7/08/2022

Mencoba Kursus Kilat Computer Science Fundamentals, Belajar Dasar-Dasar Ilmu Komputer dengan Blok Drag & Drop di Code.org

Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Pada tulisan ini saya akan melanjutkan postingan saya terdahulu tentang sebuah platform untuk belajar coding khususnya bagi siswa yaitu Code.org. Pada postingan sebelumnya saya mengulas tentang intro dari Code.org. Buat teman- teman yang belum tahu tentang apa itu Code.org, tentang fitur- fitur maupun kursus yang terdapat di dalamnya, teman- teman bisa menyimak penjelasan saya pada tulisan posting tersebut.

Baca Juga :

Nah, pada kesempatan ini kita mulai untuk mencoba salah satu satu fitur kursus pembelajaran yang disediakan oleh code.org yaitu Kursus Kilat Computer Science Fundamentals. Mari kita mulai  yaa...

Kursus Kilat Computer Science Fundamentals
Kursus ini merupakan pilihan yang tepat bagi siswa yang belajar autodidak. Dalam fitur ini teman- teman akan belajar dasar-dasar ilmu komputer dengan blok drag & drop. Kursus Kilat Computer Science Fundamentals ini terdiri dari tiga tahapan ; Kilat Pre-Reader, Kursus Kilat dan Pelajaran Unplugged.  Langsung saja yaa, yuk buat sendiri gambar dan permainan secara mandiri.

Kilat Pre-reader


Latihan ini khusus untuk siswa usia TK atau sebelum memasuki sekolah dasar. Dalam latihan ini, terdapat berbagai level tantangan yang tentunya sesuai dengan usia siswa. 

klik pada blok gambar

Teman- teman bisa mulai dari level satu tentang belajar drag and drop dan seterusnya.  

drag and drop potongan gambar

Pada latihan, lakukan sesuai dengan instruksi. Setiap tantangan yang berhasil, maka teman- teman akan dipandu untuk melakukan tantangan puzzle selanjutnya. 

Lanjut ke tantangan puzzle selanjutnya

Nah, selesaikan semua tantang sampai dengan lingkaran tantangan puzzle berwarna hijau penuh semua.

Kursus Kilat
Pada bagian ini terdapat 28 level tantangan yang bisa dicoba melalui latihan. Dimulai dari level 1, yang memuat pelajaran Pesta Tari, dengan 13 macam tahapan puzzle sampai dengan Proyek akhir kursus pada level Sprites. 

Contoh tampilan kursus kilat

Kita mulai dari tahap 1 yaa, teman- teman tinggal drag and drop perintah yang terdapat pada halaman. Teman- teman juga dapat mengganti backsound lagu untuk dancing nya... Lakukan sesuai instruksi yaa.. Nah, silahkan coba Jalankan



Masih dalam bagian Pesta Tari, yuk, kita mulai ke tahap puzzle selanjutnya,


Pada puzzle tahap kedua, tingkat kesulitan tantangan mulai meningkat yaa.. Nah, disini sudah terdapat perintah- perintah baru, Apabila backsound nya masih sama dengan latihan puzzle atahap pertama, bisa diganti ya dengan klik pada segitiga bagian kiri atas. Klik "Jalankan" untuk preview-nya..


Lanjutkan tahap tantangan pada level Pesta Tari ini sampai selesai yaa sebelum masuk ke level berikutnya. 

Untuk level dua adalah Urutan. Pada level ini, terdapat berbagai tahapan puzzle. Ada empat tahap puzzle yaitu Pemrograman dengan Angry Birds, debugging dengan Scrat, mengumpulkan harta karun bersama Laurel, dan membuat seni dengan kode.

contoh puzzle Pemrograman dengan Angry Birds

Pada prinsipnya, Langkah- langkahnya sama yaa teman- teman, tetap selesaikan level demi level puzzle untuk beranjak ke tahapan selanjutnya. Teman- teman dapat mencoba mandiri level- level lainnya setelah menyelesaikan level Urutan dengan melanjutkan ke bagian selanjutnya yaitu Loop, Kondisi, Fungsi, Variabel, For Loop dan Sprites

Pelajaran Unplugged (CS Fundamentals Unplugged)
Nah, bagian ini untuk teman- teman guru yaa dalam menerapkan pembelajaran di kelas. Code.org telah menyusun daftar semua pelajaran unplugged untuk digunakan di ruang kelas. Sekarang teman- teman dapat mengajarkan dasar-dasar ilmu komputer baik ada komputer di ruang kelas maupun tidak.

Istilah pembelajaran tanpa komputer disebut sebagai “unplugged.” Pada pembelajaran ini, siswa akan sering menggunakan pensil dan kertas atau bahan-bahan rekaan fisik. Kesempatan ini memang sengaja dibuat kinestesis (menuntut gerakan fisik/otot) sehingga membantu siswa mencerna konsep-konsep rumit dengan cara-cara yang berkaitan dengan hidup mereka sendiri.

Pelajaran unplugged sangat bermanfaat dalam membangun dan mempertahankan lingkungan kelas yang kolaboratif dan menjadi gemblengan pengalaman yang berguna sebagai rujukan ketika teman- teman memperkenalkan konsep-konsep yang lebih abstrak. Setiap aktivitas ini dapat digunakan sendiri-sendiri atau bersama pelajaran ilmu komputer lainnya tentang konsep-konsep terkait. Lebih jelas dan lengkapnya, teman- teman bisa membukanya di code.org

Baik, demikian tentang Kursus Kilat Computer Science Fundamentals, Belajar Dasar-Dasar Ilmu Komputer dengan Blok Drag & Drop di Code.org. Tulisan masih akan saya lanjutkan lagi dengan materi- materi dari code.org lainnya. 

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman- teman semuanya. Jangan lupa share ke teman- teman lainnya. Terima kasih.

Salam. 

No comments:

Post a Comment