11/16/2023

Mengenal Benda- Benda Langit Selain Planet, Apa Saja?

Matahari merupakan pusat dari sistem tata surya dimana benda- benda langit mengelilinginya seperti planet, satelit, asteroid, meteoroid, komet dan benda- benda langit lainnya. Pembahasan materi ini masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya yaitu tentang matahari sebagai pusat tata surya. Nah, pada kesempatan ini kita lanjutkan kembali dengan membahas benda- benda langit selain planet seperti yang sudah kita bahas pada postingan yang lalu.


Ada beberapa istilah dari benda- benda langit selain planet seperti komet, meteoroid, meteorit, meteor, asteroid dan satelit. Istilah- istilah benda- benda langit tersebut seringkali kita dengar setiap hari. Bagaimanakah penjelasannya? Kita bahas satu persatu yaa..

Image by Валера Шумский from Pixabay


Komet
Komet merupakan benda langit yang mengelilingi matahari yang berwujud bola- bola raksasa terdiri atas salju, debu dan gas. Komet ada di dalam awan di pinggir tata surya. Komet mirip bintang yang samar dan kadangkala komet terlihat di langit malam saat melewati bumi. 

Komet terdiri atas bagian kepala dan ekor. Inti utama komet atau nukleus berada di tengah kepala komet atau yang disebut dengan koma

Beberapa dari komet masuk ke bagian utama tata surya dan saat komet mendekati matahari, panas matahari mengubah salju pada komet menjadi gas dan debu. Ekor komet muncul ketika materialnya dan semakin mengecil saat komet bergerak menjauhi matahari. 

Komet Halley
Komet Halley mengorbit matahari setiap 76 tahun, artinya komet ini dapat terlihat berulang kali setiap 76 tahun atau lebih. 

Meteoroid
Meteoroid merupakan benda langit yang memiliki ukuran yang kecil dan bergerak sangat cepat di luar angkasa. Meteoroid tidak memiliki orbit atau lintasan dan apabila mendekati suatu planet yang memiliki gravitasi, maka meteoroid akan tertarik oleh gravitasi planet tersebut dan akhirnya jatuh ke dalam planet.

Meteor
Meteoradalah meteoroid yang terbakar dan mengeluarkan pijar saat memasuki atmosfer bumi. Meteor sering dikenal sebagai bintang jatuh atau bintang beralih. Meteor yang menghujani bumi akan membentuk kilatan cahaya yang membelah langit malam sebagai akibat terbakarnya material batu di atmosfer. 

Contoh dari hujan meteor Geminids dapat diamati setiap tanggal 7 hingga 17 Desember setiap tahun. Pada hujan meteor itu, dapat dilihat kira- kira 50 juta bintang yang jatuh dalam waktu satu jam. 

Meteorit
Meteorit adalah meteor yang tidak habis terbakar dan jatuh ke permukaan bumi. Meteorit besar yang pernah jatuh ke bumi membentuk kawah  yang berukuran raksasa, seperti Meteorit Barringer yang pernah jatuh sekitar 50.000 tahun lalu  membentuk kawah Arizona dengan diameter 1,2 kilometer. 

Asteroid
Asteroid merupakan benda langit yang berukuran kecil dan bergerak mengelilingi matahari dengan lintasan tertentu. Sebagian besar asteroid terletak di dalam sabuk asteroid di antara planet Mars dan Jupiter.

Satelit 
Satelit adalah benda langit yang mengelilingi matahari dan planet. Sebagian besar planet memiliki satelit misalnya, Ganymede, salah satu satelit Jupiter, Phobos dan Deimos yaitu satelit planet Mars, dan Charon, yaitu satelit dari Pluto. 

Dalam tata surya, ada 170 satelit, dimana 69 diantaranya adalah milik Jupiter. Merkurius dan Venus , keduanya, merupakan planet yang tidak memiliki satelit dalam sistem tata surya.  

Demikian beberapa benda- benda langit selain planet. Semoga pembahasan ini dapat berguna bagi teman- teman yang sedang mempelajari sistem tata surya. 

Semoga Bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment