3/17/2023

Mengenal Program Keahlian Pemasaran SMK : Materi Apa yang Dipelajari dan Prospek Kerjanya?

Perkembangan dunia internet mendorong segala lini bergerak maju, termasuk dalam bidang penjualan yang sebelumnya dilakukan secara offline kemudian bergeser ke sistem online. Pemanfaatan teknologi membuat semakin banyak orang - orang menjadi influencer pemasaran untuk produk- produk yang akan dijual. Media sosial seperti Tiktok, Instagram, dan Twitter pun ramai dimanfaatkan dalam pemasaran produk. 

Nah, ada satu program keahlian di SMK yang akan mempelajari secara menyeluruh tentang hal tersebut yaitu Program Keahlian Pemasaran (PM). Sebenarnya apa sih Program keahlian Pemasaran itu, apa yang dipelajari, kelebihan dari pemasaran dan prospek kerjanya, akan kami bahas melalui tulisan berikut ini. 

Gambar oleh Joseph Mucira dari Pixabay


Apa itu Program Keahlian Pemasaran?
Program Keahlian Pemasaran merupakan salah satu program keahlian di SMK dalam rumpun Bisnis dan Manajemen yang berfokus pada pengelolaan pemasaran bisnis, kewirausahaan, serta ketrampilan menjual produk dan layanan jasa. 

Konsentrasi Program Keahlian Pemasaran
Ada dua konsentrasi keahlian pada program keahlian pemasaran yaitu bisnis retail dan pemasaran online. 

Konsentrasi bisnis retail menitikberatkan pada dasar-dasar Bisnis dan Pemasaran, Marketing, Perencanaan Bisnis, Komunikasi Bisnis, Pengemasan dan Pengiriman Produk, Customer Service, Pengelolaan Bisnis Ritel, Visual Merchandising, dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan. 

Sementara itu konsentrasi keahlian Pemasaran Online meliputi Dasar-dasar Bisnis dan Pemasaran, Marketing, Perencanaan Bisnis, Komunikasi Bisnis, Penataan Produk, Pengelolaan Bisnis Online, Administrasi Transaksi, dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Materi yang dipelajari di Program Keahlian Pemasaran
Untuk mapel yang dipelajari, selain mapel umum, akan dipelajari mapel kejuruan seperti Simulasi dan Komunikasi Digital, Ekonomi Bisnis, Administrasi Umum, Marketing, Perencanaan Bisnis, Komunikasi Bisnis, Penataan Produk, Bisnis Online, Pengelola Bisnis Ritel, dan Administrasi Transaksi. 

Di beberapa SMK, kurikulum bahkan disusun dengan melibatkan Dunis Usaha dan Dunia Industri, sehingga benar- benar menghasilkan keterampilan yang dibutuhkan industri yang berkecimpung di bidang pemasaran, baik itu industry bisnis retail maupun industry di bidang jasa pemasaran online.

Kelebihan Program Keahlian Pemasaran
Dididik menjadi seorang wirausaha
Siswa SMK jurusan Pemasaran akan mengetahui strategi promosi dan pemasaran yang sangat berguna untuk melakukan bisnis. Pluang menjadi wirausahawan pun terbuka lebar karena pengetahuan tersebut. 

Peluang kerja yang menjanjikan
Banyak perusahaan yang pastinya membutuhkan skill handal seorang pemasar produk dan jasanya. Lulusan SMK Pemasaran pastinya memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan apalagi sekolahnya sudah menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Peluang kerja untuk program keahlian Pemasaran lumayan terbuka luas mengingat pertumbuhan sistem penjualan yang terus merangkak naik. 

Ada beberapa profesi yang mendasarkan pada pemasaran diantaranya online shop, marketing analyze, Enterpreneur, reseller dan dropshipper, content creator, admin marketing, digital marketing staf, dan freelancer. 

Kepercayaan diri yang tinggi
Seorang pemasar yang baik pastilah memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam memasarkan atau menawarkan suatu produk. Hal itulah yang menjadi nilai tambah bagi siswa lulusan program keahlian Pemasaran yang memang memiliki kompetensi dan terbiasa melakukan pemasaran produk atau jasa. 

Jaminan kerja
Bagi siswa yang berprestasi, akan memiliki banyak skill yang dibutuhkan sehingga sebagian besar siswa akan dapat langsung bekerja sesuai keahliannya. 

Itulah sekilas tentang program keahlian Pemasaran (PM) SMK. Mau tahu ulasan program program keahlian SMK lainnya? Silahkan tuliskan melalui kolom komentar..

No comments:

Post a Comment