6/29/2022

Mengenal Program Studi S1 Kimia Universitas Diponegoro Semarang

Salam sukses sahabat Ahzaa, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu untuk kamu. Buat kamu yang suka dengan ilmu sains khususnya pada pelajaran kimia tepat sekali nih, simak terus artikel ini sampai pembahasan terakhir karena kami akan mengajak kamu mengetahui tentang lingkup Program Studi S1 Kimia UNDIP.

Program Studi S1 Kimia UNDIP merupakan salah satu program studi yang terdapat dalam Fakultas Sains dan Matematika UNDIP. Perlu kamu tahu nih kawan bahwa Program Studi S1 Kimia UNDIP sudah mendapatkan predikat Akreditasi A berdasarkan Nomor 3436/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018. Jadi, sahabat ahzaa tidak perlu meragukan jurusan Program Studi S1 Kimia UNDIP yah kawan. Untuk gelar yang akan kamu terima jika dinyatakan lulus dari Program Studi S1 Kimia UNDIP yaitu dengan gelar Sarjana Sains (S.Si). 


Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Tujuan program yang dimiliki Program Studi S1 Kimia UNDIP adalah menyediakan kesempatan bagi masyarakat/mahasiswa untuk belajar mengembangkan pengetahuan, keterampilan, kepribadian, dan akhlak. Saat kamu berkuliah mengambil Program Studi S1 Kimia UNDIP maka kamu akan menerima materi seperti prinsip-prinsip ilmu kimia dan terapannya serta penguatan kajian bahan alam, biomolekul, material, proses dan energi. 

Berkaitan dengan profil lulusan Program Studi S1 Kimia UNDIP diantaranya adalah tenaga qualiti control, peneliti, dan pendidik. Selain profil lulusan sahabat ahzaa juga harus tau mengenai kompetensi lulusan yang terdapat di Program Studi S1 Kimia UNDIP, diantaranya adalah
  1. Mendemontrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang kimia 
  2. Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensitesis informasi ilmiah di bidang kimia dari berbagai sumber
  3. Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja
  4. Mendemontrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual
  5. Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri
  6. Bekerja dalam tim
  7. Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis lisan/verbal dan visual, mengelola waktu, merencanakan proyek, dan analisis numeric serta teknologi informasi.

Metode pembelajaran dan asesmen yang akan lalui di jurusan Program Studi S1 Kimia UNDIP adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio. Sedangkan untuk struktur dari persyaratan program yang wajib kamu tempuh jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Kimia UNDIP yaitu dengan menempuh jumlah SKS 144 dengan semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester.

Dukungan fasilitas bagi mahasiswa jurusan Program Studi S1 Kimia UNDIP yang akan kamu terima yaitu ILS (Information and Learning Service), IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling. Fasilitas tersebut dapat kamu pergunakan sebaik-baiknya, agar mempermudah mahasiswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun luar kelas. 

Kebijakan dan prasyarat admisi yang harus teman- teman perhatikan jika ingin mendaftar dan melanjutkan studinya di jurusan Program Studi S1 Kimia UNDIP, kamu harus mengikuti seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA, sedangkan melalui seleksi mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Terima kasih teman- teman atas waktunya membaca dan selalu setia menyimak artikel yang kami suguhkan. Semoga informasi yang kami sampaikan mengenai jurusan Program Studi S1 Kimia UNDIP ini dapat bermanfaat untuk kamu dan juga lainnya ya, maka dari itu yuk share ke teman, sahabat, dan keluargamu agar mereka tidak tertinggal informasi penting ini. Sekian yaa sampai bertemu di pembahasan artikel selanjutnya. Jangan lupa tetap simak terus informasi menarik lainnya di blog kami. 

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment