3/17/2023

Daftar SMK yang Memiliki Program Keahlian Farmasi di Semarang

Menurut KBBI, Farmasi merupakan suatu cara dan  teknologi pembuatan obat serta cara penyimpanan, penyediaan dan penyalurannya. Farmasi juga dapat diartikan sebagai sebuah disiplin ilmu yang membahas tentang obat- obatan. Bidang farmasi saat ini merupakan bidang yang berkembang cukup baik. Peminat bidang inipun setiap tahunnya bertambah. Hal itu dapat dilihat dari progress pendaftaran siswa yang memilih bidang tersebut di SMK. 

Salah satu sebab populernya jurusan ini adalah prospek kerja yang cukup menjanjikan. Lulusan SMK yang mengambil program keahlian farmasi berpeluang bekerja di rumah sakit, apotek, perusahaan obat, klinik maupun instansi kesehatan lainnya. 

Image by Elf-Moondance from Pixabay

Nah, bila teman- teman lulusan SMP berminat menekuni bidang farmasi tersebut, kalian dapat memilih sekolah khususnya SMK yang membuka jurusan tersebut. Sekarang ini sekolah menengah kejuruan yang membuka jurusan farmasi sudah banyak, tersebar di berbagai kota - kota besar. Salah satunya adalah di Semarang. 

Khusus pada kesempatan ini akan saya ulas tiga sekolah menengah kejuruan yang membuka program keahlian atau jurusan farmasi di Semarang yaitu SMK yayasan Pharmasi, SMK Theresiana dan SMK Nusaputra 2.  

SMK Yayasan Pharmasi
SMK Yayasan Pharmasi merupakan SMK yang beralamat di Tlogosari Semarang tepatnya Jl. Satrio Wibowo I Tlogosari. Pada awalnya, sekolah SMK Yayasan Pharmasi merupakan kursus Asisten Apoteker dengan nama SAA Yayasan Pharmasi yang beralamat di SKP Jl. Sidodadi Semarang. Kursus Asisten Apoteker ini kemudian berubah menjadi sekolah Asisten Apoteker dan pada tahun 1953 Sekolah Asisten Apoteker  ditambah mapel berupa : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Tata Buku Hitung Dagang, Aljabar dan Goneometri dengan waktu lama belajar menjadi 3 tahun.

Seiring waktu, pada tahun 1955, SMF Yayasan Pharmasi menyewa ruang di SMA Loyola dan terkenal dengan SAA Loyola serta kemudian nama SAA berubah menjadi Sekolah Menengah Farmasi (SMF).

SMF “Yayasan Pharmasi” kemudian menempati gedung sendiri di Jl. Jambe 539 Semarang pada tahun 1970 dan pada perkembangan selanjutnya dibangun sebuah laboratorium praktikum resep dan praktikum kimia serta menambah ruang belajar. 

SMK “Yayasan Pharmasi” baru berdiri pada tanggal 13 Februari 2003  berdasarkan SK Dinas pendidikan kota Semarang No. 420/399 dan beralamat di Jl. Jambe No. 539 Semarang. Pada tahun 2012 SMF dan SMK bergabung menjadi satu dengan nama SMK Yayasan Pharmasi dengan gedung baru di jalan Satrio Wibowo I Tlogosari Semarang. 

SMK Yayasan Pharmasi memiliki empat jurusan yaitu Bisnis Digital, Farmasi Klinis dan Komunitas , Perhotelan dan Teknik Kimia Industri. Untuk Keahlian Farmasi yang ada di SMK Yayasan Pharmasi sendiri telah terakreditasi dengan predikat “A” sesuai dengan surat keputusan ketua BAP-SM Provinsi Jawa Tengah nomor 047/BANSM-JTG/SK/XII/2018 pada tanggal 4 Desember 2018.

Info lengkap tentang SMK Yayasan Pharmasi Semarang bisa teman- teman kunjungi web nya di https://smkyaphar.sch.id/

SMK Theresiana Semarang
SMK Theresiana Semarang merupakan salah satu SMK di Semarang yang membuka Program keahlian Teknologi Farmasi. Program keahlian teknologi farmasi di SMK Theresiana berfokus pada dua konsentrasi keahlian (pada kelas xi) yaitu

a. Konsentrasi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas yang menitikberatkan pada administrasi dan atau pelayanan farmasi
b. Farmasi Idustri yang akan berfokus pada tenaga operator di Industri farmasi  yang nantinya siap untuk kerja di bidang farmasi , melanjutkan kuliah atau berwirausaha.

Kampus SMK Theresiana berlokasi di tiga tempat yaitu Jl. Mayjend Sutoyo No 69 Semarang, Jl. Gajahmada No 91 Semarang, dan Jl. Seroja Dalam 1 /10 Semarang.

Info lengkap tentang SMK Theresiana Semarang bisa teman- teman kunjungi web nya di https://smktheresiana.sch.id/

Itulah SMK yang memiliki Program Keahlian berkaitan dengan Farmasi di Semarang. Adakah lagi SMK di Semarang yangmemiliki program keahlian berhubungan dengan Farmasi? Yuk tuliskan di kolom komentar yaa...

No comments:

Post a Comment