajer perencanaan, analisis riset, pengkajian dan pengembangan, analisis kependudukan, busines development, asisten manajer pemasaran, analis pajak, research executive, konsultan, auditor internal, manajer operasi, akademisi, dan programer. 

Selain profil lulusan, teman- teman juga harus tau mengenai kompetensi lulusan calon program studimu. Dan kompetensi lulusan yang terdapat di Program Studi S1 Statistika UNDIP, diantaranya adalah
  1. Menguasai dasar-dasar statistika sebagai sains dan metode serta teknik komputasinya guna menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaiannya masalah bisnis, industri, keuangan dan aktuaria bersasarkan informasi atau data satistik
  2. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam metode statistika dan teknik komputasinya dengan penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat
  3. Mampu bersikap dan berperilaku dalam berkarya dalam bidang statistika dan teknik komputasinya untuk memenuhi kebutuhan bisnis, industri, keuangan dan aktuaria
  4. Mampu mengikuti perkembangan statistik kontemporer dan teknik komputasi dengan penggunaan teknologi informasi dan perangkat lunak mutakhir.

Teman- teman juga akan mendapati metode pembelajaran dan asesmen di jurusan Program Studi S1 Statistika UNDIP adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio. Sedangkan untuk struktur dari persyaratan program yang wajib kamu tempuh jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Statistika UNDIP yaitu dengan menempuh jumlah SKS 144 dengan semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester.

Adapun dukungan fasilitas bagi mahasiswa jurusan Program Studi S1 Statistika UNDIP yang akan kamu terima yaitu ILS (Information and Learning Service), IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling. Tentu fasilitas disediakan untuk kamu pergunakan sebaik-baiknya, agar mempermudah mahasiswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. 

Terakhir, Sahabat Ahzaa wajib catat nih mengenai kebijakan dan prasyarat admisi yang harus kamu perhatikan jika ingin mendaftar dan melanjutkan studinya di jurusan Program Studi S1 Statistika UNDIP, kamu harus mengikuti seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA, sedangkan melalui Seleksi Mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Kami kira sudah jelas yaa mengenai Program Studi S1 Statistika UNDIP. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan selalu setia mengunjungi blog kami serta menyimak artikel yang kami suguhkan. Semoga informasi yang kami sampaikan mengenai jurusan Program Studi S1 Statistika UNDIP ini dapat bermanfaat untuk kamu dan juga lainnya. Jangan lupa tetap nantikan artiel kami selanjutnya, simak terus dan pantengin informasinya. 

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment