11/15/2023

Matahari Pusat Tata Surya, Planet - Planet Apa Saja yang Mengelilinginya?

Matahari merupakan pusat dari sistem tata surya yang dikelilingi oleh benda- benda langit seperti planet serta  benda- benda langit lainnya seperti meteorid, komet, meteor, dan sebagainya. 

Planet- planet dan benda- benda langit tersebut bergerak mengitari matahari dalam suatu lintasan tertentu yang disebut sebagai orbit. Adapun planet- planet dan benda- benda langit tersebut memiliki orbit masing- masing dalam pergerakannya. 

Image by WikiImages from Pixabay


Pada pembahasan kali ini, kita akan belajar tentang matahari sebagai pusat sistem tata surya beerikut planet- planet yang mengelilinginya. 

Sistem Tata Surya
Seperti yang sudah di bahas pada pendahuluan bahwa matahari dan benda- benda langit yang ada disekitarnya disebut sebagai tata surya. Setiap planet mengikuti jalurnya sendiri saat mengelilingi matahari dan semua planet menuju ke arah yang sama namun kecepatannya berbeda antara satu dan lainnya. 

Matahari 
Matahari merupakan bintang yang berperan sebagai pusat dari tata surya. Seperti halnya bintang lainnya, matahari adalah bola raksasa yang terbentuk dari panas gas yang menyala. Selain itu, matahari mampu menghasilkan cahaya sendiri. 

Matahari memiliki jarak dengan bumi sekitar 150 juta kilometer. Adapun suhu matahari mencapai 6000 derajat Celcius dengan bagian inti yang terpanas mencapai 15 juta derajat Celcius.  

Planet 
Planet adalah benda langit yang terdapat dalam sistem tata surya. Ada delapan planet yang ada dalam sistem tata surya diantaranya Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. 

Planet Merkurius 
Planet Merkurius disebut sebagai planet yang terdekat dengan matahari. Dibandingkan planet- planet lainnya,  ukuran Merkurius paling kecil. 

Merkurius juga tidak memiliki satelit dan memiliki permukaan yang tandus dan berkawah serta berbatu. Merkurius memiliki waktu revolusi tercepat dan tidak memiliki atmosfer sehingga mengalami perubahan suhu yang sangat ekstrem antara siang dan malamnya. 

Planet Venus 
Venus adalah planet yang memiliki suhu terpanas di tata surya. Venus diselubungi oleh lapisan awan yang sangat tebal sehingga dapat bersinar terang karena awan yang menyelimutinya tersebut memantulkan cahaya matahari dengan baik. 

Venus tampak seperti bintang yang sangat terang sebelum matahari terbut dan setelah matahari tenggelam. Oleh karena itu, Venus sering dijuluki sebagai Bintang Fajar atau Bintang Senja.

Venus tidak memiliki staleit dan berotasi dari arah timur ke barat serta memiliki ukuran yang sama dengan bumi. 

Planet Bumi
Bumi merupakan satu- satunya planet tempat kehidupan berada. Dari luar angkasa, bumi terlihat berwarna biru sehingga disebut juga sebagai planet biru. Bumi memiliki satu satelit yaitu bulan. 

Planet Mars
Planet Mars posisinya bersebelahan dengan bumi dan dekat dengan matahari. Suhu di Mars sangat dingin  dan tidak ada udara untuk menghidupi hewan dan tumbuhan. Batuan dan debu merah bertebaran di mana- mana. 

Planet Mars disebut sebagai planet merah, karena permukaan Mars yang berwarna kemerah- merahan. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan besi  oksida pada permukaannya. 

Mars memiliki banyak gunung api raksasa di permukaannya dan gunung- gunung api yang meletus akan mengubah permukaan Mars. 

Mars memiliki dua satelit yaitu Phobos dan Demos. Pada kutub utara dan selatannya, Mars memiliki tudung es di kedua kutub tersebut. 

Planet Jupiter
Planet Jupiter merupakan planet yang paling besar dalam sistem tata surya. Planet raksasa ini terdiri atas gas dan cairan dengan sedikit inti atau pusat berbatu. Jupiter juga memiliki lapisan aluar yang berawan dengan garis berwarna gelap dan wilayah yang berwarna cerah. 

Penampang pada planet Jupiter diselimuti oleh lapisan awan yang terdiri atas HIdrogen. Di bawah lapisan Hidrogen tersebut terdapat lautan Hidrogen cair. 

Jupiter memiliki banyak satelit dan empat dari satelit yang terkenal di Jupiter adalah Ganymede, Callisto, Io dan Europa yang dapat dilihat melalui teropong. 

Planet Saturnus 
Planet Saturnus disebut sebagai planet kedua terbesar setelah Jupiter. Planet Saturnus terdiri atas gas dan cairan. Saturnus dikelilingi oleh sekelompok cincin yang merentang hingga ribuan kilometer di angkasa. Cincin di Saturnus terbuat dari bongkahan debu es dan batuan. Saturnus memiliki 62 satelit.

Planet Uranus 
Planet Uranus memiliki penampakan warna hijau kebiruan. Pasalnya, adanya gas metana yang memberikan warna tersebut. Uranus berputar horizontal saat mengorbit matahari dengan arah putaran dari timur ke barat. 

Uranus mempunyai 27 satelit yang mengorbit pada bagian tengah planet tersebut. Uranus sering disebut juga sebagai planet miring karena sumbu rotasinya yang miring hingga 98 derajat. 

Planet Neptunus 
Neptunus dalam urutannya merupakan planet yang terjauh dari matahari. Seringkali, Neptunus dianggap kembaran dari planet Uranus. Hal itu disebabkan karena ukuran antara Neptunus dan Uranus yang hampir sama. Uranus memiliki 14 satelit  dan waktu revolusi terlama. 

Planet Dalam dan Planet Luar
Berdasarkan letak dan bahan penyusunnya, planet- planet dalam sistem tata surya dibagi menjadi dua kelompok yaitu planet dalam dan luar. Planet yang termasuk planet dalam adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars sementara yang tergolong planet luar adalah Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Planet Dalam  
Planet dalam terletak diantara matahari dan sabuk asteroid dimana planet- planet dalam tersusun atas batuan dan logam (planet terestrial). Planet dalam terdiri atas planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. 

Planet Luar 
Planet luar terletak di luar sabuk asteroid dimana planet- planet yang masuk di dalamnya tersusun atas gas (planet jovian). Beberapa kelompok planet yang termasuk planet luar adalah Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. 

Urutan Planet 
Teman- teman, untuk menghafalkan nama- nama planet sesuai urutannya dengan mudah, ma adapat diambil singkatan menggunakan suku kata pertama masing- masing planet. Susunan kata dapat dimulai dengan suku kata "Me" untuk planet pertama, yaitu Merkurius. Adapun contoh susunannya adalah sebagai berikut :
Me Ve Bu Ma Ju Sa Ur Nep

Itulah tentang pembahasan matahari sebagai pusat tata surya berikut planet- planet yang mengitarinya. Semoga pembahasan materi ini dapat membantu teman- teman dalam belajar khususnya materi tentang sistem tata surya. 

Semoga Bermanfaat 

Salam. 

No comments:

Post a Comment