6/02/2023

PPG Prajabatan 2023 Kemendikbud Dibuka, Peluang Menjadi Guru yang Berkualitas

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah membuka pendaftaran untuk PPG Prajabatan 2023 atau Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2023. Program ini ditujukan bagi lulusan S1 maupun D4 yang ingin menjadi guru profesional. 


Manfaat PPG Prajabatan 2023
Mendaftar dan mengikuti PPG Prajabatan 2023 memberikan beberapa manfaat bagi lulusan D4 atau S1, antara lain:

Memperoleh sertifikat pendidik
Setelah menyelesaikan program ini, Anda akan memperoleh sertifikat pendidik yang merupakan syarat penting untuk menjadi guru profesional.

Meningkatkan kompetensi
Program ini akan meningkatkan kompetensi Anda dalam bidang pedagogik, sosial, profesional, dan kepribadian. Hal ini akan membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memulai karier sebagai guru yang berkualitas.

Pengakuan sebagai guru profesional
Melalui PPG Prajabatan, Anda akan mendapatkan pengakuan sebagai guru profesional yang memiliki kompetensi dan kualifikasi yang sesuai.

Adapun untuk mendaftar PPG Prajabatan 2023, para kandidat mesti memenuhi syarat berikut ini, 

Persyaratan Pendaftaran
Sebelum mendaftar, pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut untuk PPG Prajabatan 2023:
  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Belum pernah terdaftar sebagai Guru/Kepala Sekolah dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama (Simpatika).
  3. Berusia maksimal 32 tahun pada tanggal 31 Desember tahun pendaftaran.
  4. Memiliki ijazah dengan kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) yang terdaftar dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri.
  5. Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00.
  6. Menandatangani pakta integritas.
  7. Memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani.
  8. Memiliki surat keterangan berkelakuan baik.
  9. Memiliki surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA).
  10. Siap mengikuti tahapan seleksi, termasuk seleksi administrasi, tes substantif, dan tes wawancara.
Cara Pendaftaran PPG Prajabatan 2023
Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar PPG Prajabatan 2023:
  • Pastikan kandidat memiliki alamat pos elektronik (email) yang aktif dan nomor seluler (handphone) aktif yang terhubung dengan aplikasi WhatsApp.
  • Akses laman https://ppg.kemdikbud.go.id, lalu pilih menu "Daftar PPG Prajabatan" dan klik "Daftar sebagai Peserta".
  • Buat akun pendaftaran aplikasi SIMPKB menggunakan email yang aktif. Pendaftar akan menerima email konfirmasi pendaftaran. Klik tautan yang diberikan untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama, Jenis Kelamin, dan Tanggal Lahir. Data ini akan diverifikasi secara otomatis. Akun pendaftaran berhasil terbentuk jika data sudah valid dan memenuhi persyaratan pada poin A, angka 1 hingga 3.
  • Lanjutkan dengan login ke aplikasi SIMPKB menggunakan username dan password yang telah di buat saat mendaftar.
  • Lengkapi isian berupa biodata diri, data kemahasiswaan, bidang studi PPG yang diminati, data pendukung lainnya seperti pengalaman, organisasi, sukarelawan, pelatihan, dan hobi. Tulis juga esai yang diminta.
  • Unggah dokumen yang diminta, termasuk foto terbaru berpakaian formal dengan latar belakang warna biru (ukuran file maksimal 1Mb) dan pakta integritas yang telah ditandatangani di atas materai Rp 10.000,00.
  • Jika pendaftar merupakan lulusan luar negeri, unggah juga Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri beserta transkrip asli dari perguruan tinggi asal.
  • Data kemahasiswaan dan linieritas program studi S-1/D-IV dengan bidang studi PPG yang dipilih akan diverifikasi secara otomatis oleh sistem. Jika data valid dan linier, pendaftar dapat melanjutkan ke proses pembayaran biaya pendaftaran seleksi. Jika tidak valid atau linier, proses pendaftaran tidak dapat dilanjutkan.
  • Lakukan pembayaran biaya pendaftaran seleksi untuk mengikuti tes substantif (tes tahap II) setelah semua data administrasi dinyatakan memenuhi syarat. Pendaftar akan diminta memilih lokasi tes substantif (lokasi TUK) yang masih tersedia. Setelah memilih lokasi tes, ajukan kode bayar untuk mengunci sementara slot lokasi tes. Panduan pembayaran dapat ditemukan di aplikasi SIMPKB. Pembayaran yang terverifikasi berhasil akan mengunci slot lokasi tes substantif secara penuh.
Informasi Lebih Lanjut
Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran PPG Prajabatan 2023, kunjungi laman pendaftaran resmi di https://ppg.kemdikbud.go.id/prajabatan

Pendaftaran PPG Prajabatan 2023 telah dibuka oleh Kemendikbud Ristek untuk lulusan S1 maupun D4 yang ingin menjadi guru profesional. Yuk, jangan lewatkan kesempatan ini. Segera daftar dan ikuti proses seleksi untuk mendapatkan sertifikat pendidik dan meningkatkan kompetensi sebagai guru.

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment