7/08/2022

Mengenal Code.org, Platform Belajar Coding yang Mudah dan Menyenangkan untuk Siswa

Halo sahabat Ahzaa, hari ini saya akan bahas coding yaa, coding yang ringan- ringan saja khususnya untuk pengenalan buat siswa. Sebetulnya beberapa waktu lalu saya pernah bahas coding untuk anak  juga, melalui aplikasi yang bernama Scratch. Teman- teman bisa membacanya melalui blog ini juga, tentang pengenalan Scratch, fitur- fitur dan contoh pembuatannya. Nah, hari ini saya tidak akan membahas mengenai Scratch, tetapi tentang platform pengkodean untuk anak- anak (sebenarnya bukan hanya untuk anak- anak saja --- orang dewasa pun bisa belajar dari platform ini) yang lainnya yaitu Code.org 

Baca Juga :

Apa Itu Code.org
Code.org merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mendorong minat anak- anak di seluruh dunia dalam ilmu komputer. Code.org memungkinkan siswa untuk mendapatkan akses ke ilmu komputer langsung di sekolah mereka ataupun belajar sendiri. Code.org sendiri didukung oleh beberapa perusahaan besar seperti Microsoft, Amazon, Google dan sebagainya.

Teman- teman, ada hal yang menarik dari Code.org, dilansir dari web resminya bahwa Code.org memandang belajar ilmu komputer adalah dasar untuk partisipasi aktif dan terinformasi dalam masyarakat yang semakin digital dan memberikan semua siswa pandangan yang kritis untuk menafsirkan dunia di sekitar mereka. Juga ilmu komputer menawarkan peluang untuk mengubah hidup khususnya ekonomi, terlepas apakah siswa- siswa mengejar karir di bidang teknologi atau tidak. Dalam hal ini Code.org menciptakan pengalaman berkualitas tinggi yang dapat didekati untuk melibatkan semua siswa dalam ilmu komputer.

Code.org mempercayai bahwa setiap siswa di setiap sekolah harus memiliki kesempatan untuk belajar ilmu komputer tanpa memandang gender, ras, etnis, identitas, pendapatan keluarga, lingkungan, atau dari mana mereka berasal. 

Code.org diperuntukkan buat siswa berusia 6 tahun sampai dengan kelas 12. Code.org memberikan kurikulum kursus yang lengkap baik untuk pemula, sampai dengan pembelajar yang lebih lanjut. Setiap pengalaman kursus merupakan perpaduan antara aktivitas online dan aktivitas luring dimana siswa dapat mempelajari konsep komputasi dengan atau tanpa komputer yang membantu membuat materi sesuai untuk berbagai usia. 

Apakah Code.org gratis?
Ya, seperti yang saya kemukakan tadi diatas, bahwa semua kegiatan di Code.org gratis baik untuk guru maupun siswa. Code.org menawarkan siswa kesempatan untuk belajar dan membangun dengan ilmu komputer.

Siswa juga memiliki akses gratis dalam akun Code.org mereka ke semua jenis fitur atau tantangan. Melalui browser, mereka dapat menikmati Sprite Lab (membuat karakter bergerak), Artist (menggambar sesuatu yang keren), App Lab (mendesain aplikasi sederhana), Game Lab (membuat dan menyelesaikan game keren), dan Dance Party (memilih lagu dan menghidupkan video musik).

screenshot Code.org

Anak-anak dapat menjelajahi proyek-proyek inspiratif oleh siswa lain. Oya, Code.org juga sudah mendukung Bahasa Indonesia, jadi teman- teman tidak perlu bingung untuk menggunakan fitur- fiturnya.   

Fitur- Fitur Code.org
Berikut ini beberapa fitur atau tantangan yang disediakan oleh Code.org,

Animasi Scratch
Animasi Scratch merupakan akan mengajarkan bagaimana membuat kode permainan dan animasi dengan kelas satu jam langsung secara online. Dalam pelajaran ini yang dipimpin langsung oleh instruktur ahli, siswa akan mempelajari dasar-dasar pengkodean berbasis blok dan membangun game pertama.

Space adventure
Pada tantangan ini, siswa menulis kode untuk membantu karakter astronot monyet untuk menangkap pisang di luar angkasa. Pada tantangan Game ini terdiri lebih dari 17 level, dan siswa akan belajar CoffeeScript, sebuah bahasa pemrograman yang mudah dan fungsional.

Shark attack game
Pada tantangan ini, siswa akan mempelajari dasar-dasar pengkodean game sendiri dengan MakeCode Arcade. Pertama, siswa akan membuat karakter utama yang menembakkan beberapa proyektil. Mungkin itu bebek yang menembakkan gelembung, atau monyet yang melempar pisang, atau kucing yang mengeluarkan bola rambut. Kemudian, siswa akan maju untuk menyelesaikan permainan hiu yang menantang.

Code with Disney's Frozen
Siswa akan menggunakan kode untuk bergabung dengan Anna dan Elsa saat mereka menjelajahi keajaiban dan keindahan es. Dalam aktivitas yang menyenangkan ini, siswa akan membuat kepingan salju dan pola saat berseluncur di es dan membuat negeri ajaib musim dingin. Tantangan ini dapat dibagikan juga ke teman- teman yang lain.

Minecraft
Siswa akan mempelajari pemrograman Minecraft dengan maju selangkah demi selangkah melalui 10 tantangan liar di dunia Minecraft: Minecraft AI for Good. Siswa dapat menemui agennya, mengumpulkan data, dan menyelamatkan desa.

Intro Python
Nah, bagi siswa usia 11 ke atas, dapat mulai mengenali bahasa pemrograman dunia nyata teratas dengan kelas online langsung gratis. Siswa dapat mempelajari cara menganimasikan dan menggambar dengan Python, dan membuat proyek cerita sendiri untuk membuat animasi yang keren.

Roblox
Pada tantangan ini, siswa dapat bergabung dengan pelajaran online dengan dibimbing langsung dengan ahli tentang cara memasang dan mengaktifkan Roblox Studio Hal ini dapat menambah keterampilan untuk membuat kode dunia Roblox sendiri. Di kelas ini, siswa menyelesaikan tutorial mandiri untuk menciptakan pengalaman interaktif sederhana.

Memulai kursus Code.org
Pertama, buka code.org lalu Sign up dulu yaa. Buat Akun, daftar dengan alamat email, kemudian buat kata sandi dan konfirmasi sandi.


Setelah berhasil, teman- teman akan masuk ke Dashboard. Pada Dashboard akan menunjukkan tampilan yang menyediakan beberapa fitur- fitur. Untuk memulai kursus, teman- teman bisa pilih temukan kursus. Terdapat beberapa fitur diantaranya, Kursus Kilat Computer Science Fundamentals, Jam Kode, Dasar-Dasar Ilmu Komputer untuk Sekolah Dasar, dan Tool untuk kelas SMP dan SMA (hanya dalam bahasa Inggris). 


Kursus Kilat Computer Science Fundamentals
Sebuah opsi yang tepat bagi siswa yang belajar autodidak. Teman- teman akan belajar dasar-dasar ilmu komputer dengan blok drag & drop. Dalam fitur ini teman- teman dapat membuat sendiri gambar dan permainan.



Jam kode
Fitur ini untuk teman- teman yang tidak punya waktu untuk kursus yang padat. Bisa dicoba tutorial satu jam yang dibuat untuk semua umur. Teman- teman dapat bergabung dengan jutaan murid dan guru di lebih dari 180 negara yang dimulai dengan Hour of Code.


Dasar-Dasar Ilmu Komputer untuk Sekolah Dasar
Fitur ini diperuntukkan untuk siswa prabaca di ruang kelas SD maupun untuk siswa yang lebih tua. 

Tool untuk kelas SMP dan SMA (hanya dalam bahasa Inggris)
Nah, ini fitur untuk guru dengan fasilitas penggunaan App Lab dan Game Lab di setiap kursus untuk mengajari siswa cara membuat aplikasi, animasi, dan permainan dalam JavaScript. Code.org memiliki pelajaran dan widget untuk mengajarkan enkripsi, kompresi teks, dan konsep ilmu komputer lainnya.


Menarik bukan? Nah, untuk contoh project, akan saya ulas dalam tulisan berikutnya yaa... Tetap selalu bersama AhzaaNet yaa....

Semoga Bermanfaat..
Salam.


No comments:

Post a Comment